Panduan TikTok Ads Terbaru 2023 Untuk Konten Kreator dan Bisnis

istilah TikTok Ads yang dapat meningkatkan populitas akun yang sedang menjalankan aplikasi dengan menyesuaikan konten yang di unggah.

TikTok Ads menjadi pilihan seluruh pengguna agar mendapatkana kunjungan yang lebih luas kepada pengikut atau pengguna lainnya secara meningkat.

Perkembangan aplikasi sosial media yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi apalagi di negara Indonesia yang memiliki jutaan lebih pengguna dari sabang hingga merauke.

Tak hanya itu saja, meskipun sempat di tutup pada beberapa tahun sebelumnya oleh pemerintah kominfo indonesia, Aplikasi TikTok masih dilirik karena video yang dihadirkan banyak memikat para pecinta media sosial.

Video yang terdapat didalam aplikasi tak hanya berisi edukasi saja, namun seperti sosial, lucu, bijak, religius dan hiburan singkat tersedia dan mudah ditemukan.

Sehingga muncul istilah TikTok Ads yang dapat meningkatkan populitas akun yang sedang menjalankan aplikasi dengan menyesuaikan konten yang di unggah.

Cara Memulai Iklan di TikTok Ads Dengan Mudah Yang Singkat

Panduan TikTok Ads Terbaru 2023 Untuk Konten Kreator dan Bisnis

Untuk budget atau biaya yang harus kalian persiapkan untuk memulai iklan lewat TikTok Ads mulai dari 100 ribu tergantung target atau sasarannya.

Karena pihak TikTok Ads Manager memberikan beberapa langkah yang harus dipenuhi dalam menjalankan iklannya.

Dengan populitasnya, menjadikan aplikasi TikTok menjadi peluang pembisnis untuk perkembangan marketingnya agar viral, meningkatkan dan dikenal oleh banyak orang dengan bantuan namanya TikTok Ads.

Untuk jumlah follower atau pengikut minimun supaya para konten kreator bisa pasang link yang berupa iklan dibagian video postingan yaitu 10.000 dengan catatan sudah melakukan proses monetisasi akun.

Sebelum kalian lanjut untuk hal pembahasan, silahkan pahami terkait apa aja yang terdapat di TikTok Ads itu sendiri.

Apa itu TikTok Ads ?

TikTok Ads

Sebuah program yang diberikan oleh aplikator kepada pengguna dalam menyediakan alat beriklan kepada pengguna serta ke jajaran seluruh dunia agar nantinya dikenal banyak pengguna.

Dengan adanya TikTok Ads, nantinya kamu dapat mengelola dan membuat iklan sesuai dengan konten atau target sasaran yang diinginkan kepada audiens global.

Tools yang ditawarkan oleh pihak aplikasi ini memang sangat membantu para pengguna dalam pemasangan iklan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

For example, untuk kalian pembisnis bisa menaikkan brand usaha yang sedang dijalankan salah satunya lewat TikTok Shop. untuk kalian model atau endorse bisa mendapatkan cuan lebih cepat kepada pengguna lain dan lain sebagainya.

Jenis Iklan di TikTok Ads

Jenis Iklan di TikTok Ads

Berikut dibawah ini beberapa jenis iklan yang terdapat di aplikasi TikTok yang dapat kalian pilih sesuai dengan konten yang kalian inginkan. dinataranya sebagai berikut :

1. In Feed Video

Sebuah iklan yang akan tampil di halaman FYP atau For You Page dengan tampilan video futuristik serta berupa link yang mengarah ke akun kalian.

2. Brand Takeover

Iklan di TikTok yang biasanya muncul pada pengguna baru yang mendaftarkan baik menggunakan kode undangan atau tidak. iklan ini akan tampil sekitar durasi kurang lebih 3 sampai 5 detik di awal pendafataran.

3. Branded Augmented Reality

Jenis iklan yang sering dikenal dengan sebutan AR ini merupakan ads yang memberikan kesan menghibur karena berupa filter atau meme kepada pengguna TikTok.

4. Top View Ads

Jika kalian ingin tampil pada puncak feed atau unggahan di aplikasi TikTok, jenis iklan ini sangat dibutuhkan sekalai untuk meningkatkan brand awareness.

5. Hastaq Challenge

Untuk jenis iklan TikTok yang terakhir yaitu bernama Hastaq Challenge yang merupakan TikTok Ads untuk tantangan dalam membuat video kepada pengguna lainnya.

Dari kelima jenis diatas, untuk harga tiktok ads menyesuaikan dengan target atau sasaran yang diinginkan oleh pengguna.

Cara Daftar dan Membuat TikTok Ads

Cara Daftar dan Membuat TikTok Ads

Setelah kalian mengetahui apa itu TikTok Ads dan jenis-jenisnya, silahkan simak postingan dibawah ini untuk mengetahui tata cara memulainya. diantaranya sebagai berikut :

  • Membuat akun TikTok di halaman ads manager dengan menulis TikTok For Business dihalaman web browser.

  • Setelah mendafatar, silahkan membuat campaign baru dengan menyesuaikan objectivies yang dapat kalian pilih. seperti reach, traffic, apps install, video views dan conversion.

  • Jika sudah, nantinya kalian akan diarahkan ke menu pengaturan Ad Group yang fungsinya untuk menentukan kapan iklan akan tampil dihalaman aplikasi dengan memilih tipe promosi, penempatan iklan, mengaktifkan automated creative optimization, memilih target audiens sesuai dengan karakteristik, memilih schedule atau penjadwalan sesuai opso budget dan memilih strategi bidding.

  • Untuk langkah selanjutnya yaitu dengan memasang TikTok Ads dengan memasukkan gambar baik berupa foto atau video dengan format yang sudah ditentukan.

  • Langkah terakhir yang harus kalian lakukan yaitu dengan melihat traffic dihalaman web TikTok For Business.

Dengan mengikuti beberapa panduan TikTok Ads diatas, maka akun TikTok yang kalian gunakan dapat cepat trending dengan yang sudah hits, menyampaikan kesan dan pesan dengan jelas dan menggunakan proses visul TikTok yang sangat menarik.

Sebenarnya, cara iklan di TikTok tak jauh berbeda dengan platform sosial media lainnya seperti facebook, instagram, youtube dan sejenis lainnya.

Karena untuk contoh iklan di TikTok sama-sama muncu dihalaman utama aplikasi atau istilah bagi tiktokers fyp.

Dengan hadirnya fitur iklan berbayar, layanan TikTok Ads banyak dimanfaatkan oleh seluruh pengguna terutama para seller TikTok Shop.

Baca Juga : Hastaq TikTok 2023 Yang Lagi Viral dan Tranding Masuk FYP

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration