Wisata Religi Jember di Masjid Roudhotul Muchlisin

Wisata Religi Jember yang keren bernuasana agamis ini bekonsep seperti layaknya bangunan mewah dan megah untuk dijadikan tempat ibadah bagi muslim...

Jember merupakan kabupaten yang terdapat di Jawa Timur yang berada di daerah Tapal Kuda, terdapat destinasi wisata yang tak kalah indah untuk dikunjungi salah satunya Wisata Alam Pantai Papuma Jember yang terletak di daerah laut selatan.

Namun, Jember juga memiliki tempat yang sangat keren, yang tak akan mengecewakan pengunjung untuk singgah yakni sebuah tempat ibadah yang layaknya seperti di Timur Tengah yang terletak di daerah jantung kota yaitu Masjid Roudhotul Muchlisin.

Pemilik Masjid Roudhotul Muchlisin Jember adalah hendy siswanto yang merupakan seorang pemiliki Rien Colloectio terkenal di wilayah jember.

Gambar Masjid Masjid Roudhotul Muchlisin

Masjid Roudhotul Muchlisin

Wisata Religi Jember yang keren bernuasana agamis ini bekonsep seperti layaknya bangunan mewah dan megah untuk dijadikan tempat ibadah bagi muslim.

Namun tak lepas dari itu, pengunjung yang datang juga dari non muslim yang ingin melihat suasana ibadah yang berbeda dengan seperti pada umumnya.

Suasana dan Sejarah Masjid Masjid Roudhotul Muchlisin

Nama dari masjid ini memiliki makna yang luar biasa dan keren yaitu "Taman Orang Yang Ikhlas".  Setiap harinya kian meningkat dan tak pernah sepi, Bahkan setiap harinya sampai berisi ratusan orang apalagi menjelang sore hingga malam pada hari wekend.

Suasana Bagian Luar

Masjid ini selalu ada kegiatan untuk meramaikan seperti sholat berjamaah, mengaji bareng dan lain sebagainya yang kerap dikunjungi warga Jember atau luar kota.

Keberadaan masjid ini sering kali dijadikan rest area bagi yang hendak beristirahat ketika sedang berada di Jember.

Selain digunakan untuk beribadah, tempat ini Di dalam kompleks masjid juga tersedia pujasera yang menjual menu makanan minuman dan lahan parkir yang sangat luas. 

Masjid ini telah berulang kali direnovasi yang mulai dibangun pada tahun 1978, dan sempat dimulai kembali pada tahun 2009.

Sehingga pada tahun 2016 masjid ini masjid kembali direnovasi secara total untuk bisa megah dan sebesar sekarang.

Proses pembangunan dilakukan secara cepat dengan melibatkan ratusan pekerja. Bahkan dikerjakan siang dan malam secara bergantian hingga diresmikannya masjid ini pada tahun 2017.  

Suasana Bagian Luar

Masjid Raudlatul Muchlisin dapat dukungan penuh dari Pemerintahan Kabupaten Jember, Sehingga diresmikannya oleh Tokoh besar Indonesia yaitu KH Ma'ruf Amin yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Masjid Raudlatul Muchlisin di Kabupaten Jember yang memiliki aristektur yang terkesan futuristik dengan perpaduan Turki dan Madinah sehingga sering kali di sebut dengan ikon Wisata Religi Jember.

Tempat ibadah yang unik di Kabupaten Jember ini bermodel bangunan masjid ini terinspirasi dari masjid Turki dan mahkotanya juga identik seperti di Madinah. Kapasitas masjid ini mampu menampung sekitar kurang lebih 3.000 jamaah.

Suasana Bagian Dalam

Ketika kalian memasuki masjid ini, terdapat beberapa Kaligrafi ayat-ayat Al Quran yang menghiasi hampir seluruh dinding masjid tersebut, Di tembok bagian depan yang membentang persegi dipenuhi dan dihiasi oleh kaligrafi berupa surat Ar-Rahman dan Al-Waqiah dan kemudian disusul dengan surat-surat pendek hingga nama-nama Allah yaitu Asmaul Husna. 

Warna yang terdapat di Kaligrafi itu memiliki perpaduan warna kuning keemasan dan jingga. di Bangunan Pilar masjid ini terbuat dari keramik yang menghiasi dengan lebih nampak memperindah bangunan ornament layaknya istana. Bahkan, menara juga dihiasi kaligrafi ayat Al Quran di Masjid Raudlatul Muchlisin. Sehingga Daya tarik yang cukup kuat dari masjid ini adalah kaligrafi yang menghiasi hampir seluruh dindingnya.

Suasana yang terdapat di tempat ibadah ini semakin kental karena terdapat beberapa pohon kurma di halaman masjid. sehingga sangat merasakan sekali sensasi beribadah seperti berada di Timur Tengah. ditambah dengan di depan pintu masuk masjid juga terdapat air mancur dan  berhiaskan lampu warna-warni ketika menjelang malam tiba.

photo by_ (instagram @rudi8445)

Sebagian besar orang yang datang kesini datang untuk beribadah dan sisanya ada yang hanya berisitirahat dan menikmati kemegahan masjid ini dengan hunting foto tanpa haruse ke negara luar dengan catatan tetap menjaga aurat seperti dalam agama Islam. Bahkan tidak sedkit juga masjid ini didatangi oleh non muslim hingga mancanegara.

Keamanan yang terdapat disini selain penjagaan yang ketat, juga terpasang CCTV di titik seputaran masjid. Jadi, keberadaan masjid ini bisa semakin memberi manfaat kepada masyarakat. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga bisa member nilai lebih, yakni sebagai tempat wisata religi di Jember.

Selain itu, Masjid Raudlatul Muchlisin juga digunakan untuk acara akad nikah dan kajian-kajian keislaman dan syiar agama. 

Lokasi Masjid Roudhotul Muchlisin Jember

Untuk alamat masjid jember yang terkenal di kota berada di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Silahkan klik saja google maps diatas untuk kalian yang ingin singgah atau ibadah ke Masjid Roudhotul Muchlisin yang berada dijantung kota jember.

Baca Juga : Wisata Religi Madura

Writing Illustration