5+ Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Yang Tidak Ada Suara

penyebab yang membuat panggilan whatsapp kalian tidak ada suara baik lawan bicara atau terkadang dari kita sendiri tidak dapat mendengar suaranya...

Panggilan WhatsApp Yang Tidak Ada Suara sering kali terjadi diseluruh pengguna yang sedang menggunaan aplikasi ini salah satunya ketika sedang telfon ataupun voice note.

Menggunakan aplikasi whatsapp untuk menelpon, sudah meenjadi kebiasaan oleh seluruh pengguna WA selain lebih mudah mengetahui on atau off nya biaya yang dibutuhkan cukup hemat dari pada menggunakan pulsa.

Akan tetapi, ada beberapa pengguna WA mengalami panggilan yang tidak ada suara ketika sedang nelfon atau ingin memulainnya sehingga menjadi terganggu pengguna yang ingin ditelfon.

Ada banyak penyebab yang membuat panggilan whatsapp kalian tidak ada suara baik lawan bicara atau terkadang dari kita sendiri tidak dapat mendengar suaranya. seperti speaker rusak, jaringan sedang lemah atau sejenis lainnya.

Telepon WhatsApp Tidak Ada Suara di Android dan iPhone, Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Yang Tidak Ada Suara

WhatsApp yang sudah menjadi pilihan aplikasi dari seluruh belahan dunia sebegai alat komunikasi seperti chatting hingga telfonan ke berbagi wilayah dengan mudah.

Sehingga ketika terjadi suatu masalah pada saat menggunakan aplikasi sudah menjadi hal biasa seperti tidak ada suara ketika menggunakan whatsapp dalam kegiatan online kalian.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan cara yang ampuh untuk mengatasi panggilan whatsapp yang tidak ada suara tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah terpasang di perangkat. diantaranya sebagai berikut :

Mengakktifkan Mikrofon Aplikasi

Mengaktifkan Mikrofon Aplikasi

Cara mengatasi telepon wa tidak ada suara di iPhone dan Android dengan mudah yaitu dengan mengaktifkan mikrofon di pengaturan izin aplikasi yang terpasang di perangkat.

Akses untuk mengaktifkan mikrofon di aplikasi sangat di perlukan sekali apalagi berurusan dengan hal suara seperti panggilan, voice note, rekaman dan hal lain sebagainya.

Pada saat membuka menu akses mikrofin untuk aplikasi wahtsapp, kalian izinkan semua ke hal seperti kamera, kontak, penyimpanan dan lain sebagainya agar aplikasi tidak terjadi kesalahan.

Membersihkan Speaker atau Mikrofon

Membersihan Speaker atau Mikrofon

Selanjutnya, membersihkan speaker atau mikrofon merupakan cara yang gampang untuk mengatasi panggilan whatsapp tidak ada suaranya bagi seluruh pengguna pada saat menggunakannya.

Speaker atau Mikrofon menjadi peranan penting ketika kalian sedang menggunakan aplikasi salah satunya whatsapp untuk panggilan suara, video call atau sejenis lainnya.

Dalam proses pembersihkan speaker atau mikrofon kalian harus menggunakan alat yang aman atau tidak merusk ke sistem lainnya sehingga buka mengatasi namun menambah masalah saja.

Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat

Kenapa suara kita tidak terdengar saat menelpon di whatsapp ? hal ini bisa disebabak karena jaringan yang ada di sekitar sedang lemah sehingga proses panggilan menjadi terganggu.

Untuk itu, silahkan aktifkan mode pesawat selama kurang lebih 5-15 meneit supaya jaringan bisa kembali normal seperti pada umumnya tanpa harus membeli paketan kuota internet lagi.

Pada saat mengaktfifkan mode pesawat ini, usahakan jangan membuka jenis aplikasi apapun di smartphone kalia. diamkan saja tanpa melakukan aktivitas supaya bisa berjalan dengan lancar.

Restart HP

Restart HP

Lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita di WA juga sering terjadi ketika melakukan panggilan atau video call lewat aplikasi whatsapp sehingga membuat terganggu.

Untuk itu, silahkan lakukan restart HP selama kurang lebih 10-30 menit dalam keadaan mati. setelah menghidupkan kembali, usahakan jangan langsung menghidupkan internet atau membuka aplikasi apapun.

Akan tetapi, diamkan selama kurang lebih 5 menit supaya jaringan atau perangkat bisa kembali pulih. istilah ini bisa dikatakan proses refresh tanpa harus melakukan reset.

Hapus Data Aplikasi

Hapus Data Aplikasi

Langkah terkahir untuk mengatasi panggilan whatsapp tidak ada suara yaitu dengan cara hapus data aplikasi di penyimpanan perangkat baik cache atau jenis data lainnya.

Sebenarnya, hapus data aplikasi harus kalian lakukan secara berkala setidaknya satu minggu sekali atau satu bulan dua kali supaya dalam penggunaan aplikasi tidak terganggu.

Dengan melakukan aktifkan mikrofon, membersihkan speaker atau mikrofon, aktifkan mode pesawat, Restart HP dan hapus data aplikasi panggilan whatsapp yang tidak ada suara bisa kembali normal kembali.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Menggunakan Kuota

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration