8+ Bisinis Untuk Pelajar dan Mahasiswa Yang Cocok Dengan Modal Kecil

Seperti pepatah mengatakan "menyelam sambil mancari ikan". jika dikaitkan dengan bisnis, mencarilah pengalaman sambil mendapatkan penghasilan...

Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa terkadang menjadi pertimbangan yang harus di pikir santai dan lebih jauh untuk bisa mendapatkan omset yang tak dirugikan dalam kegiatan proses pembelajaran.

Sebenarnya untuk yang masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa, pengalaman memang lebih penting dari pada pendapatan (uang). Akan tetapi, kedua hal tersebut bisa kalian dapatkan secara bersamaan dengan catatan bisa mengatur waktu sebaik mungkin.

Seperti pepatah mengatakan "menyelamlah sambil mancari ikan" jika dikaitkan dengan dunia bisnis, mencarilah pengalaman sambil mendapatkan penghasilan supaya tidak ada yang di rugikan satu sama lain.

Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa dan Pelajar di Masa Pandemi 2022

Bisnis Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Rencana bisnis untuk mahasiswa dan pelajar harus dipersiapkan dengan matang. supaya tidak menggangu aktivitas pembelajaran di sekolah ataupun di kampus.

Di Indonesia dunia digital dan bisnis sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga mencapai jutaan rupiah setiap bulannya.

Berikut dibawah ini, beberapa bisnis atau usaha yang pernah saya jalankan selama kurang lebih 5 tahun dengan mencoba satu persatu:

1. Jual Pulsa dan Paket Data

Usaha yang satu ini mungkin untuk penghasilan tak sedikit banyak. akan tetapi jika kalian tetap pertahankan dan fokus meskipun untungya sekitar 1.000 hingga 3.000 menjual pulsa dan paketan data bisa menambah uang jajan dan tabungan.

Jual Pulsa dan Paket Data

Dengan bermodal mengisi saldo, kalian dapat melakuakn transaksi bisa secara online ataupun offline. tak hanya itu saja, terkadang banyak para pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan pulsa dan paket data yang secara mendadak dan ternyata konter sudah tutup.

Untuk itu, dengan bisnis atau usaha jual pulsa dan paketan data bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun ketika lokasi pelanggan jauh.

2. Ojek Online

Jika kalian ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang hanya bermodal bensin dan kendaraan, ojek online atau panggilan bisa dijadikan pilihan.

Ojek Online

Jika Gojek dan Grab ada beberapa persyaratan yang harus dibutuhkan dengan membuka ojek pribadi,  penghasilan kalian bisa bertambah.

Dikarenakan masih banyak mahasiswa dan pelajar yang berjalan kaki atau sedang menunggu taksi ketika menuju sekolah, kalian bisa menawarkan jasa ke teman-teman kelas, komunitas, ukm dan organisasi.

3. Tambal Ban Panggilan

Usaha dibidang kendaraan ini masih jarang orang yang memulainya, karena bisnis ini kalian harus mempelajari cara memperbaiki ban yang rusak atau bocor dan modal yang kalian butuhkan yaitu membeli alat tambal yang harganya tak lumayan besar juga.

Tambal Ban Panggilan

Selain membantu pengendara yang terkena musibah, kalian bisa menambah uang tabungan atau jajan yang mendapatkan keuntungan sekitar 4.000 - 7.000 sesuai dengan masalah ban dan lokasi pelanggan.

Karena banyak pelajar dan mahasiswa yang males untuk mendorong kendaraanya ketika sedang bocor atau rusak.

4. Freelancer Fotografi

Untuk kalian yang memiliki keahlian dalam mengambil gambar foto atau video, membuka jasa fotografi bisa menghasilkan uang yang lebih mudah.

Jika tidak memiliki kamera untuk membelinya, dengan menyewa atau rental ke tempat lain bisa kalian lakukan yang hanya bermodal skill saja.

Freelancer Fotografi

Sehingga kalian tak perlu lagi bingung ketika memiliki keahlian namun belum bisa membelinya. biasanya fotografer digunakan pada acar penting seperti acara event, tunangan, wedding, siraman dan pembuatan video konten kreator.

Untuk keuntungan yang akan kalian dapatkan bisa mencapai ratusan rupiah sekitar 200.000 hingga 700.000 dalam satu event.

Karena tak semua fotografi harus membutuhkan studio untuk mengambil jepret, karena diera kekinian sekarang ini banyak mengambil moment dengan suasana outdoor.

5. Jasa Editing

Jika tidak suka turun terjun kelapangan untuk mengambil shoot foto atau video, kalian cukup membuka jasa editing apabila mempunya keahlian.

Dengan bermodal laptop atau komputer, kalian bisa mendapatkan keuntungan sekitar 200.000 - 500.000 dalam satu proyek.

Jasa Editing

Karena terkadang ada beberapa fotografer yang sedang tidak sibuk dan tak sempat mengedit, sehingga masih membutuhkan jasa lain untuk mengeditnya.

Tak hanya itu saja, banyak beberapa instansi atau selebgram yang ingin meghasilkan foto yang bagus tapi belum bisa mengedit.

Untuk itu, jika kalian memiliki keahlian dalam mengedit gambar. jangan ragu atau disayangkan apabila tidak membuka jasa editing dengan harga yang murah namun hasil berkualitas.

6. Jasa Desain

Jasa yang satu ini harus memiliki skill yang kreatif dan menyajikan gambar yang mudah dibaca. maka dari itu bisnis desain akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar sekitar 50.000 - 500.000 tergantug dari permintaan klien.

Jasa Desain

Karena masih banyak instansi, cafe, para tokoh, komunitas dan sejenis lainnya yang membutuhkan gambar banner, pamflet, logo, mockup tapi tidak bisa mengoperasikan.

Kalian cukup bermodal laptop atau komputer untuk melakukan desain yang nampak indah dann bagus untuk dilihat oleh klien dan orang lain.

7. Menjadi Seorang Dropship

Bisnis terakhir bagi pelajar dan mahasiswa yang cocok yaitu menjadi seorang dropship di berbagai jenis bidang usaha orang lain.

Menjadi Seorang Dropship

Karena bisnis yang berjenis ini tak perlu memiliki modal uang untuk mendapatkan penghasilan, cukup menjual produk orang lain dengan untung bagi hasil dalam setiap pembelian.

Dropship juga sudah mulai banyak tersedia di beberapa online shop seperti tokopedia, bukalapak, zalora dan shopee. serta kalian bisa menawarkan ke outlet terbuka yang membutuhkan marketting freelance yang bisa dipanggil kapanpun dan siap bekerja bila ada orderan.

8. Menjadi Penulis

Mempunyai skill berpikir atau membuat artikel berbagai macam jenis, menjadi penulis menambah pendapatan keuangan yang dengan mudah.

Kalian bisa bermodal laptop untuk menulis di word atau bermodal pensil untuk menulis kertas. dalam segi penulisan biasanya ditarif sekitar 50.000 dengan 200 kata.

Menjadi Penulis

Jika kalian menulis hingga berlembar-lembar, maka uang yang dihasilkan akan lebih banyak dengan mengetik tulisan.

Untuk itu, jangan kalian biarkan peluang bisnis yang menjanjikan ini ditinggalkan jika ingin bisnis tanpa modal.

Jika sudah memiliki skill yang meningkat dalam dunia digital, dengan menulis lewat webiste atau situs orang lain akan mendapatkan penghasilan yang mencapai hingga berjuta-juta dalam satu bulan.

Link Gambar IJ

Dari beberapa delapan bisnis atau usaha diatas, sudah pernah saya lakukan satu persatu ketika sedang melakukan study kuliah.

Bagi kalian yang sedang mencari bisnis, silahkan pilih sesuai dengan kriteria dan skill yang dimiliki nya. sehingga menambah uang tabungan ketika selesai study dan tentunya tidak mengganggu aktivitas pembelajaran.

Penutup

Itulah bisnis untuk pelajar dan mahasiswa yang cocok dengan modal kecil dan skill yang kreatf. sehingga untuk uang jajan dan kebutuhan lain tidak tergantung dari orang tua saja.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai bisnis untuk pelajar dan mahasiswa bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration