Tips dan Trik Membuat Video Cinematic Yang Keren Ala Profesional

Kehadiran video cinematic bagi fotografi atau konten kreator menambah nilai plus yang lebih ditonjolkan...

Membuat Video Cinematic sudah menjadi pilihan semua konten kreator ketika sedang mengunggah konten pada akun sosial media.

Diera digital 2023, cinematic salah satu jenis video yang banyak digunakan untuk membuat vlog, profil, trailer hingga sekelas pernikahan tak ketinggalan karena hasilnya tak diragukan lagi.

Kehadiran video cinematic bagi fotografi atau konten kreator menambah nilai plus yang lebih ditonjolkan karena meskipun sederhana ketika dilihat menjadi tertarik kepada pengguna lain.

Di aplikasi YouTube, Instagram, TikTok, Facebook dan Lainnya sudah mulai banyak muncul pada halaman aplikasi di bagian menu feed, story hingga reels dengan berbagai macam editing.

Cara Bikin Video Cinematic di HP Android dan iPhone 

Tips dan Trik Membuat Video Cinematic Yang Keren Ala Profesional

Cinematic atau Sinematik merupakan jenis video yang beraspek mise en scene yang terlihat jelas pada pemutarannya mulai dari editing, suara dan gambar yang muncul.

Sehingga banyak di dunia seni film yang tertarik untuk di unggah dalam akunnya berbagai macam variasi yang menuju ke estetika.

Sebenarnya, cinematic merupakan jenis video yang udah lama ada di dunia perfilman yang lebih memaksimalkan audio, visual, teknik serta alur jalan ceritanya.

Untuk durasi video cinematic ini mulai dari 0 hingga 4 menit, namun pada saat take pengambilan video tak semudah seperti jenis video lainnya seperti jurnalistik, biografi, promosi, training dan lain sebagianya.

Berikut dibawah ini beberapa tips dan trik membuat video cinematic di HP yang lengkap dengan konsepnya dan dijamin keren :

Baca Juga : Tips Membeli Kamera DSLR dan Mirrorless Bekas Yang Terbaik

Mempersiapkan Gear

Alat Fotografi

Langkah pertama untuk bikin video makin apik yaitu mempersiapkan gear atau alat yang berkualitas supaya hasilnya sesuai dengan ekspetasi.

Gear yang bagus memang sangat diperlukan ketika kalian ingin mendapatkan video cinematic yang kekinian sehingga dapat dijadikan postingan dalam akun sosial media.

Untuk alat video cinematic yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu mulai kamera digital, kamera hp yang berkualitas, tripod, stabilizer atau gimbal, microfon, lighting, lensa yang tajam, aksesoris pendukung dan sejenis lainnya.

Jika gear atau alat sudah siap untuk digunakan, maka untuk mengambil video cinematic bisa lebih mudah terkonsep oleh para konten kreator atau fotografi.

Sesi Pengambilan Video

Sesi Pengambilan

Selanjutnya, membuat video cinematic di HP yang sangat dianjurkan yaitu dengan memperhatikan sesi pengambilan video dari satiap sudut agar memiliki kesan berbeda.

Tahap ini memang mudah, namun banyak pelaku konten kreator yang mengambil video secara tidak terkonsep yang jelas atau sesuai dengan tema video.

Sehingga sangat diperlukan memperhatikan konsep agar angle yang terdapat didalam video cinematic terlihat menakjubkan ketika di post dalam akun sosial media.

Tutorial membuat video cinematic dalam segi pengambilan sebenarnya tergantung dari tema yang akan dikerjakan supaya tidak melenceng pada saat shoot di lapangan.

Didunia digital fotografi sekarang ini, banyak yang menggunakan teknik panning yang menggerakkan alat ke sisi berbagai sudut sehingga hanya arahnya saja yang berubah.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Yang Bagus di HP Android dan iPhone

Memperhatikan Proses Editing

Proses Editing

Langkah terakhir trik membuat video cinematic meskipun menggunakan HP atau seadanya yaitu memperhatikan proses editing dengan teliti dan mengikuti tema video.

Edit cinematic video memang tak semudah seperti jenis lainnya meskipun hanya berdurasi maksimal 4 menit karena effect, pencahayaan dan transisi yang digunakan harus sesuai.

Jika alat yang digunakan sudah bagus dan sesi pengambilan menakjubkan, belum tentu hasil dari video akan keren jika dalam proses editingnya tidak diperhatikan oleh para konten kreator.

Hal yang harus kalian perhatikan juga, slow motion merupakan jenis editing yang wajib dilakukan editing dengan lembut supaya video tetap asik di lihat meskipun lagu yang menjadi audio tidak sesuai dengan perpindahan timeline.

Tak hanya itu saja, kalian dalam memilih jenis aplikasi untuk mengedit video usahakan yang sudah berkelas seperti Adobe Primer, Sony Vegas, Filmora dan sejenis lainnya.

Supaya ketika melakukan render dan export hasil dari video tetap berkualitas dengan berukuran HD tanpa pecah meskipun di upload pada akun sosial media manapun.

Dengan mengikuti langkah diatas, video cinematic yang kalian inginkan menjadi keren dan cocok untuk diupload pada aplikasi sosial media di era digital seperti sekarang ini.

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration