2 Cara Menyimpan Semua File di Google Drive Yang Mudah

Tak hanya lewat ponsel saja, kalian bisa menggunakan google drive di versi desktop seperti komputer dan laptop...
Tekno ibnujacky - bagiamana cara meyimpan file di google drive? itulah beberapa pertanyaan yang mulai banyak di cari oleh orang di penelusuran google. karena perkembangan teknologi kini semakin hari meningkat sangat cepat.

Google drive merupakan platform yang menyimpan beberapa file berupa foto, video, musik, document dan berbagai jenis lainnya yang hanya bisa digunakan secara online. 

Penggunan punya kapasitas penyimpanan 15 GB secara gratis dan aman meskipun sudah lama tidak dibuka. dengan catatan harus tetap ingat email dan kata sandinya.

Jika ingin memilki kapasaitas yang unlimited di google drive, kalian harus melakukan upgrade account dengan cara berbayar secara bulanan dan tahunan.

Layanan ini resmi diluncurkan pada tahun 2012 yang lalu oleh google sendiri yakni larry page. dimana sistem operasinya sama dengan layanan onedrive, dropbox dan cloud storage. 

Lalu bagaimana cara masuk ke akun google drive?... kalian tingga buka saja web drive.google.com atau langsung menyimpan aplikasi yang sudah ada di google play store. Akan tetapi, kalian harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu untuk bisa masuk ke halaman google drive.

Cara Mengunduh Banyak File Google Drive

Tak hanya menggunakan hp saja, kalian bisa mengakses google drive di versi desktop seperti komputer dan laptop. yang membuat tampilan lebih besar.

Google drive memiliki fungsi untuk para penggunanya, dimana dapat menyimpan file, berbagi file, edit file dan memasukan backup data.

Selain itu, manfaat adanya platform ini sangat berguna bagi kalangan peajar, mahasiswa dan pembisnis yang membutuhkan ruang penyimpanan yang aman dan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.

Didalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang keren dan canggih seperti sharing & privasi, kapasitas penyimpanan, search file, fitur penerjamah dokumen, convert pd to text, revision history dan integrasi dengan produk lain.

Jika file yang kalian unduh berupa folder akan bertuliskan drive.google.com/folder dan jika berupa seperti microsoft word, excel, ppt akan bertuliskan docs.google.com/document.

Sebelum lanjut,jika kalian mengunduh dengan menggunakan akun drive orang lain, maka harus memiliki link untuk membuka pada nantinya. Akan tetapi, jika ingin mengunduh langsug lewat akun pribadi tingga buka saja halaman web browser google drive.

Berikut cara mengunduh file di google drive lewat HP dan laptop dengan mudah dan data dijamin aman dan tidak hilang:

Menyimpan Semua File di Google Drive Lewat Laptop

Pada tulisa artikel di atas, sudah saya sebutkan dengan cara menggunakan 2 metode. dimana yang pertama adalah  menyimpan file di google drive lewat laptop atau komputer.

1. Buka google drive
Pertama, silahkan kalian pergi ke web google drive di halaman website laptop yang kalian gunakan > klik buka drive anda pada pojok kanan atas atau klik link apabila dari google drive orang lain. (gambar 1.1).

gambar 1.1

2. Halaman gooogle drive
Jika sudah masuk pada halaman ini, klik saja folder tersebut atau klik kanan pada mouse > lalu pilih unduh pada halaman konfirmasi. (gambar 1.2).

gambar 2.1

3. Proses pengunduha
Silahkan liat pada layar dibawah. jika ada tulisan menyiapkan pengunduhan dan membuat file zip pada folder tersebut, tunggulah sampai ada menu loading berjalan. (gambar 1.3).

gambar 1.3

4. Selesai
Jika sudah, maka kalian akan ada konfirmasi utuk penyimpanan file tersebut. biasanya tersimpan pada folder locla disk c atau document pada laptop. (gambar 1.4).

gambar 1.4

File tersebut akan berbentuk seperti zip atau winrar. supaya lebih mudah untuk membukanya, silahkan esktrak terlebih dahulu file tersebut dengan klik kanan pada maouse atau router kalian.

Mengunduh Semua File di Google Drive Lewat HP

Setelah kalian sukses mengunduh file lewat laptop. cara yang kedua ini menggunakan hp atau ponsel yang kalian gunakan. jadi, jangan khawatir akan tidak bisa mengaksesnya.  pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang ampuh untuk menyimpan file google drive hp tanpa aplikasi.

1. Buka google drive
Langkah pertama silahkan kalian klik link yang ingin di unduh atau masuk saja ke halaman web browser google drive jika ada di akun sendiri. (gambar 2.1).

gambar 2.1

Jika ingin mengunduh semua file, jangan menggunakan aplikasi google drive. karena pada platform tersebut tidak ada fitur kompres atau mengunduh semua file hanya bisa dilakukan secara manual yaitu sat persatu.

Pada kesempatan kali ini, saya menggunakan web browser google chrome. karena bagi saya probadi, pengoperasiannya sangat mudah dan nyaman.

2. Halaman google drive 
Pada halaman ini, kalian klik icon titik tiga pada pojok kanan atas > lalu klik situs desktop dengan memberi contreng warna biru. (gambar 2.2).

gambar 2.2

3. Kembali ke halaman google drive
Jika sudah, maka secara otomatis akan kembali ke halaman sebelumnya. klik saja file yang ingin di unduh > lalu pilih unduh yang ada di bawah layar konfirmasi. (gambar 2.3).

gambar 2.3

4. Proses pengunduhan
Silahkan liat pada layar bawah hp kalian, jika ada tulisan menyiapkan pengunduhan dan membuat file zip pada laman konfirmasi, maka tunggulah karena masih proses loading pengunduhan. (gambar 2.4).

gambar 2.4

5. Selesai
Jika sudah, maka akan masuk secara otomatis pada file manger kalian. biasaya ada di folder unduh yang berbentuk file zip atau winrar. (gambar 2.5).

gambar 2.5

Silhakan buka folder tersebut, dengan cara mengestrak, agar bisa dibuka pada nantinya di ponsel. karena terkadang file zip atau winrar tidak bisa digunakan pada semua ponsel.

Cara diatas sangat mudah sekali untuk kalian praktekan. dengan menyimpan atau mengunduh semua file google drive, membuat pengguna tidak melakukan secara manual atau satu persatu.

Nah gimana caranya?
Cukup mudah bukan, jika masih kebingungan atau ada hal yang ingin dipertanyakan silahkan tulis pada kolom komentar atau lewat kontak pada hom wbsite ini.
Penutup 
Itulah cara menyimpan semua file di google drive yang mudah digunakan oleh pengguna akun gmail secara gratis.

Gooogle drive tak hanya digunakan untuk menyimpan dan mengunduh saja, namun pengguna gmail bisa menggunakan platform untuk mengiri file dalam  bentuk apapun ke pengguna lainnya.

Tak hnaya ke bagikan ke satu pengguna saja, melainkan bisa lebih dari satu bahakn ratusan dengan cara mengirim lewat akun gmail dan membagikan link atau tautannya.

Sekian dan terimakasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai google drive diatas bermanfaat dan bisa digunakan oleh pembaca.
Writing Illustration