54# Peluang Bisnis Yang Menjanjikan di Masa Pandemi

Bisnis memang gampang untuk memulai. namun sangat sulit untuk di pertahankan.
Bisnis ibnujacky - Memulai bisnis dengan mengikuti kemampuan yang di miliki merupakan hal yang tak mudah action. semua butuh kesabaran dan ketekadan agar bisa menjalankan dengan baik maupun sesuai prosedur. ketika anda sedang kebingungan terkait peluang bisnis yang menjanjikan dimasa pandemi hingga tahun baru 2022 ini.

Sebelumnya, telah membahas secara tuntas terkait ide dan tips bisnis online. lewat postingan kali ini akan membahas usaha apa yang lagi trend trend di tahun 2022, usaha apa yang cocok bagi pemula dan usaha apa yang paling menguntungkan.

Adanya dampak pandemi covid 19, membuat banyak orang sedang ramai-ramainya berbicara masalah wirausaha yang cocok dengan keadaaan sekarang ini.

Melihat di berbagai wilayah yang banyak pekerja di PHK dan beberapa perusahaan yang mulai bangkrut atau down karena sektor ekonomi masih belum stabil di negara indonesia. maka dari itu, dengan memulai bisnis merupakan jalan yang sangat cocok dan recomended untuk mengatasi wabah pandemi ini.

Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan Terbaru

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Banyak peluang usaha yang banyak orang belum di ketahui, sedangkan ada bakat yang mampu bersaing dengan pembisnis besar lainnya.

Dalam membangun sebuah bisnis agar tumbuh dengan lebih pesat, ada beberapa langkah yang wajib di ketahui dan penting untuk dilakukan. diantaranya adalah mencintai passion, memanfaatkan kecanggihan teknologi yang berbasis interenet, melakukan survey dilapangan dan mengatur strategi pemasaran.

Ada beragam jenis bisnis yang berbentuk online dan offline yang sudah melebar ke seluruh belahan dunia. dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Dari penelusuran pencarian google dan informasi dari berbagai platform sosial media, berikut ide bisnis yang menjanjikan di masa pandemi dan masa depan yang bisa dijadikan refrensi bagi sedang mencari usaha yang memiliki peluang besar:
  1. Marketting Digital Iklan
    Jika anda memiliki skill dalam marketting, bisnis ini sangat cocok. karena anda cukup memasarkan lewat akun sosial media pribadi.

    Apabila pada nantinya ada yang orde lewat postingan yang anda unggah, disitulah ada sistem bagi hasil sesuai kesepakatan pemilik produk.

  2. Dropship atau Reseller
    Bisnis yang menggunakan konsep reseller atau dropship sudah banyak menerapkannya. selain tanpa modal, anda cukup memesan barang ketika ada yang order. dengan catatan memberi jangka waktu berapa hari produk atau barang akan tiba. 

  3. Freelancer
    Melakukan kerja sama dengan para olshop, pedangang hingga perusahaan. contohnya seperti menawarkan jasa desain, fotografi, editing, pemasaran dan sejenis lainnya.

  4. Event Organizer
    Cakap berbicara dan memiliki konsep mengatur acara seperti pernikahan, rapat dan sejenis event lainnya. Bisnis EO bisa dijadikan pilihan untuk dijalankan.

    Akan tetapi, sebelumnya harus memilik keterikana dengan lokasi atau gedung, mua, fotografi, decoration dan catering. sehingga pada nantinya ketika ada yang order. anda cukup calling saja tanpa mencari hal-hal yang dibutuhkan.

  5. Fotografi
    Memiliki keahlian dalam dunia gambar berupa foto atau video. bisa dijadikan bisnis dengan membuka jasa fotografi. akan tetapi, anda harus memiliki skill dalam dunia pengeditan dan gear yang harus di persipakan.

    Bisnis fotografi tak hanya mendapatkan keuntungan dalam megolah gambar saja, melainkan akan mendapatakan bonus berupa uang yang mencapai hingga jutaan dalam hitungan  jam.|

  6. Makeup Artis (MUA)
    Tak hanya dibutuhkan bagi para artis atau entertaimemt, bisnis MUA sekarang sudah berkembang pesat mulai dari enggagement, prewedding, wedding dan acara budaya yang membutuhkan makeup agar bisa tampil berbeda dengan biasanya.

  7. Dekorasi
    Event lebih mengesankan, jika terdapat beckground yang menarik untuk dijadikan hiasan dan spot foto.

    Maka dari itu, bisnis dekor memiliki potensi yang cukup menjajikan ketika diterapkan untuk event dan wedding keci yang terlihat mewah.

  8. Rental Kamera
    Memiliki gear yang harganya cukup mahal tapi tidak digunakan sehari-hari, dengan membuka jasa sewa kamera, anda bisa mendapatkan biaya tambahan dengan hitungan perjam hingga harian.

  9. Rental Mobil
    Tak hanya sebagai kendaraan yang aman, kini banyak yang memanfaatkan jasa sewa mobil untuk para supir yang sedang tidak memiliki mobil ketika ingin melakukan perjalanan jauh dengan membawa barang banyak.

  10. YouTuber
    Aplikasi sosial media yang populer dan trend ini, tak hanya sebagai informasi dan hiburan saja. namun banyak pengguna yang mendapatkan penghasilan melalui video yang diunggah pada channelnya. Dengan mengikuti beberapa ketentuan yang diberikan oleh kebijakan youtube.

  11. Vlogger
    Jika anda memiliki kamera atau ponsel yang bagus, dengan melakukan video narsis berdurasi singkat bisa dijadikan bisnis untuk menawarkan produk yang dijalankan atau menjalankan produk orang lain.

  12. Selebgram
    Apabila anda memiliki followet atau pengkut yang banyak di akun sosial media, disitu ada peluang untuk mengunggah pada postingan atau story baik olshop atau produk orang lain dengan cara kerja sama.

  13. Jasa Pembuatan Website
    Pada zaman yang penuh dengan teknologi yang canggih, website merupakan bisnis yang menjanjikan dengan membuat tampilan penelusuran google lebih menarik.

    Jika anda memiliki keahlian dalam bidang SEO dan coding, bisa membuka jasa layanan digital pembuatan website.

  14. Jasa Pembuatan Aplikasi
    Tak hanya di google play store yang menyediakan aplikasi atau platform, kini banyak anak kompter yang sudah bisa membuat aplikasi yang tak kalah keren bahkan dijadikan bisnis dengan menawarkan kepada agency atau perusahaan yang membutuhkan.

  15. Jasa Penulisan
    Jika anda suka menulis baik artikel, buku dan novel. bisa membuka bisnis pengetikan secara menual dengan hitungan per kata atau kalimat.

    Karena banyak para pemuda, dewasa bahkan mahasiswa yang sedang garap skripsi membutuhkan jasa penulisan dalam laporan atau pembekasan.

  16. Penerjemah
    Punya keahlian  dalam berbicara bahasa asing seperti inggris, arab, mandarin dan bahasa intenasional lainnya. disitu akan menemukan peluang dalam mengasahkan kemampuannya. karena lewat translate google aja belum cukup untuk membuat kalimat yang sesuai prosedur atau SOP.

  17. Jasa Pengiriman Barang
    Ketika memiliki kendaraan yang jarang di pakai, baik berupa motor atau mobil. anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan cara membuka jasa pengantaran barang ke berbagai wilayah.

  18. Jasa Sablon
    Para komuinitas bahkan kantor dinas akan membutuhkan sebuah seragam ketika ada acara atau event.| maka, dari situlah ada bisnis yang recomded untuk membuka sablon atau bordir pada pakaian.

  19. Percetakan dan Printing
    Jika anda hidup di kawasan campus, bisnsi tersebut sangat cocok dan menjajikan sekali. karena yang awalnya cukup bermodal komputer dan printing bisa menambah alat seperti foto copy dan cetak banner.

    Karena banyak para mahasiswa yang sedang mencari tempat tesebut ketika ada tugas atau laporan.

  20. Jasa Agen Travel
    Memiliki pengalaman dalam perjalanan luar wilayah, maka disitu akan menemukan peluang dengan cara membuka jasa agen travel.

  21. Pemandu Wisata
    Minat dalam dunia jalan-jalan dan memiliki cerita disetiap tempat wiaata, membuka jasa agen travel bisa menjadi pilihan untuk tetap melakukan perjalanan tanpa biaya sendiri.

  22. Kursus
    Di era pandemi covid 19, pembelajaran yang berkonsep daring membuat para pelajar menjadi bosan karena tidak stabil. maka disitu dibutuhkan pembelajaran baru dengan kurus online maupun offline.

  23. Guru Online
    Jika pembelajaran masih belum cukup karena dampak pandemi, dengan membukan jasa pembelajaran online akan menambah penghasilan tambahan.

  24. Analisis Data
    Tak semua perusahaan memiliki karyawan yang ahli dalam bidang menganalisis data, maka disitulah anda menemukan peluang dengan menawarakan skill yang dimiliki dalam mengolah data lebih efisien.

  25. Afiliasi Pemasaran
    Jenis usaha ini tak jauh berbeda antara pedagang dengan pembeli, dimana ketika anda sedang membeli produk yang dijual sekaligus menawarkan kerja sama dalam proses pemasaran dengan kinerja yang disepakati.

  26. Admin Sosial Media
    Cukup bermodal hp dan jaringan internet, akan mendapatkan penghasilan dengan menjadi admin sosmed bagi olshop atau toko yang belum ada admin yang mengelola produk yang dijual.

  27. Kerajinan Tangan
    Memiliki ketrampilan dalam melukis atau membuat kreasi yang unik contohnya lukisan, mainan dan sejenis seni rupa lainnya. bisa membuka layanan pembuatan kerajinan tangan dengan hasil karya yang menarik.

  28. Desain Grafis
    Tak mudah dalam membuat karya gambar yang unik dan keren. jika anda memiliki keahlian dalam dunia desain, bisnis tersebut sangat recomended untuk dijalankan.

  29. Editor Foto
    Melihat foto-foto instagram mulai banyak yang keren ketika dipandang, disitulah ada peluang ketika anda memiliki keahlian dalam mengedit dengan membuka layanan editing. karena banyak pengguna akun sosmed yang tidak bisa mengedit foto agar tampak bagus ketika ingin dijadikan postingan.

  30. Editor Video
    Dunia video kini semakin marak seperti youtube dan tiktok, jika anda memiliki keahlian dalam mengedit video yang kreativitas. maka bisnis editing video bisa dijadikan pilihan untuk menambah penghasilan.

  31. Potong Rambut
    Banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut, karena sebagian ada yang melakukan potong rambut selama satu bulan sekali agar terlihat lebih rapi.

  32. Menjahit
    Bisnis demgan jenis model ini awalnya memang cocok untuk kaum perempuan saja. akan tetapi, banyak pria yang mulai tersebar dengan membuka jasa jahit untuk membuat pakaian.

  33. Jual Beli Sembako
    Sembako merupakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan semua orang, maka dari itu, anda cukup bermodal dengan membuka toko secara online maupun oflline. karena bisnis tersebut akan tetap bertahan hingga masa depan.

  34. Olshop
    Suka dengan dunia fashioan atau souvenir, bisnis olshop bisa dijadikan pilihan untuk menjual produk secara virtual maupun online. karena banyak yang melakukan bisnis tersebut hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia.

  35. Cafe
    Perkembangan bisnis cafe sudah banyak tersebar di berbagai wilayah. ditambah banyaknya model atau jenis kopi yang menjadi pilihan untuk dijadikan menu.

  36. Kuliner
    Di setiap wilayah atau titik tempat tinggal akan memililiki kuliner khas berupa makan atau minumana. maka, dengan membuka kuliner ditempat lain sangat menjanjikan dan recomended sekali.

  37. Cloud Chicken
    Jika anda tidak memiliki modal dalam menjalankan bisnis berupa makanan atau minuman. dengan menjadi reseller cloud chicken. bisa dijadikan pilihan dengan menawarkan produk orang lain.

  38. Laundry
    Ketika sedang sibuknya bekerja untuk kehidupan sehari-hari, kadang kala belum sempat untuk membersihakan pakaian yang telah dipakai. sehingga membawanya ke tempat laundry untuk mencucinya.
     
  39. Membuka Franchise
    Tak hanya dikota-kota besar yang membuka franchise baik makanan atau minuman. namun di berbagai wilayah hingga perkampungan akan menemukan franchise yang lagi trend atau viral.

  40. Menjual Pulsa dan Paket Data
    Bagi kalian yang ingin menambahkan penghasilan baik ketika dirumah maupun diluar. menjual pulsa dan paket data bisa dijadikan bisnis.

    Karena menjual pulsa dan paketan tak hanya berada di konter saja. melainkan dapat diakses melalui online dengan chat atau panggilan.

  41. Jual Beli Domain
    Untuk kalian anak IT pasti akan mendengar istilah domain yang menjadi hubungan akses atau situs website.

    Domain merupakan nama website yang muncul setelah www atau istilah dasarnya IP. jika kalian memiliki domain yang unik dengan banya di cari orang, kalian bisa menjual dengan harga yang tertinggi.

    Namun yang perlu diperhatikan, domain tersebut harus tetap dilihat dari segi traffik atau penilaian dari google. sehingga tidak ada penalti ketika di indeks pada google.

  42. Jual Beli Akun Sosmed
    Jual beli akun di era sekarang ini sudah menjadi bisnis yang menjajikan. apalagi sosmed yang ingin kalian jual merupakan impian nama dari klien yang diinginkan.

    Sehingga klien bisa membeli akun sosmed kalian dengan harga tertinggi. ditambah lagi jumlah pengikut, like dan komentar banyak menyukainnya.

  43. Jual Beli Saham
    Saham merupakan jual beli yang sudah banyak dilakukan oleh para pemuda dan tokoh-tokoh besar Indonesia karena omset yang didapatkan akan mencapai hinggan 50-75%.

    Namun yang perlu diperhatikan, kalian harus tetap mengikuti perkembangan perusahaan yang telah digabung. jika angkanya penjualan sudah mengalami peningkatan, maka saham yang kalain tabung akan membawakan hasil.

    Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak aplikasi dan situs yang menyediakan jual beli saham yang sudah di awasi OJK seperti ajaib, bibit dan sejenis lainnya. untuk selengkapnya bisa dicek langsung pada situs resmi Bursa Efek Indonesia.

  44. Jual Beli Barang Bekas
    Bisnis yang satu ini sekarang menjadi peluang yang menjanjikan. pasalnya barang bekas seperti pakaian, kendaraan dan barang elektronik sering diburu untuk mengambil keuntungan yang cukup dala kehidupan sehari-hari.

  45. Jual Beli Barang Antik
    Untuk kalian yang suka dengan barang antik memang menjadi pemberat ketika ingin dijual. namun melihat keadaan indonesia seperti sekarang ini yang masih terkurung akan angka ekonomi barang antik yang menjadi idaman kalian bisa dijual belikan dengan angka yang bisa tidak merugikan.

  46. Jual Beli Burung
    Selain dijadikan ajang perlombaan, Burung bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi yang sedang merawatnya.

    Di Indonesia, perkembangan burung bisa mencapai angka puluhan jutaan rupiah apalagi memiliki bunyi yang sangat menyaring masyarakat.

  47. Jual Beli Elektronik
    Elektronik seperti handphone, komputer, laptop, alat masak, kebutuhan keluarga dan sejenis lainnya bisa menjadi menjadi bisnis yang bisa kalian jual belikan dengan keuntungan yang bisa mencapai 25% persen.

  48. Servis Elektronik
    Selain menjual belikan barang elektronik, servis elektronik bisa kalian jadikan bisnis. namun yang perlu diperhatikan kalian harus mengetahui ilmu atau skill terhadap barang yang ingin diperbaiki. supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah kepada pelanggan.

  49. Marketting Properti
    Banyak pemilik properti yang masih membutuhkan marketting dalam urusan penjualan. karena dari beberapa penelusuran masih banyak yang belum mengerti akan keamanan dan kebersihan terkait wilayah tersebut.

    Jika yang menjadi marketting asli dari orang di daerah prooperti tersebut dapat mendapatkan nilai plus untuk menjajakan properti yang sedang di bangun. untuk itu coba kalian temukan pemilik wilayah properti tersebut untuk menawarkan diri menjadi marketting freelance.

  50. Bengkel Online (Panggilan)
    Membuka usaha atau perbaikan kendaraan mobil atau sepede memang sangat menguntungkan. dengan harga beli yang cukup murah, kalian dapat keuntungan dengan memberikan nilai pemasangan dan perjalanan sesuai titik lokasi.

    Jika pada bengkel di pinggir jalan saja sudah banyak dicari orang apalagi bengkel online atau panggilan sangat menguntungkan. jika pelanggan yang sedang kena musibah jauh dari lokasi kalian.

  51. List Building
    Bisnis yang satu ini tak jauh berbeda dengan marketting. karena tugas dan tujuannya yaitu mempromosikan produk kepada klien yang memang memiliki skill potensial.

  52. Jasa Pelayanan Publik
    Untuk kalian yang suka bekerja untuk urus-urus data seperti pembuatan KTP, KK, Akta Anak, perpanjangan STNK, perpanjangan SIM dan sejenis lainnya.

    Jasa pelayanan publik bisa kalian jadikan bisnis sekaligus membantu orang lain yang masih belum mengerti terkait prosedur pelayanan.

    Biasanya kalian akan mendapatkan keuntungan sekitar 15-30 dari setiap pelayanan karena kalian masih minta bantuan ke pihak ketiga. namun jika kalian masih menggunakan cara sendiri tanpa harus minta bantuan, maka proses pelayanan akan membutuhkan waktu yag lumayan lama.

  53. Konsultan Psikologi
    Bagi yang mempunyai skill membaca aktivitas orang lain dan bisa memberikan solusi terkait apa yang terbaik, konsultan psikologi bisa dijadikan bisnis yang hanyak membutuhkan pikiran dan ilmu dalam memberikan dampak negatif kepada yang membutuhkan.

    Pasalnya banyak yang masih membutuhkan arahan yang jelas terkait kejadian yang pernah terjadi ataupun yang sedang menimpanya tapi masih belum mengetahui untuk mencari solusi atau jalan keluarnya.

  54. Tempat Parkir
    Bisnis terkahir yang mulai banyak digemari oleh masyarakat yaitu tempat parkir. lebih-lebih bagi kalian yang tinggal di perkotaan yang ruangan untuk dijadikan parki masih dibutuhkan.

    Jika parkir diluar saja mencapai angka 100-250 perhari apalagi yang sedang membuka tempat parkir dengan sistem perhari/perminggu/perbulan hingga pertahun.
Dari 56 daftar peluang bisnis yang menjanjikan 2022 diatas, silahkan kalian cermati dan simak terkait jenias bisnis apa yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki.

Terkadang banyak orang yang gagal, dikarenakan tidak cocok dan memaksakan diri untuk memulai bisnis tersebut. sehingga pada nantinya tidak sesuai dengan apa yang di inginkan. jadi, sebelum memutuskan terkait apa yang ingin dimulai perhatikan terlebih dahulu dampak postif dan negatif nya.

Jika suatu saat masih belum sesuai dengan apa yang di plan dan di rancang terkait bisnis yang dijalankan. dibutuhkan evaluasi dan pembaharuan yang dapat di setting kembali.

Bisnis memang gampang untuk memulai. namun sangat sulit untuk di pertahankan. karena banyak pemikiran yang akan datang ketika sedang mengalami kesulitan ditengah maraknya perkembangan di sektor ekonomi.

Sejarah perkembangan bisnis di Indonesia mengalami beberapa era yang meliputi beragam garis bidang  diantaranya industri, teknologi dan informasi yang segementasi nya ditur dalam pemetaan secara karakteristik.
Penutup
Peluang bisnis yang menjanjikan di masa pandemi 2022 diatas, merupakan solusi yang bisa dijadikan refrensi ketika sedang bingung mencari usaha atau bisnis apa yang cocok hingga masa depan.

Sekian terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan bisnis yang menjanjikan bisa bermanfaat dan di praktekan oleh pembaca.
Writing Illustration