Biografi Ra Lilur Waliyullah Jadab Yang Misterius di Bangkalan Madura

sebenarnya Ra Lilur merupakah sosok seorang wali yang kutu kitab yang tak pernah berhenti belajar kitab dikediamannya dan membaca Al - Qur'an dan...

KH Kholilurrahman atau yang dikenal dengan sebutan Ra Lilur seorang ulama atau waliyullah yang mulai banyak didatangi oleh seluruh warga sekitar hingga wilayah lain.

Biografi Ra Lilur tak lepas dari ulama' besar madura yaitu Mbah Kholil yang merupakan cicit atau cucu yang satu nasab. Beliau lahir 11 Agustus 1983 dan wafat pada selasa, 10 April 2018 sekitar 5tahun yang lalu.

Dhelem atau Tempat tinggal Ra Lilur berada di kawasan Desa Banyu Buneh Banjar dan Pakaan Dajah Kecamatan Galis di daerah selatan Kabupaten Bangkalan sekitar kurang lebih 40KM jarak yang ditempuh dari pusat kota.

Semasa hidupnya, banyak orang yang meminta tanggal atau hari pernikahan, obat alternatif dan petunjuk lainnya untuk hal kebaikan sehingga beliau juga dikenal dengan sebutan Guru mayoritas ulama' besar Indonesia.

Masyarakat sering menyebut Ra Lilur seorang maqom jadab karena memiliki tingkat keilmuan yang sangat istimewa yang berbeda dengan lainnya sehingga disebut waliyullah.

Sosok KH Kholilurrahman Yang Memiliki Banyak Karomah

Biografi Ra Lilur Waliyullah Jadab Yang Misterius di Bangkalan Madura

Kiai Madura yang satu ini dalam segi penampilannya jauh berbeda sekali dari kehidupan biasa karena sangat bersahaja dengan memaki celana pendek hitam, kaos putih singlet dan berkopyah putih sehingga banyak bergetar ketika melihatnya. ditambah wajahnya yang sering memancarkan Nur Ilahi

Semasa kehidupan beliau berkelana dari tempat yang satu ketempat yang lain dengan tidak peduli arti gemerlap karena tujuannya hanya kepada Allah S.W.T.

Bagi orang yang belum mengenalnya mungkin mengatakan gila atau tidak waras karena banyak perilakunya yang sangat aneh muncul di padangan wargan sekitar.

Banyak kejadian yang sudah terbukti, semasa hidupnya Ra Lilur tidak pernah memikirkan masalah duniawi dan hanya fokus cenderung kepada Allah S.W.T.

Sehingga beliau juga dikenal dengan seorang ulama' yang mampu meneropong sebuah masalah yang akan terjadi atau istilah dalam ilmu agama memiliki ilmu mukasafah.

Keajaiban Semasa Hidup Ra Lilur

Aneh tapi nyata, kehidupan yang dijalankan Ra Lilur semasa hidupnya banyak membuat orang pertanyaan. diantaranya sebagai berikut :

  • Ra Lilur pernah membakar pondok pesantren Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan yang waktu itu pengasuhnya KH Abdullah Schall. namun kejadian tersebut tidak membuatnya marah terhadapnya. Atas kejadia tersebut, pondok yang dibakar oleh Ra Lilur pada tahun 1979 yang lalu kini bangunannya mencapai 7 lantai. sehingga dilihar dari luar layaknya hotel atau banguanan megah hingga sekarang ini.
  • Menyembuhkan orang sakit yang hampir sekarat atau sakit stadium akut hanya dengan memberikan obat puyer.
  • Menyembuhkan penyakit yang menahun hanya dengan buah tiga kurma.
  • Menghentikan semburan lumpur lapindo yang sangat keras atau meresahkan warga sekitar.
  • Ditemukan tenggelam pada tengah laut, namun jasadnya masih hidup oleh nelayan yang berasal dari sepulu.
  • Menikah dengan wanita buruh yang ternyata keturunan dari kesultanan demak.
  • Menemukan sapi yang hilang berada di dalam goa.
  • Habib Ali Zainal Abidin yang merupakan ulama' sempat susah bertemu dengan beliau. Akan tetapi, setelah dibaca Al Fatihah Ra Lilur langsung muncul di hadapannya.
  • Ketika Ra Lilur sedang menangis tanpa ada sebbab, artinya ada ulama' atau waliyullah yang sedang wafat atau meninggal.

Dari beberapa kejadian ajaib dan aneh diatas, sebenarnya Ra Lilur merupakah sosok seorang wali yang kutu kitab yang tak pernah berhenti belajar kitab dikediamannya dan membaca Al - Qur'an dan berdzikir kepada allah apalagi dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Isyarat atau perlilaku yang dilakukan oleh Ra Lilur sebenaranya tidak datang dari keinginan pribai. Akan tetapi, kemungkinan besar datang langsung dari Allah yang merupakan titipan untuk disampaikan.

Baca Juga : Siapakah Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan ? Berikut Perjalanan Hidup Singkatnya

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration