11+ Cara Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag

Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag yang terjadi di perangkat kalian harus diselesikan dengan cepat supaya nantinya bisa digunakan kembali

Cara Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag - di tahun 2023 ini, sudah banyak para pengguna HP Realme yang mengalami error ketika menjalankan perangkat di semua versi.

HP Realme merupakan perangkat yang didirikan pada Mei 2018 oleh Sky Li, yang sebelumnya merupakan wakil presiden dan kepala divisi global Oppo sehingga pernah menjadi sub merek yang fokusnya untuk ponsel pintar.

Realme terus meluncurkan berbagai ponsel cerdas dan perangkat lainnya dengan fokus pada inovasi, performa, dan harga yang terjangkau. Merek ini telah berhasil menarik minat pengguna muda dan menjadi salah satu pesaing utama di pasar smartphone global.

Sehingga Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag yang terjadi di perangkat kalian harus diselesikan dengan cepat supaya nantinya bisa digunakan kembali dengan normal.

Tips dan Trik  Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag

Cara Mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag

HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag biasanya terjadi karena kasalahan pada perangkat di bagian hardware sehingga kalian tidak dapat menjalankan smartphone seperti pada umumnya.

Menyebalkan, kebingungan ataupun kesel pasti akan dialami oleh pengguna HP Realme yang mengalami Lemot, Hang, Macet dan Lag ketika hendak menjalankan aplikasi maupun sejenis lainnya.

Berikut beberapa masalah atau penyebab yang mungkin terjadi di HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag sehingga menjadi error. diantaranya sebagai berikut :

  • Jumlah RAM yang terbatas dapat menyebabkan perangkat menjadi lambat dan terkadang mengalami lag atau macet. Jika RAM terlalu terisi oleh aplikasi dan proses yang berjalan, kinerja perangkat bisa terpengaruh.
  • Jika banyak aplikasi berjalan dalam latar belakang, mereka akan mengonsumsi sumber daya seperti RAM dan daya baterai, yang dapat menyebabkan kinerja yang lambat.
  • Jika penyimpanan internal kalian hampir penuh, perangkat mungkin menjadi lambat karena tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan data dan berkas sementara.
  • Versi sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman atau belum diperbarui dapat menyebabkan masalah kinerja.
  • Beberapa aplikasi mungkin memiliki bug atau masalah tertentu yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan.
  • Adanya malware atau virus di perangkat dapat mempengaruhi kinerja dan menyebabkan masalah seperti lag atau hang.
  • Penumpukan cache dan data sementara dari aplikasi yang tidak dihapus secara teratur dapat mempengaruhi kinerja perangkat.
  • Beberapa masalah pada komponen hardware perangkat seperti baterai yang lemah, masalah pada prosesor, atau kerusakan fisik lainnya dapat menyebabkan perangkat menjadi lemot atau macet.
  • Terlalu banyak widget pada layar utama perangkat dapat mempengaruhi kinerja dan menguras daya baterai.

Jika kalian mengalami HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag dengan masalah yang terdapat di beberapa point diatas, silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Restart atau Reboot HP

Restart HP

Pertama, mulailah dengan melakukan proses restart atau reboot HP Realme kalian. Proses ini dapat membersihkan cache dan memulai ulang sistem, yang mungkin membantu mengatasi masalah sementara yang menyebabkan perangkat menjadi lemot atau macet.

Setelah HP sudah hidup setelah dilakukan restart, jangan langsung menghidupkan jaringan atau membuka aplikasi apapun. namun, diamkan terlebih dahulu sekitar kurang lebih 15 menit supay cepat normal.

2. Periksa Kapasitas Penyimpanan

Periksa Kapasitas Penyimpanan

Selanjutnya, HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag yang rekomended untuk kalian coba yaitu dengan melakukan proses periksa kapasitas penyimpanan perangkat.

Pastikan kapasitas penyimpanan internal HP tidak terlalu penuh. Jika penyimpanan hampir penuh, hapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk memberikan lebih banyak ruang.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Untuk mengatasi HP Realme error yaitu dengan menutup aplikasi yang tidak sedang kalian gunakan. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan sumber daya dan mempengaruhi kinerja HP.

Dengan tutup aplikasi yang tidak digunakan, membuat HP Realme yang awalnya bermasalah seperti Lemot, Hang, Macet dan Lag menjadi normal dengan mudah sekali.

4. Nonaktifkan Efek Visual

Nonaktfikan Efek Visual

Nonaktifkan efek visual yang mungkin memperlambat kinerja HP Realme, seperti walapeper, background, animasi, transparansi dan sejenis lainnya ditampilan perangkat.

5. Hapus Cache Aplikasi

Hapus Cache Aplikasi

Hapus cache aplikasi secara teratur untuk membebaskan ruang penyimpanan dan membantu memperbaiki masalah HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag dengan mudah tanpa harus hapus platform.

Sebenarnya, hapus cache aplikasi bisa kalian lakukan pembersihan selam kurang lebih 3 hari sekali atau seminggu sekali serta satu bulan sekali supaya dalam penggunaan tetap normal.

6. Perbarui Perangkat Lunak

Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat lunak HP Realme kalian diperbarui ke versi terbaru. dengan melakukan pembaruan atau update sering mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

7. Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Widget

Hindari Banyak Widget

Terlalu banyak widget pada layar utama HP Realme dapat menguras daya baterai dan mempengaruhi kinerja perangkat sehingga menjadi Lemot, Hang, Macet dan Lag.

Banyak widget memang lebih tampak keren ketika dilihat, namun kesalahan yang terjadi biasanya akan membuat HP Realme menjadi masalah yang datang tanpa adanya nontifikasi.

8. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode Hemat Baterai

Selanutnya, silahkan aktifkan mode hemat baterai saat tidak aktif menggunakan HP untuk mengoptimalkan penggunaan daya, kecerahan, cepat panas dan lain sebagainya.

Mode Hemat baterai ini dapat mengatasi HP Realme Lemot, Hang, Macet dan Lag dengan ampuh apalagi kalian sering membuka jarinagn internet menggunakan paket data.

9. Pengaturan Pabrik

Pengaturan Pabrik

Jika masalah HP Realem tetap berlanjut, pertimbangkan untuk melakukan pengaturan pabrik (factory reset) pada HP supay nantinya bisa kembali pulih dengan cepat.

Sebelum melakukan pengaturan pabrik, pastikan untuk mencadangkan atau menyimpan data penting karena proses ini akan menghapus semua data dari perangkat.

10. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak kompatibel dengan HP kalian dan dapat menyebabkan masalah. Cobalah untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang menyebabkan masalah dan pertimbangkan untuk menghapusnya.

Jika kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti modifikasi atau isitilah yang akrab disebut dengan MOD bisa dihapus terlebih dahulu sehingga HP Realme tidak menjadi Lemot, Hang, Macet dan Lag

11. Cek Kondisi Hardware

Kondisi Hardware

Terakhir, langkah yang rekomended untuk dicoba yaitu dengan melakukan atau periksa kondisi hardware HP kalian. Pastikan tidak ada masalah fisik, seperti kerusakan layar atau baterai yang lemah, yang mempengaruhi kinerja perangkat.

Jika masalah tetap berlanjut setelah mencoba langkah-langkah di atas, mungkin ada kesalah yang lebih dalam yang memerlukan bantuan dari pusat layanan atau teknisi yang berpengalaman.

Baca Juga : HP Samsung S21 Ultra Cepat Panas

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website ibnujacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini atau menghubungi langsung ke halaman kontak. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration