Cara Membuat Kopi Ijo Khas Tulungagung dan Harganya

adanya kopi ijo ini tak lepas dari sebuah budaya batik yang melukisnya menggunakan ampas kopi dengan puntung rokok.
Jika kalian sedang liburan ke tulungagung, namun belum merasakan kuliner minuman yang sangat legendaris di nusantara yaitu kopi ijo, layaknya kurang lengkap dan sangat disayangkan sekali karena rasa dan aroma yang disajikan begitu nikmat.

Tulungagung merupakan kabupaten yang terdapat di provinsi jawa timur. wilayah ini termasuk penghasil marmer terbesar di Indonesia. sehingga julukannya terkenal dengan sebutan kota marmer.

Kopi Ijo, Minuman Khas Tulungangung

Manfaat, Harga dan Cara Membuat Kopi Ijo Tulungagung

Tak hanya itu saja, tulungangung memiliki beragam macam kuliner yang wajib kalian coba salah satunya yang menjadi ciri khas adalah kopi ijo.

Jadi, apabila kalian sedang liburan ke tulungagung jangan lupa mampir untuk memastikan minuman yang menjadi populer dan terkenal ini.

Apa itu Kopi Ijo?

Sebuah minuman khas tulungagung yang banyak dikenal oleh wilayah lainnya. karena dari namanya saja banyak orang bertanya-tanya.

Aslinya, kopi ijo sejenis racikan biasa yang proses pembuatannya dicampur dengan kacang hijau dengan digiling secara bersamaan. warnanya pada kopi ijo ini berupa hitam yang kehijauan.

Kopi Ijo Tulungagung

Kopi ijo, tak hanya kopi hitam saja melainkan juga terdapat kopi susu ijo yang ditambah susu di atasnya atau yang dikenal dengan istilah seperti sekarang ini yakni topping. 

Minuman unik tulungagung ini  terletak pada proses penyangraiannya yang berbeda dengan kopi lainnya. 

Dari beberapa informasi, adanya kopi ijo ini tak lepas dari sebuah budaya batik yang melukisnya menggunakan ampas kopi dengan puntung rokok. 

Sehingga kopi ijo ini selain menjadi hidangan yang sudah melekat di wilayah sana, menjadikan oleh-oleh yang harus dibawa ketika singgah.

Harga Kopi Ijo Tulungagung

Ketika mencari kopi ijo, hampir disetiap warung-warung yang ada di tulungagung menjual. Akan tetapi, di tulungagung ada salah satu warung yang terkenal dan legendaris yang tak pernah sepi pengunjung yakni Warung Kopi Waris Tulungagung.

Warung Depan Alun-Alun Tulungagung

Warung ini merupakan tempat yang sudah menjadi ahli waring yang sudah turun menurun sejak tahun 1900-an oleh sanak familynya. sehingga sekarang menjadi produksi terkenal.

Untuk harga kopi ijo tulungagung mulai dari segelas maupun bubuk adalah sebagai berikut:
  • 10.000 - 40.000 Tergantung gram
  • 05.000 Segelas kopi ijo
  • 08.000 Segelas kopi susu

Manfaat dan Khasiat Kopi Ijo Tulungagung

Keunikan lainnya yang terdapat pada menu ini ada terdapat beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-harinya dan sangat aman untuk di konsumsi untuk kesehatan:
  • Awet muda dengan menghambat proses penuaan
  • Menurunkan berat badan dengan zat efek antioksida
  • Menghambat penumpukan lemak
  • Mengendalikan pada tekanan darah
  • Meningkatkan fokus pada kerja otak
  • Dapat menambah tenaga pada energi ketika sedang capek atau lesu
  • Untuk diet karena mengandung senyawa asam klorogenat

Cara Membuat dan Komposisi Kopi Ijo Tulungagung

Mudah dan cepat bagi kalian yang sedang ingin membuat green coffee khas tulungagung ini, berikut beberapa cara yang dapat kalian coba:
  • Menyiapkan kopi dan kacang hijau yang masih kering atau mentah
  • Lalu kedua bahan tersebut dicuci hingga bersih dengan menggunakan air biasa
  • Jika sudah, maka kalian siapakan air hangat untuk merebusnya dengan cara bersamaan hingga sampai mendidih.
  • Lalu diamkan, agar bisa menyatu.
  • Langkah selanjutnya, saring untuk membuang airnya.
  • Selesai
Dari beberapa komponen utama pada kopi ijo ini merupakan minuman tradisional yang masih diperthankan hingga pada tahun 2000-an ini.

Maka dari itu, meskipun kalian belum sempat merasakan langsung di kota marmer ini. bisa kalian order lewat marketplace atau membuat sendiri dirumah masing-masing.

Penutup
Itulah cara membuat kopi ijo khas tulungagug dan harganya yang bisa kalian jadikan pilihan ketika sedang liburan ke kabupaten tulungagung. karena di wilayah ini mulai banyak warung kopi ijo tulungagung yang legendaris salah satunya ada kopi ijo mak tin.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai kopi ijo tulungagung bemrmanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration