Batik Tulis Tanjung Bumi Yang Masih Legendaris di Madura

kelebihan dari batik tulis khas tanjungbumi yang ada di Pulau Madura ini adalah ketika kain batik dicuci akan terlihat lebih cerah dengan catatan...

Batik Tulis Tanjung Bumi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang sedang bergelut di dunia bisnis batik khususnya di provinsi jawa timur karena corak dari motif jenis ini berbeda dengan wilayah lainnya.

Tanjung Bumi salah satu nama kecamatan di bagian pesisir utara kabupaten bangkalan yang merupakan pengrajin batik tulis terbesar khususnya di Pulau Madura karena banyak sekali sentra karya yang dihasilkan.

Jika kalian sedang mencari sentra batik tulis di Madura yang bagus dan cocok untuk dipakai pribadi, keluarga dan komunitas, Batik Tanjung Bumi salah satu pilihan yang tepat untuk dipakai.

Selain disebut dengan penghasil batik yang bersejarah, jenis batik yang ada di kecamatan tanjung bumi memiliki sejarah yang masih bertahan hingga sekarang ini karena motifnya yang tidak diragukan lagi.

Wisata Budaya Bangkalan di Kampung Batik Tulis Tanjung Bumi

Batik Tulis Tanjung Bumi Yang Masih Legendaris di Madura

Berbicara masalah batik merupakan kebanggaan tersendiri karena pernah menjadi karya budaya Indonesia yang masih tersohor hingga sampai ke luar negeri dengan motif yang sangat keren terhadap hasilnya.

Proses pembuatan Batik Tanjung Bumi ini memiliki kesan tersendiri karena hasilnya sangat detail dan keren sekali jika dipakai dalam kegiatan sehari-hari apalagi untuk acara wedding.

Banyak orang diluar sana yang jauh-jauh datang ke Wilayah Tanjung Bumi yang bertujuan tak lain untuk melihat produksi dan membeli Batik sebagai oleh-oleh dari Madura.

Batik Tanjung Bumi tak hanya dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan saja. Akan tetapi, diwilayah sana sudah diresmikan menjadi wisata budaya yang dikenal dengan sebutan kampung batik di Bangkalan.

Sejarah Batik Tanjung Bumi

Gerbang Batik Tulis Tanjung Bumi

Menurut info yang penulis dapat dari salah satu pengrajinnya, untuk sejarah Batik Tanjung Bumi sendiri ini berawal dari seorang istri nelayan yang sedang bosan atau kejenuhan menunggu suaminya yang pulang dari menangkap ikan dilaut.

Agar waktu luang tidak dibuang begitu saja, maka pada zaman dahulu kala para istri nelayan mengisi waktunya dengan melakukan karya budaya melukis dengan membatik dan hingga sekarang ini menjadi terkenal.

Baca Juga : Sejarah Sayyid Husein Assegaf (Makam Zimat Bangkalan)

Motif, Makna dan Ciri Khas Batik Tanjung Bumi

Motif, Makna dan Ciri Khas Batik Tanjung Bumi

Untuk ciri khas batik tanjung bumi ini memiliki banyak jenis yang dihasilkan oleh para pengrajin salah satunya adalah bernama gentongan dengan jenis warna yang cukup cerah yaitu merah.

Sehingga orang yang memakainya lebih terlihat wibawa karena proses pembuatannya sangat spesial dan dijadikan batik andalan orang Madura khususnya di wilayah pesisir.

Selain itu, motif batik tulis tanjung bumi ini terdapat gambar atau lukisan mulai dari panji susi, sik malaya, kembang randu dari tangkai atau daunnya, burung hong, daun mimba, kembang padi, bang pote, kembang gedang, kembang kopi, topak, lintrik, pal kapalan, pot potan, tasik malaya, buluh ajem, cengkeh, pajjer, cantil, sessek, sibasi, abangan, ompay, fruki melati, serraben. tasek, berna'an, ramok, amparan, manok, sokoh, tempal, bajit, kupu-kupu, mesabe, tar pote, kipasa-kipasan, kapor, ola'-ola'an, geje, cengret, kepyar, okel dan lain sebagainya.

Jadi jangan heran apabila harga yang ditawarkan bisa mencapai jutaan lebih oleh pengrajin batik tanjung bumi itu sendiri.

Untuk Makna Batik Tanjung Bumi yang jenis gentongan ini memiliki arti wadah atau tempat untuk menampung air yang diambil dari satu kata Gentong dalam bahasa madura.

Tak hanya itu saja, kelebihan dari batik tulis khas tanjungbumi yang ada di Pulau Madura ini adalah ketika kain batik dicuci akan terlihat lebih cerah dengan catatan jangan dijemur tepat dibawah sinar matahari.

Baca Juga : Lesehan Singgasana Tanjung Bumi Bangkalan Tempat Nongkrong YAng Asyik di Pinggir Pantai

Lokasi Batik Tanjung Bumi

Gapura Wilayah Batik Tanjung Bumi

Untuk lokasi Batik Tanjung Bumi yaitu berada di kabupaten Bangkalan tepatnya di bagian pesisir utara yang berjarak sekitar kurang lebih 40KM dari pusat kota dengan ditempuh menggunakan kendaraan umum atau tinggal klik saja maps dibawah ini:

Kalian tak perlu khawatir jika sudah sampai dilokasi ini, karena ketika sudah masuk ke gerbang masuk Tanjung Bumi sudah banyak orang atau pengrajin yang menjual batik.

Harga Batik Tanjung Bumi

Harga Batik Tanjung Bumi

Untuk harga batik tulis tanjung bumi beragam macam mulai dari 50.000 hingga 3.000.000 tergantung motif yang dipesan kepada pihak pengarjin batik. tambah banyak motif maka untuk harganya lumayan relatif mahal.

Baca Juga : Keindahan Pantai Siring Kemuning Tanjung Bumi di Bangkalan

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Jika kalian masih memiliki pertanyaan menganai batik tanjung bumi muali dari sejarah, ciri, makna, motif, lokasi, harga dan ingin melakukan pemesanan. silahkan klik link dibawah ini :

Batik Tanjung Bumi memang menjadi karya budaya khususnya di Pulau Madura yang legendaris dan bersejarah hingga sekarang ini.

Writing Illustration