Kertas Macet di Printer ? Berikut Cara Mengatasinya

Mengatasi printer error di merek Canon, Epson, Hp dan Brother tidak ada bedanya meskipun fungsinya memiliki tujuan yang sama dalam proses percetakan..

Mengalami Kertas Macet di Printer atau error merupakan masalah yang sering terjadi ketika sedang mencetak tulisan atau gambar dalam bentuk banyak ataupun hanya sedikit.

Ada banyak penyebab sehingga printer yang kalian gunakan mengalami masalah seperti macet atau tidak muncul tulisan apapun didalam kertas yang berjalan didalam sistem.

Sehingga membuat kalian menjadi bingung atau bahkan panik bagaimana untuk mengatasi masalah pada printer macet di selang proses percetakan apalagi file yang dibutuhkan untuk hal-hal penting.

Printer memang sebuah alat yang sangat membantu dunia percetakan yang lebih efisien dan flesksibel dengan hasil yang lebih memuaskan karena sangat jelas pada sebuah kertas.

Cara Mengatasi Printer Macet Yang Mudah di Canon, Epson, Hp dan Brother

Kertas Macet di Printer ? Berikut Cara Mengatasinya

Printer macet bisa juga disebabkan karena kertas yang rusak atau printer error karena sudah merasa lelah setelah satu hari digunakan. hal ini bisa terjadi disebuah percetakan umum.

Mengatasi printer error di merek Canon, Epson, Hp dan Brother tidak ada bedanya meskipun fungsinya memiliki tujuan yang sama dalam proses percetakan dalam mengeprint sebuah kertas.

Printer macet di kertas pada saat cetak bisa terjadi kapan dan dimana saja apalagi roller atau kabel didalam printer terjadi kesalahan pada saat proses melakukan print.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan beberapa trik dan cara yang ampuh untuk mengatasi printer yang tidak bisa ngeprint tanpa harus membeli yan baru lagi. diantaranya sebagai berikut :

Cek Aplikasi atau Driver Printer

Aplikasi atau Driver Printer

Mengatasi printer error yang pertama yaitu dengan cara cek aplikasi atau driver printer yang terdapat didalam komputer kalian di bagian menu program.

Apabila aplikasi printer yang kalian gunakan sudah kadaluarsa, maka hal yang harus dilakukan dengan cara melakukan upgrade atau uinstall terlebih dahulu.

Untuk itu, silahkan lakukan pengecekan selama berkala atau mengaktifkan bagian nontifikasi di program apabila ada pembaharuan aplikasi atau driver.

Cek Kabel Printer

Kabel Printer

Langkah selanjutnya, mengatasi printer macet di semua merek yaitu dengan cara cek pada kabel yang masuk dibagian printer dan komputer secara teliti.

Jika kabel terjadi kerusakan seperti kena tekanan, tidak longgar atau bahkan putus maka printer tidak akan bisa melakukan proses percetakan seperti pada umumnya.

Cek Cartridge

Cartridge

Jika masalah masih berlanjut pada printer yang tidak bisa print yaitu dengan cek cartridge yang terdapat didalam printer kalian karena dikhawatirkan terjadi error seperti kejepit.

Cartride menjadi peranan penting pada saat proses melakukan print sehingga jangan lupa untuk melakuka pemeriksaan apalagi sedang mengeprint ratusan kertas yang tidak pernah berhenti.

Jika cartride yang terdapat didalam printer kalian megalami error, maka kertas akan menjadi macet meskipun komputer aman dari driver dan tinta sudah terisi penuh.

Dikarenakan Cartridge merupakan mesin percetakan yang nantinya melakukan proses gambar atau tulisan dari tintanya.

Cek Tinta

Tinta

Langkah terakhir untuk mengatasi kertas macet di printer yaitu dengan cara cek pada bagian tinta yang sedang kalian gunakan baik isinya ataupun tempat pemasangan printer.

Jika tinta yang kalian gunakan sudah habis, maka proses printing akan tidak bisa digunakan untuk mencetak meskipun hanya satu gambar atau tulisan saja. 

Selain itu, ada beberapa sebagian pengguna yang sering mengalami tempat pemasangan tinta yang sedang longgar dibagian kabel sehingga kertas menjadi macet.

Dari beberapa tips dan langkah cara diatas kertas macet di printer merek canon, epson dan hp dapat diperbaiki dengan mudah tanpa harus membeli yang baru lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Script Host Is Disabled Dengan Mudah (All Versi)

Baca Juga : Cara Menghubungkan Wifi Id di Laptop Windows 7 Yang Tidak Terhubung

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration