2+ Cara Mengembalikan Barang di Shopee Tanpa Ribet (COD/NON COD)

Jika berbicara belanja online khususnya diaplikasi shopee, bahwa mengembalikan barang lebih dikenal dengan sebutan return...

Mengembalikan Barang di Shopee dapat di lakukan tanpa ribet dan dijamin sukses setelah kalian membaca postingan dibawah ini.

Dikarena penulis pernah mengalami sendiri beberapa bulan yang lalu. barang atau paket yang dibeli tidak sesuai dengan ekspetasi setelah diterima dari kurir.

Jika berbicara belanja online khususnya diaplikasi shopee, bahwa mengembalikan barang lebih dikenal dengan sebutan return.

Dimana nantinya barang akan dilakukan pengiriman ulang atau dananya dikembalikan yang nantinya masuk ke shopee pay.

Aplikasi shopee sudah menjadi pilihan banyak pengguna karena banyak sekali promo atau voucher yang ditawarkan baik kepada penjual atau pembeli salah satunya berupa gratis ongkir.

Dengan begitu, masalah akan tidak akan pernah lepas dengan perkembangan dunia jual beli online ini. dimana terkadang pembeli ingin mengembalikan barang kepada penjual karena alasannya tidak sesuai, salah chek out barang rusak, salah ukuran atau yang lainnya.

Cara Return Paket di Shopee Ke Penjual Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Barang di Shopee Tanpa Ribet (COD/NON COD)

Sebenarnya, return paket bisa ditukar dengan bentuk barang, yang nantinya penjual akan mengirim kembali kepada pembeli sesuai dengan alamat yang sudah digunakan pada akun profile.

Akan tetapi, ada beberapa syarat atau ketentuan yang harus dilakukan oleh penjual supaya proses pengembalian barang tersebut sukses atau diterima oleh pembeli dengan sesuai kesepakatan dalam chat.

Ada istilah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja, namun dalam urusan jual beli online salah satunya lewat shopee pembeli harus tetap mematuhi ketentuan atau prosedur yang diberikan oleh pihak aplikasi.

Ditambah lagi dengan adanya program pembayaran COD yang bisa bayar ditempat, sehingga dengan mudah sekali para pembeli atau pemilik akun melakukan checkout pesanan didalam aplikasi.

Tips dan Syarat Agar Approve Mengembalikan Barang di Shopee

Tips dan Syarat Agar Approve Mengembalikan Barang di Shopee

Sebelum kalian lanjut, untuk mengembalikan atau retur paket di shopee silahkan simak beberapa tips dan syarat yang harus kalian penuhi atau dilakukan dalam proses pesanan yang dibeli supaya alurnya bisa sukses dan tidak gagal. diantaranya sebagai berikut :

  • Jangan lupa melakukan video unboxing ketika paket diterima dari kurir pada saat membuka. apalagi barang atau paket yang kalian beli berbentuk barhal atau harga yang mahal sekali seperti HP, Kamera, Laptop dan lain sebagainya.
  • Pembeli dan penjual usahakan membuat atau melakukan kesepakatan, jika barang yang kalian pesan tidak sesuai lewat fitur chat pesanan.
  • Durasi pengiriman yang terdapat didalam resi paket harus kalian perhatikan atau di cek supaya proses pengembalian barang bisa approve atau disetujui.
  • Mengecek toko yang akan kalian beli mulai dari rating, komentar dan lainnya karena terkadang pihak toko menjual barang yang KW atau tipu-tipu. jika itu terjadi, maka proses pesanan barang yang di return lumayan susah diterima oleh pihak aplikasi.
  • Jika barang yang dipesan melakukan proses pembayaran NON COD, maka siapkan akun shopee pay agar proses pengembalian dana cepat di lakukan oleh pihak aplikator

Cara Mengembalikan atau Retur Paket di Shopee

Cara Mengembalikan atau Retur Paket di Shopee

Setelah kalian mengetahui apa hal yang harus dilakukan untuk mengembalikan paket di shopee, sebaenarnya paket atau barang yang kalian pesan di aplikasi shopee dapat dikembalikan melalui dua cara.

Untuk selengkapnya, silahkan ikuti cara dibawah ini untuk melakukan proses pengembalian paket. diantaranya sebagai berikut :

1. Mengembalikan Paket di Shopee  Lewat Aplikasi

Mengembalikan Barang Lewat Aplikasi

Jika kalian membeli barang atau paket dengan metode pembayaran NON COD, sebaiknya lakukan pengembalian lewat aplikasi. untuk caranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi seperti pada umumnya.
  • Pada halaman utama, klik menu saya dibawah sebelah kanan yang bericon orang
  • Kemudian, klik menu pesanan saya di folder beli.
  • Nantinya, kalian pilih menu Dikirim.
  • Silahkan pilih pesanan mana yang ingin kalian kembalikan ke penjual.
  • Pada bagian halaman ini, klik ajukan pengembalian yang ada dibagian bawah kiri.
  • Kemudian, kalian nantinya akan mengisi alasan mengapa dikembalikan.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya yaitu mengupload gambar berupa foto dan video.
  • Lalu, kalian memilih jasa pengiriman atau ekspedisi apa untuk digunakan.
  • Masukkan alamat email kalian.
  • Selesai.

Setelah melakukan proses pengajuan diatas, nantinya kalian tinggal menunggu respon dari penjual yang masuk pemberitahuan di email secara otomatis dan jika sudah approve tingga menuju ke lokasi baik di shopee express, j&t, jne atau sejenis lainnya.

Proses pengembalian paket lewat aplikasi, maka dana yang kalian telah keluarkan akan secara otomatis dihalaman shopee pay.

2. Mengembalikan Paket di Shopee Lewat Kurir

Mengembalikan Barang Lewat Kurir

Jika membeli barang dalam bentuk pembayaran COD, kalian bisa melakukan proses penolakan kepada kurir sesuai dengan alasan yang masuk akal supaya ketika untuk melaporkan ke pada pihak kantor bisa approve.

Dikarenakan metode ini, pnerima paket harus siap di foto oleh pihak kurir untuk dijadikan bahan bukti documentasi bahwa barang di tolak oleh penerima dilokasi pengantaran.

Jika tidak, maka proses pengembalian tidak bisa dilakukan karena alasan yang terdapat didalam aplikasi belum memenuhi syarat atau ketentuan yang berlaku oleh pihak yang terkait.

Dengan mengikuti prosedur pengembalian paket shopee lewat kurir, kalian tak perlu membayar uang kepada pihak kurir.

Akan tetapi, yang perlu dijadikan catatan untuk kalian usahakan memberikan jasa atau upah kepada kurir yang mengantarkannya dengan menghormati jasanya yang telah sampai dilokasi.

Dengan mengkuti kedua cara diatas, maka barang yang kalian beli di aplikasi shopee bisa dikembalikan dengan mudah tanpa ribet dan dijamin sukses karena penulis pernah melakuannya.

Baca Juga :  Cara Agar Dapat Gratis Ongkir di Shopee Untuk Pembeli

Sekian dan Terima Kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan atau masukkan silahkan klik komentar dibawah ini. semoga postingan diatas bermafaat bagi para pembaca.

Writing Illustration