2+ Cara Mengaktifkan Kartu XL Yang Mati Tanpa Ke Kantor

Reaktivasi atau Mengaktifkan kartu XL di tahun 2023 bisa di selesaikan dengan cepat dan mudah sekali karena hanya menunggu proses...

Mengaktifkan Kartu XL Yang Mati menjadi permasalahan banyak orang karena tidak dapat menerima panggilan, mengirim pesan atau mengisi pulsa karena jaringan menjadi tkalian X di menu bar HP.

Cara Mengaktifkan kartu XL yang hangus atau mati dapat kalian lakukan di HP atau PC dengan mudah, sehingga tak perlu lagi datang ke kantor center terdekat karena prosesnya sangat mudah dan gampang sekali.

Reaktivasi atau Mengaktifkan Kartu XL di tahun 2023 bisa di selesaikan dengan cepat dan mudah sekali karena hanya menunggu proses yang dilakukan oleh pihak provider secara online.

Untuk pengguna Kartu XL yang sudah tidak aktif atau melewati masa tenggang selama kurang lebih 30 hari secara otomatis menjadi hangus jika tidak dilakukan isi pulsa atau paket data.

Trik Mengatasi Kartu XL Yang Sudah Mati Dengan Mudah Secara Online

Cara Mengaktifkan Kartu XL Yang Mati Tanpa Ke Kantor

Kartu XL adalah salah satu merek dagang milik PT XL Axiata Tbk, yang didirikan pada tanggal 8 Oktober 1989. Pada awalnya, perusahaan tersebut bernama PT Grahametropolitan Lestari dan berfokus pada penyediaan layanan telepon tetap di Indonesia.

Kemudian, perusahaan mengalami beberapa perubahan nama hingga akhirnya menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk pada tahun 1995.

Pada tahun 1996, XL mendapatkan izin untuk menyelenggarakan layanan seluler GSM dan meluncurkan layanan seluler pada tanggal 8 Oktober 1996. Awalnya, XL fokus pada layanan di kota-kota besar di Indonesia.

Namun, seiring waktu, perusahaan mengalami perkembangan pesat dan memperluas jangkauannya untuk mencakup wilayah yang lebih luas di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kartu XL telah menyediakan berbagai jenis layanan telekomunikasi, seperti layanan seluler prabayar dan pascabayar, layanan data internet, dan layanan lainnya.

Namun, di tahun 2023 ini pihak provider XL sudah memberikan ketentuan atau kebijakan kepada seluruh pengguna yang telah lama aktif selama kurang lebih 30 hari tanpa memperhatikan masa tenggang akan hangus secara otomatis tanpa adanya pemberitahuan.

Syarat Mengaktifkan Kartu XL Yang Sudah Mati

Syarat Mengaktifkan Kartu XL Yang Sudah Mati

Syarat untuk mengaktifkan kartu XL atau kartu seluler prabayar tanpa ke kantor pada umumnya dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan peraturan yang diterapkan oleh operator seluler, termasuk XL Axiata di Indonesia. Di bawah ini adalah syarat umum yang sering diterapkan untuk mengaktifkan kartu XL:

Registrasi Kartu

Untuk mengaktifkan kartu XL, kalian harus mendaftarkan nomor kartu kalian. Registrasi kartu (registrasi SIM) adalah kewajiban yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengidentifikasi pengguna kartu seluler.

Biasanya, ini melibatkan memberikan informasi pribadi seperti nama, alamat, dan nomor identitas (KTP, SIM, atau paspor). kalian dapat melakukan registrasi kartu di gerai XL atau melalui layanan online yang disediakan oleh operator.

Pembelian dan Aktivasi Kartu

Jika kalian membeli kartu XL baru, pastikan untuk mengaktifkannya sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan kartu. Aktivasi kartu biasanya melibatkan proses pendaftaran dan verifikasi untuk mengaktifkan layanan seluler.

Isi Ulang Pulsa atau Paket Data

Setelah kartu aktif, pastikan untuk mengisi ulang pulsa atau paket data agar dapat menggunakan layanan seluler seperti panggilan, SMS, dan internet.

Menyiapkan Kartu Tkalian Penduduk

Syarat yang perlu kalian siapkan ketika ingin mengaktifkan kartu XL yang sudah mati atau hangus tanpa ke kantor yaitu dengan menyiapkan kartu tkalian penduduk atau yang dikenal dengan sebutan XL.

Penyebab Kartu XL Mati

Penyebab Kartu XL Mati

Kartu XL atau kartu seluler pada umumnya dapat "mati" atau kehilangan fungsinya karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa kartu XL bisa mati:

Masa Aktif Habis

Pada banyak kartu seluler prabayar, ada masa aktif yang berlaku. Jika kartu tidak diisi ulang atau digunakan selama jangka waktu tertentu (biasanya beberapa bulan), maka masa aktifnya akan habis dan nomor serta layanan akan dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan kembali, biasanya diperlukan pengisian ulang atau aktivasi ulang kartu dengan mengikuti prosedur yang ditentukan oleh operator.

Saldo Nol atau Habis

Pada kartu seluler prabayar, pengguna harus memiliki saldo yang cukup untuk menggunakan layanan telepon, SMS, dan data. Jika saldo mencapai nol atau habis, maka layanan utama akan dinonaktifkan hingga pengguna mengisi ulang kartu dengan pulsa atau paket data.

Perubahan Regulasi atau Kebijakan Operator

Operator seluler dapat mengubah kebijakan atau aturan mereka terkait dengan masa aktif, pengisian ulang, atau penggunaan layanan. Jika pengguna tidak mematuhi aturan baru tersebut, kartu mereka bisa mati atau dinonaktifkan.

Pemutusan Layanan oleh Operator

Dalam beberapa kasus, operator seluler dapat memutuskan layanan bagi pengguna yang melanggar ketentuan mereka secara serius atau terlibat dalam aktivitas yang tidak sah atau melanggar hukum.

Keadaan Teknis

Ada kemungkinan kegagalan teknis atau masalah pada jaringan operator yang menyebabkan kartu XL atau kartu seluler lainnya kehilangan sambungan atau fungsi sementara.

Perubahan Nomor

Kadang-kadang, operator seluler melakukan perubahan pada jaringan atau sistem mereka, yang dapat menyebabkan nomor kartu seluler diganti atau tidak lagi dapat digunakan.

Trik Pertama

Dibawah ini penulis akan memberikan trik dan tips tutorial untuk mengaktifkan kartu XL yang sudah mati atau hangus dengan mudah tanpa harus datang ke kantor center terdekat. diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka web browser yang kalian gunakan di perangkat HP android maupun iPhone.
  • Selanjutnya, buka situs pusat bantuan kartu XL.
  • Pada halaman utama, pilih layanan kartu sim di bagian atas.
  • Halaman Utama Situs XL
  • Tunggu proses loading didalam situs karena kalian akan di alihkan.
  • Setelah itu, klik pilih layanan.
  • Halaman Layanan Kartu SIM
  • Pada menu yang tampil, pilih tulisan reaktivasi kartu untuk mengaktifkan.
  • Halaman Pilih Layanan Kartu SIM
  • Selanjutnya, masukkan nomor kalian yang sudah mati atau hangus.
  • Setelah itu, contreng saya bukan robot dikotak yang sudah tersedia.
  • Halaman Layanan Kartu SIM Contreng
  • Jika sudah, klik lanjut pada kotak warna biru dibawah.
  • Tunggu proses loading dihalaman tersebut dan jangan keluar.
  • Selanjutnya, klik upload KTP 
  • Halaman Upload KTP
  • Disini kalian bisa mengambil take photo atau choose files.
  • Nanti akan ada menu cek hasil foto kalian dan kalian bisa menyesuaikan dengan pilih sudah sesuai, lanjut.
  • Jika sudah, silahkan isi informasi dan alamat KTP.
  • Halaman Isi Formulir
  • Klik Lanjut dibagian apabila sudah terisi, usahakan sama dengan yang di blangko atau kartu KTP.
  • Jika sudah bertkalian contreng di menu upload KTP, silahkan kalian isi nomor kartu keluarga.
  • Klik lanjut dibagian bawah. untuk melanjutkan keterserdiaan kartu
  • Halaman Ketersedian Kartu
  • Setelah itu, silahkan kalian submit dihalaman situs XL tersebut.
  • Halaman Submit
  • Tunggu proses peninjauan yang dilakukan oleh pihak provider sekitar kurang lebih 1X24 jam.
  • Selesai.

Silahkan ikuti langkah-langkah diatas untuk kalian yang ingin reaktivasi atau mengaktifkan Kartu XL tanpa ke kantor dengan mudah karena dapat dilakukan secara online baik di HP maupun PC.

Trik Kedua

Untuk kalian yang masih belum aktif kartu XL dengan menggunakan cara diatas, disini penulis memberikan jalan alternatif atau trik yang jitu sehingga nomor kalian bisa kembali pulis sehingga bisa digunakan untuk panggilan atau perpesanan. berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka web browser yang kalian gunakan di perangkat.
  • Lalu buka situs provider XL.
  • Halaman Utama XL
  • Setelah itu, klik pusat bantuan XL dihalaman penelusuran.
  • Lalu cari halaman hubungi kami.
  • Setelah itu, silahkan kalian isi nama lengkap, nomor handphone, alamat email, topik dengan memilih reaktivasi dan pesan yang sedang kalian alami seperti dibawah ini.
  • Halaman Hubungi Kami
  • Jika sudah, klik terlebih dahulu saya bukan robot.
  • Apabila sudah contreng dua, klik submit pada kotak warna biru.
  • Setelah itu, silahkan kalian tunggu nontifikasi atau pemberitahuan yang akan di informasikan lewat alamat email yang di daftarkan.
  • Selesai.

Dengan mengikuti cara diatas, maka kartu XL kalian yang sudah mati atau hangus karena masa tenggang bisa kembali aktif dengan selalu mengecek secara berkala di alamat email yang digunakan pada halaman situs.

Trik Supaya Nomor Kartu XL Tidak Mati atau Hangus

Trik Supaya Nomor Kartu XL Tidak Mati atau Hangus

Berikut dibawah ini penulis akan memberikan beberapa tips dan trik supaya nomor kartu XL tidak mati atau hangus sehingga dalam penggunaanya tetap aman tanpa adanya gangguan. diantaranya sebagai berikut:

Isi Ulang Secara Berkala

Pastikan untuk secara rutin mengisi ulang kartu XL dengan pulsa atau paket data. Dengan mengisi ulang secara teratur, kalian dapat memperpanjang masa aktif kartu dan terus menggunakan layanan seluler tanpa masalah.

Perhatikan Masa Aktif

Ketahui berapa lama masa aktif kartu XL kalian. Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa dan pastikan kalian mengisi ulang kartu sebelum masa aktifnya berakhir.

Gunakan Layanan Secara Teratur

Selain mengisi ulang, pastikan kalian menggunakan layanan seluler seperti melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, atau menggunakan data internet secara teratur. Penggunaan aktif akan membantu menjaga masa aktif kartu.

Daftarkan Nomor Kalian

Pastikan nomor kartu XL kalian terdaftar dengan benar. Pendaftaran nomor (registrasi kartu) adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh pengguna kartu seluler di beberapa negara untuk menghindari pemblokiran atau dinonaktifkan.

Pahami Kebijakan dan Aturan Operator

Ketahui kebijakan dan aturan yang berlaku dari XL Axiata terkait pengisian ulang, masa aktif, dan penggunaan layanan. Hindari melanggar aturan yang dapat menyebabkan kartu dinonaktifkan.

Periksa Saldo Secara Berkala

Selalu periksa saldo kartu XL kalian secara berkala untuk memastikan kalian memiliki cukup pulsa atau kuota data. Jika saldo hampir habis, segera lakukan pengisian ulang.

Aktifkan Layanan Otomatis

Beberapa operator seluler menyediakan layanan otomatis untuk pengisian ulang. kalian dapat mengaktifkan layanan ini untuk memastikan kartu seluler kalian secara otomatis diisi ulang secara berkala.

Jangan Biarkan Kartu Tidak Digunakan Terlalu Lama: Jika kalian tidak berencana menggunakan kartu XL dalam jangka waktu tertentu, pastikan untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan singkat setidaknya sekali dalam beberapa bulan untuk menjaga masa aktif kartu.

Dari beberapa penjelasan diatas, kartu XL yang kalian gunakan untuk internetan, panggilan dan perpesanan tetap lancar jaya dan meskipun ketika mati bisa diatasi dengan mudah dan cepat tanpa harus datang kekantor.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Yang Paling Ampuh (Semua Operator)

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration