Profil Gus Iqdam Menjadi Pendakwah Muda 2024

Profil istri Gus Iqdam ini tak jauh berbeda dengan keluarga ayahnya yakni Putri Almaghfurlah KH Thoha Widodo Zaini Munnawir alias Ninnila...

Profil Gus Iqdam Menjadi Pendakwah Muda 2024 - bagia kalangan milenial hingga genz sangat tidak asing lagi dengan nama yang satu ini.

Gus Iqdam merupakan Mubaligh Muda Viral yang Perkenalkan Istilah Dekengane Pusat hingga Garangan hingga sekarang ini.

Santri atau jemaah yang hadir dalam pengajiannya banyak berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, pemabuk, pejabat, preman hingga asli santri.

Nama Pondok pesantren Gus Iqdam yaitu  Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kabupaten Blitar, Jawa Timur dan merupakan rumah atau kediaman beliau.

Biografi Lengkap Gus Iqdam Asal Blitar

Profil Gus Iqdam Menjadi Pendakwah Muda 2024

Agus Muhammad Iqdam Kholid atau dikenal dengan Gus Iqdam (lahir 27 September 1993 di Blitar) adalah seorang pendakwah muda Nahdlatul Ulama atau NU dan salah satu pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah.

Namanya dikenal dengan kepribadiannya yang milenial, menyenangkan, kocak sehingga disukai semua kalangan termasuk anak punk.

Gus Iqdam merupakan pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah 2018 yang awalnya hanya beranggotakan tujuh jemaah dan kini telah memiliki lebih dari 50.000 jemaah dari seluruh pelosok nusantara.

Gus Iqdam merupakan anak terakhir dari empat bersaudara dari pasangan KH Kholid dan Hj Ny Lanratul Farida. Awalnya Gus Iqdam belajar Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Farah Proso Kediri, tempat ia belajar di bawah bimbingan Muhammad Abdurrahman Kautsar atau G. Gus Kautsar.

Gus Iqdam menghabiskan masa kecilnya dengan belajar tentang Islam. Sewaktu kecil ia belajar agama Islam pada pamannya KH. Deriyadin Azamzami.

Setelah itu, ia melanjutkan studinya di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso di Kediri, Jawa Timur. Pada tahun 2021, ia menikah dengan Aning Nilatin Nihayah, istri Gus Iqdam, putri Almaghfurlah KH Thoha Widodo Zaini Munnawir, Pondok Pesantren Lirboyo.

Baca Juga : Siapakah Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan ? Berikut Perjalanan Hidup Singkatnya

Profil Gus Iqdam 

Profil istri Gus Iqdam ini tak jauh berbeda dengan keluarga ayahnya yakni Putri Almaghfurlah KH Thoha Widodo Zaini Munnawir alias Ninnila.

Pasca terbentuknya Majelis Sabilu Taubah Ta'lim pada Desember 2018, Gus Iqdam mulai rutin menyampaikan khutbah kepada jamaah yang berjumlah sekitar tujuh orang.

Namun, selama bertahun-tahun, Dewan Tallinn telah menjadi terkenal dan tersebar luas di kalangan generasi milenial, menjangkau ribuan orang beriman.

Gus Iqdam sengaja menamakan Dewan Talim itu Sabilu Taubah yang artinya jalan taubat, karena jemaah di dalamnya tidak hanya dikenal sebagai santri, orang-orang yang berilmu bahkan yang akrab dengan agama didominasi oleh orang-orang yang berilmu.

Bagi yang ingin mengundangnya dan mengadakan acara bersamanya bisa langsung ke halaman parlemen karena selama ini belum ada yang mengetahui nilai tukar Gus Iqdam atau belum menetapkan nilai nominalnya.

Itulah Biografi dan Profil Gus Iqdam, Pendakwah Muda yang Tengah Naik hingga viral dan trending pada 2024 ini.

Apakah Gus Iqdam sudah menikah?

Ibu Gus Iqdam  merupakan anak salah satu kiai yang kharismatik yaitu KH. Zubaidi Abdul Ghofur beliau ini Mursyid Thariqah di Jawa Timur. Gus Iqdam pada tahun 2021 menikah dengan Aning Nilatin Nihayah, putri Almaghfurlah KH. Thoha Widodo Zaini Munawwir dari Pondok Pesantren Lirboyo.

Siapakah sosok Gus Iqdam?

Gus Iqdam merupakan cucu dari KH Zubaidil Abdul Ghofur, pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, salah satu pesantren tertua di Brida Barat. Kiai Ghofur dikenal juga dengan sebutan Mursyid Thoriqoh. Hal itulah yang menginspirasi Gus Iqdam untuk berdiri saat dipanggil “Gus” oleh masyarakat

Keturunan siapa Gus Iqdam?

Beliau (Kiai Zubaidil Abdul Ghofur) yang semula dikenal dengan nama “Gus” adalah anak dari Kiai Ghofur, pendiri Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Blitar, salah satu Pondok Pesantren tertua di Blitar Barat, juga Mursyid Thoriqoh.

Gus Iqdam punya anak berapa?

Gus Iqdam saat ini berpasangan dengan pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST) Muhammad Iqdam Kholid baru dikaruniai satu anak, yakni Gus Novel.

Baca Juga : Biografi Ra Lilur Waliyullah Jadab Yang Misterius di Bangkalan Madura

Sekian dan Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama, semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration