24# Trik dan Tips Merawat Baterai iPhone Supaya Awet

Proses pengisian (charger) pada HP iPhone yang baik dan benar membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3jam dalam memaksimalkan penggunaan perangkat...

Merawat Baterai iPhone harus kalian lakukan untuk menjaga perangkat baik baru maupun lama supaya dalam penggunaanya lebih awet hingga bertahun-tahun.

Baterai merupakan perangkat hardware yang menjadi peranan penting untuk bisa menjalankan smartphone. 

HP iPhone salah satu ponsel yang didirikan oleh pihak perusahaan Apple Inc yang menggunakan sistem iOS yang kinerjanya memiliki perbedaan dengan Android.

Dibalik kelebihan HP iPhone yang menampilkan desain unik sehingga membuat pengguna tertarik dalam memakainya.

Akan tetapi, pada bagian hardware HP iPhone baterai butuh perawatan yang lebih agar bisa bertahan dalam proses pemakaian.

Penyebab baterai iPhone tidak awet dikarenakan penggunaan yang berlebihan, sehingga daya yang terjadi pada sistem menjadi bermasalah yang menyebabkan kesehatan performa mejadi turun.

Sebenarnya, agar baterai iPhone awet atau battery health yaitu dengan menggunakan charger original, pengisian daya tidak sampai berada di 0% dan jangan biarkan melakukan cas yang mencapai 100%.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tahan Lama

Merawat Baterai iPhone

Untuk kalian yang sering mengalami battery healty atau baterai iPhone cepat turun drastis dikarenakan suhu yang terdapat di area sekitar terlalu ekstrem atau panas dan jangan sampai baterai HP mencapai angka 20%  untuk persentase.

Proses pengisian (charger) pada HP iPhone yang baik dan benar membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3jam dalam memaksimalkan penggunaan perangkat.

Untuk kesehatan baterai iPhone menurun atau penggunaan normal sekitar mencapai kurang lebih 2tahun dan screen time (waktu penggunaan) tidak melebih 6jam.

Namun jika kalian sering digunakan untuk internet, bermain game dan editing pada HP iPhone biasanya baterai cepat habis dan jangan sampai kapasitas indikator mencapai angka merah yang nantinya menyebabkan cepat terkuras.

Sehingga sangat perlu sekali menjaga baterai iPhone mulai dari pemakaian, charger yang digunakan dan beberapa fitur pada persngi dimatikan / hidupkan.

Untuk produk apple yang terdapat di Baterai iPhone memang boros karena dari beberapa penelusuran mengatakan harus di lakukan pengisian daya setiap jam sekali.

Untuk itu, dibawah ijin penulis akan memberikan cara trik dan tips merawat baterai iPhone supaya lebih awet dan tahan lama. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengaktifkan Mode Dark (Gelap)

Mengaktifkan Mode Dark

Untuk fitur mode dark atau gelap mulai diluncurkan pada jenis iOS 13 dengan tampilan layar yang memiliki perbedaan dengan jenis HP iPhone sebelumnya.

Dengan menggunakan atau menerapkan fitur mode dark dapat merawat baterai awet dan tahan lama yang paling efektik.

Tak hanya itu saja, pengguna merasakan nyaman pada saat membuka ponsel karena layar yang tampil terasa redup ketika dipandang.

2. Menonaktifkan Background App Refresh

Background App Refresh

Merawat baterai HP iPhone yang paling ampuh supaya tidak cepat habis dengan cara menonaktifkan background app refresh.

Fitur background app refresh yang terdapat di HP iPhone memiliki keunikan sendiri karena dapat membaca history setelah kalian selesai membuka aplikasi sejenis apapun.

Meskipun fitur tersebut menjadi keunggulan dari produk apple namun ternyata cepat menguras kapasitas baterai iPhone.

3. Menonaktifkan Kecerahan Otomatis

Menonaktifkan Kecerahan Otomatis

Mengaktifkan Kecerahan Otomatis atau Auto Brightness dapat menyebabkan baterai iPhone cepat habis karena layar yang tampil terang.

Sehingga cara yang paling efektif dengan mematikan atau menonaktfkan suapaya bisa merawat baterai iPhone supaya awet.

4. Kunci Otomatis di Persingkat

Kunci Otomatis di Perangkat

Merawat baterai iPhone supaya awet dengan mengaktifkan fitur kunci otomatis di perangkat agar nantinya layar tidak bisa hidup selalu.

Jika tidak ingin auto, kalian dapat mengubah setelan pada keamanan kunci dengan memberi waktu hingga 5 menit.

5. Mematikan Equalizer

Mematikan Equalizer

Fitur Equalizer yang terdapat di HP iPhone jika kalian aktifkan akan membuat baterai cepat boros karena banyak daya yang dihabiskan.

Kalian dapat mengaktifkan fitur equalizer seperlunya saja dalam memutar lagu di HP iPhone.

6. Matikan Fitur Raise to Wake

Matikan Fitur Raise To Wake


iPhone memiliki fitur raise to wake atau yang dikenal dengan sebutan angkat bangun. dimana pengguna dapat menghidupkan hp tanpa menyentuh tombol atau menu apapun ketika sedang di angkat.

Akan tetapi, fitur raise to wark ini dapat menguras baterai dengan cepat karena sistem didalamnya berjalan cukup ekstra.

7. Matikan Nontifikasi Aplikasi

Mematikan Notifikasi Aplikasi

Untuk kalian yang tidak suka dengan keramaian pada smartphone dapat mematikan notifikasi Aplikasi yang biasanya muncul pada menu baru atas. 

Karena jika mengaktfikan fitur nontifikasi aplikasi, baterai HP iPhone kalian cepat boros sehingga tidak tahan lama. 

8. Mematikan Fitur Fitness Tracking

Untuk kalian yang masih belum memerlukan bantuan pegerakan dalam kegiatan olah raga mulai dari jumlah langkah kaki, menaiki anak tangga, kecepatan berlali dan jenis lainnya silahakn di nontifkan saja.

Karena fitur fitness tracking ini meskipun membantu kalian, untuk perihal baterai sering kali menyedot dengan cepat.

9. Mematikan Fitur Siri

Mematikan Fitur Siri

Keunikan yang terdapat di iPhone salah satunya dengan fitur siri di yang dapat memunculkan aplikasi apa yang cocok menyesuaikan letak lokasi kalian seperti kesehatan, pembelajaran, internet dan lain sebagainya.

Namun kalian dapat mematikan Fitur siri supaya baterai iPhone bisa dirawat dengan awet dan tahan lama penggunaanya.

10. Gunakan Mode Daya Rendah

Menggunakan Mode Daya Rendah

Cara praktis untuk merawat baterai iPhone yaitu dengan menggunakan mode daya rendah supaya aktivitas dapat mengurangi latar belakang seperti pengunduhan atau fetch yang sistem sementara sehingga nantinya bisa terisi penuh.

Selain membantu menghemat baterai, proses pemakaian HP tampak lebih ringan ketika sedang menjalankan aplikasi jenis apapun.

11. AirDrop di Mode Penerima Mati

Mematikan Fitur AirDrop

Adanya fitur airdrop di HP iPhone membantu sesama pengguna lebih mudah mengirim file berupa gambar foto, video, aplikasi dan beragam jenis lainnya.

Namun fitur tersebut jika di aktifkan terus menerus akan membuat baterai iPhone cepat habis. untuk itu gunakanlah seperlunya saja supaya bisa merawat baterai iPhone.

12. Menginstall Banyak Aplikasi

Menginstall Banyak Aplikasi

Merawat Baterai iPhone yang paling gampang yaitu jangan terlalu menginstall banyak aplikasi supaya kinerja sistem lebih maksimal mungkin.

Selain itu, kalian lebih mudah mengehemat kapasitas penyimpanan dan ram yang terdapat di perangkat. Maka dari itu, silahkan pasang aplikasi yang sekiranya membutuhkan aktivitas kalian.

13. Mematikan Upload Otomatis Ke iCloud

Mematikan Update Otomatis ke iCloud

Penyimpanan bawaan produk apple yang bernama iCloud ini dapat menyimpanan berkasa yang terdapat di perangkat jika kalian aktifkan.

Namun, untuk merawat baterai iPhone supaya awet dengan cara mematikan update otomatis ke iCloud agar nantinya proses kinerja penyimpanan lebih masksimal yang masuk ke dalam sistem.

Untuk itu, silahkan kalian gunakan fitur iCloud  di iPhone ketika sedang menyimpan berkas yang penting saja supaya kesehatan baterai iPhone kembali ke 100

14. Mematikan Fitur Handoff

Mematikan Fitur HandOff

Untuk kalian yang suka menggunakan email di perangkat lain, sebaiknya fitur handoff yang terdapat di perangkat di matikan supaya beterai tahan lama.

Fitur HandOff dapat melakukan atau megakomodasi segala kegiatan dengan memindahkan alam email dengan sesama produk Apple.

15. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Mematikan Fitur Update Aplikasi Otomatis

Update Aplikasi Otomatis sebanrnya ada manfaatnya untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru yang di keluarkan oleh pihak developer.

Akan tetapi, untuk merawat baterai iPhone supaya awet yaitu dengan mematikan fitur update aplikasi otomatis di google app store.

Selain itu, kalian akan lebih menghemat kuota paket data ketika sedang mematikan fitur update aplikasi otomatis baik bawaan maupun hasil dari unduhan.

16. Gunakan Jaringan Internet Ketika Dibutuhkan

Gunakan Jaringan Internet Ketika Dibutuhkan

Trik dan tips untuk merawat baterai iPhone paling ampuh yaitu dengan gunakan jaringan internet ketika dibutuhkan saja.

Dikarenakan bila jaringan internet dihidupkan terus dapat membuat baterai menjadi boros dan paket kuota data cepat habis hingga bisa menyebabkan baterai

Jika ingin tetap awet dalam penggunaan baterai, silahkan kalian cek indikator baterai apabila mencapai dibawah 30% segera untuk di charger.

17. Matikan Bluetooth

Matikan Bluetooth

Bluetooth salah satu fitur yang mungkin tak asing lagi bagi seluruh kalangan pengguna sistem perangkat jenis apapun karena manfaat yang diberikan dapat megirim atau transfer dalam berbagai macam jenis.

Namun yang perlu dijadikan perhatian, silahkan kalian matikan bluetooth supaya baterai iPhone awet dan tidak tersambung ke perangkat lain.

18. Mematikan Wifi

Mematikan Wifi

Menjaga baterai iPhone supaya awet dan tahan lama yaitu dengan mematikan wifi ketika selesai menggunakan jaringan internet.

Supaya sistem perangkat dapat bekerja lebih maskimal dan tidak terhubung ke berbagai jenis aplikasi maupun situs web browser.

19. Matikan Hotspot Pribadi

Mematikan Fitur Hotspot Pribadi

Hotspot Pribadi di iPhone menyediakan berbagai macam akses internet ke perangkat lain yang dapat masuk ke akun iCloud tanpa harus memasukkan kata sandi.

Jika kalian sedang menghidupkan fitur tersebut, silahkan matikan supaya baterai iPhone awet dan tahan lama dalam proses penggunaan.

20. Mematikan Layanan Lokasi (Maps)

Mematikan layanan lokasi atau google maps dapat merawat baterai iPhone supaya awet dalam penggunaanya.

Layanan atau fitur ini sebanrnya memiliki banyak manfaat untuk mengirim atau mencari lokasi didalam perangkat HP.

Akan tetapi, silahkan kalian matikan fitur tersebut dan gunakan ketika dibutuhkan saja supay dapat menjaga kapasitas indikator baterai.

21. Mematikan Walpaper Live, Bergerak dan Efek Parallax

Mematikan Walpaper Live, Bergerak dan Efek Parallax

Perangkat HP iPhone memiliki fitur yang keren pada tampilan utama atau desktop seperti walpaper live, bergerak dan efek parallax dengan jenis gambar yang dapat dipilih sesuai yang ada di perangkat ataupun mengunduh lewat situs web browser.

Akan tetapi, untuk merawat baterai iPhone supaya awet dengan mematikan fitur walpaper tersebut supaya perangkat lebih ringan ketika menjalankan sistem.

22. Mengaktifkan Fitur Konten di Safari

Mengaktifkan Fitur Konten Safari

Mengaktifkan Fitur Konten Safari dapat membantu kalian merawat baterai iPhone supaya awet dan aman dari corrupt (kerusakan).

Konten Safari sebenarnya masih berada di jenis HP iPhone yang versi iOS 9 yang memiliki kecanggihan dalam menjalankan sistem.

Selain itu, adanya fitur ini sangat membantu kalian ketika ingin tidak tampil iklan atau conten blockers di all website apapun.

23. Isi Daya Ketika Indikator Mencapai 30%

Isi Daya Ketika Indikator Mencapai 30%

Untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan baterai HP iPhone supaya tidak cepat habis yaitu dengan isi daya ketika indikator mecapai 30% atau lebih bagusnya ketika sudah 50%.

Dengan begitu, level pengisian terakhir antara 24 jam terakhir dan 10 hari terakhir dapat berkerja lebih maksimal di sistem perangkat.

Mengisi baterai iPhone yang benar memang ketika menu bar indikator mencapai dibawah 30% atau 50%.

24. Menutup Aplikasi Setelah Menggunakannya

Menutup Aplikasi Setelah Menggunakannya 

Langkah terakhir untuk memaksimalkan performa baterai (battery health iPhone) agar tetap awet yaitu dengan menutup aplikasi setelah menggunakannya.

Supaya segala halaman aplikasi tidak muncul pada menu tab yang terdapat di balik layar atau layar utama perangkat HP.

Dari beberapa trik dan tips menghemat baterai iPhone diatas, bisa kalian lakukan pada barang elekktronik kalian supaya tetap aman dan awet hingga bertahun-tahun.

Baca Juga: Cara Melacak HP iPhone Hilang Tanpa Aplikasi (Semua Merek)

Itulah cara mudah untuk baterai iPhone dijamin awet dengan beberapa trik dan tips diatas. sehingga pengguna tidak perlu bingung atau takut lagi ketika membeli produk apple ini.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration