3# Cara Mengatasi Kamera Depan dan Belakang Buram di HP Agar Jernih

Biasanya buram atau blur di kamera HP terjadi ketika kalian menggunakan smartphone keluaran lama atau ada yang menyebutnya HP jadul...

Mengatasi Kamera Depan dan Belakang Buram di HP Agar Jernih sebenarnya sangat mudah ketika tidak terkena benturan yang tajam ataupun jatuh dari dataran tinggi.

Hal seperti kamera buram, blur atau tidak jernih harus kalian hindari supaya hasil gambar foto dan video menjadi tidak noise ketika disimpan pada perangkat.

Disetiap kamera android atau iPhone memiliki fitur hingga megapixel yang membuktikan dari setiap pengambilannya, sehingga ketika mengalami error seperti buram dapat menjadi kerepotan.

Buram atau Blur yang terjadi di kamera HP menjadi tidak maksimal sehingga menjadi terkesan pada setiap gambar tidak menarik ketika dilihat pada galeri ataupun penyimpanan internal.

Cara Mengatasi Kamera HP Android dan iPhone Yang Buram Dengan Cepat

Cara Mengatasi Kamera Depan dan Belakang Buram di HP Agar Jernih

Kamera HP Android dan iPhone yang buram bisa disebabkan karena faktor seperti adanya kotoran yang menempel, terdapat minyak di lensa, case tambahan yang mengganggu hingga kualitas HP yang sudah terbatas.

Biasanya buram atau blur di kamera HP terjadi ketika kalian menggunakan smartphone keluaran lama atau ada yang menyebutnya HP jadul namun bisa dioperasikan pada era digital saat ini.

Buram atau tidak jernih di kamera HP bisa terjadi ketika kalian sedang mengaktifkan video call whatsapp, live streaming di instagram, facebook, tiktok dan aplikasi sosial media lainnya.

Berikut dibawah ini cara mengatasi kamera hp baik di depan atau belakang agar tidak buram, tidak jernih dan terjadi blur dengan cepat ketika sedang live atau video call. diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Mengatasi Mode Headset di HP Hilang Padahal Tidak Dipakai

Menggunakan Kain Lembut

Kain

Cara pertama yang paling ampuh dan cepat ketika mengalami kamera hp depan atau belakang yang buram yaitu menggunakan kain lembut dengan cara menggosoknya di bagian lensa.

Ketika kalian menggunakan kain lembut saat mengatasi kamera depan atau belakang di HP, silahkan oleskan terlebih dahulu dengan cairan alkohol atau minyak kayu putih agar bisa mem polesnya.

Pada saat kalian menggunakan kain lembut untuk membersihkan kamera yang buram dan blur, usahakan membersihkan di tempat yang tertutup atau outdoor agar prosesnya lebih mudah.

Menggunakan Hair Dryer

Hair Dryer

Selanjutnya, menggunakan hair dryer salah satu cara mengatasi kamera depan dan belakang buram karena air yang masuk di bagian perangkat HP android ataupun iPhone.

Umumnya, hair dryer merupakan alat yang dapat mengeringkan rambut yang cepat sehingga ketika di pasang pada kamera HP yang kotor apalagi terkena air dapat kembali pulih lagi seperti pada umumnya.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi Kamera

Cara perbaiki kamera blur atau buram di HP android dan iPhone tanpa harus ganti lensa yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang dapat dipasang pada perangkat sistem.

Aplikasi tambahan kamera yang terdapat di penelusuran google ada banyak jenisnya seperti B260, google camera, 360, selfie, beauty, retrica, vsco dan lain sebagainya secara gratis.

Sehingga kalian tak perlu lagi mengganti lensa dengan yang terbaru atau bahkan membeli smartphone lagi karena menggunakan aplikasi tambahan dapat membantu kamera depan atau belakang yang tidak jernih.

Dari beberapa tips dan cara diatas dapat kalian lakukan ketika kamera HP buram, blur, tidak jernih dengan cepat baik di android dan iPhone tanpa harus membongkarnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera HP Android Terbalik Sendiri

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration