Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan Yang Mempesona

Air Terjun Kakek Bodo berada di daerah Pasuruan tepatnya dikawasan lereng Gunung Werilang, Tretes, Prigen dari arah sebelah utaranya ...

Air Terjun Kakek Bodo adalah tempat wisata di jawa timur yang masih mempesona dikalangan para traveller karena banyak sekali aktivitas yang akan dilakukan selain menikmati view pemandangan alamnya.

Selain itu, Wisata Air Terjun Kakek Bodo termasuk 5 air terjun tertinggi di indonesia dan di sekitar kota Surabaya yang memiliki keunikan tersendiri ketika di singgah baik sendirian maupun bersama teman-teman.

Air Terjun Kakek Bodo berada di daerah Pasuruan tepatnya dikawasan lereng Gunung Werilang, Tretes, Prigen dari arah sebelah utaranya dengan ketinggian kurabg lebih 40 meter dan 850 mdpl.

Sebelumnya, penulis telah memabahas seputar Air Terjun Dlundung pada postingan sebelumnya yang eksotis dan pada kesempatan kali ini, Air Terjun Kakek Bodo akan saya ulas secara singkat dan jelas.

Beberapa tahun yang lalu, penulis berkesempatan datang langsung menikmati view pemandangan alam yang mengasikkan. waktu itu bersama dengan komunitas STB Surabaya yang beramai-ramai naik motor.

Asal Usul, Legenda dan Sejarah Air Terjun Kakek Bodo 

Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan Yang Mempesona

Air Terjun Kakek Bodo masih menjadi incaran para traveller alam karena disini akan merasakan sensasi berbeda ketika di singgah. sehingga akan betah untuk berlama-lama di area sekitar.

Ada banyak sekali aktiviatas dan taman rekreasi yang akan kalian rasakan ketika berlibur ke Air Terjun Kakek Bodo selain menikmati air yang turun dari pegunungan yang segar.

Daya Tarik dan Suasana Air Terjun Kakek Bodo

Pintu Utama Air Terjun Kakek Bodo
Pintu Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo sebuah wisata yang termasuk dalam Kawasan Wisata daerah Tretes Jatim. Air terjun ini terletak di pertengahan hutan lindung yang dikelola oleh pihak RPH Prigen, BKPH Lawang Barat.

Pengunjung yang datang ke tempat ini akan menyajikan pengalaman rekreasi terbaru di tengah alam yang terbuka dengan fasilitas yang nyaman dan adem untuk dinikmati.

Suasana Air Terjun Kakek Bodo

Tak hanya bersama teman-teman atau pasangan hidup saja yang asyik ketika liburan ke air terjun kakek bodo, dengan family atau keluarga akan merasa happy karena berada di tengah hutam yang sejuk dengan adanya pepohonan.

Perjalanan Air Terjun Kakek Bodo
Perjalanan Air Terjun Kakek Bodo
Perjalanan Air Terjun Kakek Bodo

Perjalanan untuk menuju ke wisata air terjun kakek bodo masih aman dan sudah layak untuk di kunjungi oleh siapapun baik meggunakan kendaraan motor maupun roda empat.

Suasana Air Terjun Kakek Bodo

Untuk suasana yang berada di kawasan air terjun kakek bodo ini sangat sejuk sekali karena di kelilingi oleh ribuan pohon yang sejuk dan perbukitan yang kokoh dari arah manapun.

Sehingga sangat cocok sekali apalagi kalian yang suka dengan foto atau video yang aesthetic untuk dijadikan postingan pada akun sosial media seperti facebook, instagram, tiktok dan lain sebagainya.

Disekeliling perjalanan, kalian akan melihat banyak barisan taman bungan yang indah, anak tanggan yang keren sehingga sangat cocok untuk mengabadikan moment yang berbeda dengan lainnya.

Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Bagi kalian yang hendak ingin pergi ke Air Terjun Kakek Bodo, bisa mempersiapkan dana untuk perihak tike masuk kedalam wisata dan biaya lainnya, berikut diantaranya :

Biasa Harga
Anak-Anak 5.000
Dewasa 10.00
Weekend Harga
Anak-Anak 10.000
Dewasa 15.000
Jenis Parkir Harga
Motor 05.p000
Mobil 1o.000

Selain harga tike masuk diatas, kalian juga mempersipkan dana darurat untuk membeli kebutuhan dalam perjalanan seperti makanan dan minuman karena di area sekitar banyak yang berjualan.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Untuk kalian yang masih kebingungan menuju ke lokasi air terjun kakek bodo, silahkan klik saja maps dibawah ini agar bisa sampai sesuai dengan titik yang dituju :

Air terjun kakek bodo berada di  Jl. Taman Wisata No.541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157 yang bisa di tuju dengan kendaraan.

Untuk jalan menuju kakek bodo, kalian bisa melewati bundarah pandaan atau masjid cheng hoo dengan mengambil arah ke jalan menuju tretes. namun hal yang harus di persipkan yaitu tetap berhati-hati karena rutenya cukup menanjak ke atas.

Jam Operasional Air Terjun Kakek Bodo

Jam Operasional Air Terjun Kakek Bodo

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke wisata Air Terjun Kakek Bodo, bisa mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak pengelolah wisata di tretes. berikut diantaranya :

Hari Buka Tutup
Senin 07:00 17:00
Selasa 07:00 17:00
Rabu 07:00 17:00
Kamis 07:00 17:00
Jum'at 07:00 17:00
Sabtu 07:00 17:00
Minggu 07:00 17:00

Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo

Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo

Meskipun wisata yang satu ini berada di pertengahan hutan dan pegunungan, untuk segi fasilitas Air Terjun Kakek Bodo sudh dikatakan sangat lengkah dijadikan tempat liburan. diantaranya sebagai berikut :

Fasilitas Air Terjun Kakek Bodo
Taman
Tempat nongkrong
Kolam Renang
Tempat ibadah
Tempat parkir
Toilet

Dari beberapa fasilitas diatas, bisa kalian gunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan liburan, sehingga tidak khawatir berlama-lama menikmati keindahan alam Air Terjun Kakek Bodo.

Mitos dan Misteri Air Terjun Kakek Bodo

Mitos dan Misteri Air Terjun Kakek Bodo

Nama air terjun ini berkaitan dengan sebuah cerita tentang seorang kakek di zaman Belanda dahulu kala. Konon, ada seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya kepada keluarga Belanda. dalam proses mengabdi, hidupnya serba terjamin dan berkecukupan dalam kesehariannya.

Namun, suatu hari beliau memutuskan untuk melepaskan semua yang dimilikinya. Sehingga keluarga Belanda yang merupakan mantan majikannya merasa heran. Mereka menganggap bahwa kakek tersebut itu bodoh karena meninggalkan sebuah kekayaan yang telah dimilikinya.

Lalu kemudian, Kakek ini pergi ketempat untuk melakukan bertapa di bawah air terjun hingga mendapatkan kesaktian yang luar biasa. dimana kekuatannya digunakan untuk menolong warga setempat yang kesulitan dengan menggunakan air yang turun dari pegunungan tersebut.

Sehingga tempat ini di sebut dengan sebutan nama “Kakek Bodo” yang sesuai dengan panggilan yang diberikan oleh orang-orang kerajaan Belanda pada kakek itu.

Untuk makam Kakek Bodo masih ada hingga saat ini yang bentuknya berupa bangunan serupa rumah dengan atap limas dan warga sekitar menganggapnya dengan tempat keramat sehingga tidak bisa sembarangan dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Dlundung di Trawas Yang Eksotis

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration