Informasi Umroh dan Haji Terbaru 2022 Dari Arab Saudi

Bahwasannya pihak kementrian agama (kemenag) indonesia melakukan lobi dengan para duta arab saudi terkait pemberangkatan para jamaah asal indonesia.
News ibnujacky - penyelenggaraan umroh dan haji asal indonesia masih tertunda hingga sekarang ini. sekitar kurang lebih 2 tahun belum ada kabar untuk kepastiannnya . 

Alasan yang paling utama mengapa masih belum di pembrangkatan karena adanya pandemi covid 19 yang masih melanda hingga seluruh dunia. di khawatirkan akan terancam untuk kesehatan, keamanan dan keselamtan bagi jamaah haji dan umroh.

Karena melihat dari ajaran islam yang berisi menjaga jiwa harus dijadikan landasan dasar dalam menentukan hukum atau suatu kebijakan. karena pemerintah menjadi tanggung jawab untuk melindungi dan menjaga warga negara secara baik.

Tak hanya itu saja, dari pihak arab saudi sendiri masih melakukan proses pertimbangan agar penyelenggaran ibadah haji dan umroh di indonesia bisa terlaksana.

Sehingga dalam awal tahun 2022 ini. informasi umroh dan haji akan segera diumumkan terkait tindak lanjutnya.

Sehingga ada informasi yang menyatakan bahwasannya uang yang menjadi setoran baik lewat jalur khusus atau regular bisa diminta kembali oleh jemaah atau bisa tetap berada di tangah BPKH.

Jamaah Umroh dan Haji di Indonesia Akan Segera di Laksanakan

Kabarnya Retno Marsudi selaku menteri luar negeri mengatakan dalam pencataan penanganan covid 19 di indonesia sudah semakin baik. sehingga akan di kabarkan membuka pintu bagi jamaah umroh dan haji.

Dikutip pada halaman resmi kemenag pada september 2021 menyatakan:
Bahwasannya pihak kementrian agama (kemenag) indonesia melakukan lobi dengan para duta arab saudi terkait pemberangkatan para jamaah asal indonesia.

Para calon jamaah umroh dan haji asal indonesia dalam waktu dekat akan melakukan penyelenggaran. setelah indonesia dan kerjaan duta arab saudi sudah menandatangani nota diplomatika pada oktober 2021 membuka ke negara tersebut.

Dalam nota diplomatikan tersebut berisi bahwasannya kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan menjelaskan untuk seluruh jamaah akan berkaitan dengan vaksin agar bisa masuk. dilanjut dalam nota tersebut bahwa jamaah wajib melakukan karantina kurang lebih sekitar 15 hari apabila tidak memenuhi standart kesehatan yang di syaratkan.

Atas kebijakan tersebut telah di tetapkan setelah para kedutaan arab saudi menyebutkan telah menerima informasi dari pihak yang berkompenten di kerajaan arab saudi terkait pengaturan di mulainya kembali penyelenggaraan umroh dan dan haji.

Yang menjadi kendala mengapa jamaah indonesia masih tertunda akan keberangkatan sejak februari 2021 karena manyoritas menggunakan vaksin sinovac.

Akan tetapi, semenjak WHO memasukan jenis vaksin tersebut dalam daftarnya seperti vaksin model astrazaneca, pfizer dan moderna. para jamaah umroh dan haji asal indonesia akan kembali terbuka.

Dikutip dalam halama resmi kontan menjelaskan:
Untuk jamaah umroh dan haji di indonesia akan segera di buka kembali, setelah pmerintah menerima informasi yang resmi lagi dari kerajaan arab saudi. maka dari itu, kemenag indonesia masih melakukan komunikasi dengan baik dengan arab saudi mengenai kesiapan atau kebijakan apa yang diberikan oleh pihak sana.

Selain itu, kementerian agama indonesia masih melakukan proses mitigasi mengenai kesiapan para seluruh calon jamaah untuk pemberangkatan dan dikabarkan akan ada kenaikan khusus sejumlah 30% dengan kondisi pada umumnya.

Karena meihat masih dalam kondisi pandemi covid 19. maka pemerintah memutuskan berdasarkan surat yang sudah tertera pada no.777 tahun 2020.

Bagi pelaku usaha biro perjalanan menuju umroh dan haji diharapkan untuk mempersiapkan para data jamaah yang sudah memenuhi syarat dan kebijakan. agar pada nantinya bila ada informasi yang resmi dari pihak arab saudi tidak tertunda lagi perihal pemberangkatan.

Untuk para jamaah umroh dan haji di indonesia, kini ada ketentuan dan aturan yang baru agar proses pelaksanaanya bisa berjalan sesuai ekspetasi dan tidak ada halangan yang menjadi hambatan.
Penutup
Itulah informasi umroh dan haji terbaru 2022 dari arab saudi ke pemerintah indonesia yang dikutip dari beberapa kabar berita media indonesia yang terupdate.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan terkait umroh dan haji bisa bermanfaat dan bisa diselenggarakan kembali seperti pada umumnya.

Sumber berita dan informasi :
  • prfmnews.pikiran-rakyat.com
  • nasional.kompas.com
  • cbncindoesia.com
  • kontan.co.id
Writing Illustration