Contoh Email Pengunduran Diri Yang Baik dan Sopan

Pengunduran diri salah satu keputusan yang harus kalian pertimbangkan secara matang agar tidak ada penyesalan...

Untuk kalian yang ingin mencari Email Pengunduran Diri Yang Baik dan Sopan untuk perusahaan PT, CV ataupun UD silahkan simak postingan yang penulis berikan dibawah ini.

Pengunduran diri salah satu keputusan yang harus kalian pertimbangkan secara matang agar tidak ada penyesalan setelah resign dari kantor yang dijadikan tempat kerja apalagi yang sudah bertahun-tahun.

Pasalnya, kalian nantinya wajib memiliki alasan yang logis masuk akal untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan sekarang kepada pihak manajer, owner ataupun direktur.

Jika memang kalian telah menemukan pilihan pekerjaan yang lebih baik atau alasan yang bersifat pribadi, sebaiknya tidak menunda keinginan resign sejak lama. 

Untuk itu, terkadang ada beberapa yang kebingungan untuk mencari referensi, berikut contoh email pengunduran diri atau resign yang bisa kalian coba dengan mudah.

Contoh Email Pengunduran Diri atau Resign Terbaru Untuk Perusahaan

Contoh Email Pengunduran Diri Yang Baik dan Sopan

Pada saat kalian masuk ke sebuah perusahaan dengan baik, maka ketika ingin keluar dari tempat tersebut harus dengan surat pengunduran diri yang baik supaya kedepannya menjadi tidak black list atau jelek.

Sehingga tidak ada salahnya untuk memberikan pemberitahuan pada atasan terkait rencana pengunduran diri minimal sebulan sebelumnya supaya pihak perusahaan memberikan kesempatan  untuk mencari pengganti secepatnya. Berikut contoh email pengunduran diri yang baik dan sopan yang bisa kalian tulis :

Contoh Email Pengunduran Diri

Kepada

Yth. Bapak/Ibu

PT Ibnu Jacky


Di tempat


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdulloh Nu'man, SH.I

Alamat : Banyusangka Bangkalan Madura

Jabatan : Dircetur PT Ibnu Jacky


Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri secara resmi dari jabatan tersebut sejak tanggal 10 Juli 2023. Pengunduran diri telah saya pertimbangkan dengan matang sebab saya harus mengikuti pelatihan perdesaan Kota Batam.

Jika ada yang bisa saya lakukan untuk perusahaan selama masa peralihan atau perekrutan karyawan pengganti, maka saya bersedia memberikan training atau pelatihan sampai batas waktu yang ditentukan.

Saya mengucapkan terima kasih sebesarnya kepada PT Ibnu Jacky yang telah memberikan kepercayaan, pengalaman dan wawasan selama ini. Bimbingan dari Bapak/Ibu serta rekan-rekan selama saya bekerja di PT Ibnu Jacky bisa menjadi bekal karir profesional kedepannya.

Apabila ada kesalahan yang saya lakukan selama bekerja dua belas tahun di PT Ibnu Jacky, maka saya mohon maaf sebesar-besarnya. Besar harapan saya bahwa PT Ibnu Jacky bisa menjadi perusahaan yang berkembang lebih baik kelak.

Demikian surat pengunduran diri saya tulis dengan sebenarnya. Atas perhatian yang diberikan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.


Hormat saya



TTD

Abdulloh Nu'man, SH.I

Surat pengunduran diri ini wajib menggunakan bahasa yang sangat sopan dan hormat agar tidak menyinggung pihak perusahaan yang kalian jadikan tempat kerja atau kalian tinggal salin nama perusahaan, jabatan dan lainnya dari contoh penulisan email resign yang penulis berikan diatas.

Untuk isi didalam email pengunduran diri atau resign pekerjaan mulai dari pembukaan hormat, salam, biodata singkat,  tujuan, minta maaf, bersedia tugas terakhir, penutup dan tanda tangan.

Jika alasan mengundurkan diri terlalu pribadi, Alangkah baiknya tidak menuliskan secara ambuladur, gemblang atau tidak logis kepada pihak perusahaan.

Jika nantinya kalian berniat mengundurkan diri karena memiliki masalah gaji atau jabatan yang tidak disukai, sehingga nantinya bisa dijadikan diskusi dengan pihak atasan agar menemukan solusi yang terbaik.

Sebelum memberikan surat pengunduran diri secara resmi, kalian juga harus menjelaskan keinginan secara lisan terlebih dahulu pada pihak perusahaan supaya lebih mudah di approve.

Segala hal terkait pengalihan tugas atau kalian harus memberikan training pada pengganti bisa disepakati bersama dengan jadwal yang telah di tentukan.

Jika sudah dan aman dari tanggung jawab, silahkan gunakan contoh email pengunduran diri atau resign di atas untuk menuliskan surat resign secara resmi dan sopan.

Sangat pastikan sekali kalian keluar dari tempat kerja dengan alasan logis agar hubunganmu dengan atasan atau rekan kerja tetap terjalin dengan baik.

Bagaimana cara ngomong resign yang baik?

Berikut trik dan tips yang bisa kalian lakukan ketika ingin ngomong resign atau pengunduran diri yang baik mulai dari minta waktu untuk berbicara secara persona, menjelaskan alasan resign, mengucapkan terima kasih, menawarkan bantu proses handover pekerjaan dan mempersiapkan surat resign resmi.

Apakah surat resign bisa dikirim lewat email?

Untuk kalian yang ingin kirim surat pengunduran diri adalah dokumen yang memberitahu atasan bahwa akan berhenti dari pekerjaan. Surat ini dapat dikirimkan melalui email atau sebagai surat tercetak dengan catatan penulisan yang sopan ketika di baca.

Baca Juga : Situs Jurnal Terbaik 2023 Yang Bagus

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration