3+ Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris di Canon, Epson, Hp dan Brother

membersihkan cartridge, setting aplikasi atau driver dan isi ulang tinta maka hasil print bergaris akan kembali normal seperti pada umumnya...

Hasil Print Bergaris sering dialami oleh para pelajar, mahasiswa hingga para pembisnis ketika sedang mengeprint berbagai jenis dokumen baik ditempat umum atau pribadi.

Printer sebagai alat hardware menjadi pelengkap yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan mencetak dokumen baik file pekerjaan, tugas sekolah ataupun mencetak gambar.

Sehingga ketika terjadi masalah seperti hasil print bergaris atau tulisan blur menjadi hal yang wajar jika kalian tidak memahami prosedur dalam penggunaan yang satu ini.

Di era digital seperti sekarang ini, printer sering kali ditemukan mulai dari perusahaan besar, tempat sekolah dan bahkan tempat umum yang dijadikan sebagai bisnis menjanjikan dengan omset yang tak diragukan setiap perharinya.

Cara Memperbaiki Hasil Print Bergaris Tanpa Services

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris di Canon, Epson, Hp dan Brother

Hasil print bergaris dapat menjadi masalah yang harus kalian selesaikan dengan cara memperbaiki secara cepat dan detail agar bisa mendapatkan hasil yang normal pada hasil cetakan.

Pada umumnya, printer hanyalah alat yang hanya bisa mencetak dokumen berupa tulisan dan gampar saja. Namun, diera digital seperti sekarang ini sudah dapat melakukan proses scan hingga cetak foto dengan hasil yang berkualitas.

Dengan begitu, berbagai masalah yang terjadi di alat printer beraneka ragam yang muncul seperti halnya hasil print bergaris, muncul separuh atau bahkan bisa blur.

Untuk itu, dibawah ini penulis akan memberikan trik dan tips yang ampuh untuk mengatasi hasil print yang berbeda dengan seperti pada umumnya dengan mudah tanpa harus melakukan service. diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga : Ide Bisnis Yang Tidak Musiman dan Cepat Balik Modal

Membersihkan Cartridge

Cartridge

Langkah pertama untuk mengatasi hasil print bergaris dengan mudah yaitu dengan cara membersihkan cartridge yang menjadi komponen penting didalam printer untuk menghasilkan sebuah cetakan.

Biasanya, masalah ini kelihatan dari tinta yang telah mengumpul di bagian cartridge pada saat proses ngeprint sehingga hasil print bergaris atau menjadi rusak dengan berbagai jenis dokumen.

Untuk itu, silahkan membersihkan cratridge menggunakan kain yang harus atau sikat yang sudah memenuhi standarisasi dengan cara membongkar terlebih dahulu agar lebih mudah.

Setting Aplikasi atau Driver

Aplikasi atau Driver Printer

Selanjutnya, silahkan setting aplikasi atau driver printer kalian yang sudah terpasang di perangkat komputer baik merek canon, epson, hp dan brother dengan menyetel pada bagian fitur head cleaning.

Sebuah fitur yang dapat membersihkan alat hardware dengan menggunakan program komputer sendiri dengan catatan kalian harus melakukan pembaruan aplikasi atau driver terlebih dahulu sesuai merek yang digunakan untuk ngeprint. untuk caranya sebagai berikut :

  • Silahkan tekan tombol windows di keyboard atau menu di bagian pojok kiri bawah.
  • Selanjutnya, klik control panel pada halaman windows.
  • Menu Windows
  • Tunggu hingga akhirnya ditampilkan pada menu folder control panel.
  • Setelah itu, pilih menu devices and printers dibagian tab hardware and sound
  • Halaman Folder Hardware and Sound
  • Nantinya akan muncul jenis printer yang kalian gunakan di komputer atau laptop kalian.
  • Kemudian bukalah aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, klik bagian menu cleaning/deep cleaning pada halaman aplikasi.
  • Tunggu proses pembersihan yang dilakukan oleh aplikasi atau driver printer tersebut.
  • Selesai.

Silahkan ikuti beberapa langkah diatas untuk setting aplikasi atau driver yang terpasang di perangkat kalian supaya hasil print bergaris bisa kembali normal seperti pada umumnya.

Isi Ulang Tinta

Tinta Printer

Cara terakhir yang paling ampuh untuk mengatasi hasil print bergaris atau rusak yaitu dengan melakukan isi ulang tinta di printer yang kalian gunakan dengan cairan terbarunya.

Tinta salah satu alat penting yang terdapat didalam alat hardware untuk menghasilkan cetakan dokumen yang bagus dan berkualitas. jika tinta yang digunakan bermasalah maka hasilnya menyesuaikan juga.

Untuk itu, silahkan lakukan proses isi ulang tinta printer kalian dengan cairan baru yang belum pernah terpasang atau bukan bekas supaya hasil print bergaris menjadi hilang dan hasilnya memuaskan.

Sebenarnya, cara ini menjadi rahasia umum yang harus kalian ketahui apalagi telah melakukan proses cetakan dokumen yang melebihi batas maksimun dari printer itu sendiri.

Dengan membersihkan cartridge, setting aplikasi atau driver dan isi ulang tinta maka hasil print bergaris akan kembali normal seperti pada umumnya dengan hasil cetakan yang berkualitas.

Baca Juga : Kertas Macet di Printer ? Berikut Cara Mengatasinya

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration