Tugu Ngayogyakarta Sebuah Icon Dari Kota Jogja

Deskripsi Tugu Ngayogyakarta

Tugu yang berdiri ditengah jalan ini mempunyai nilai simbolis yang bersifat inspirasi sejarah keraton jogja karena menghubungkan beberapa destinasi yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Terletak di perempatan Jalan Soedirman, Jalan Diponegoro, Jalan Mangkubumi dan Jalan A.M Sangaji.


Tugu ini juga sering dikenal dengan sebutan Tugu Pal Putih karena warna yang digunakan di bangunan berwarna putih. 

Konon Sultan Yogyakarta menggunakan Tugu ini sebagai Patokan melihat puncak Gunung Merapi yang di kenal dengan julukan Garis Imajiner Yogyakarta. 

Tugu ini hampir berumur sekitar 3 abad sejak tahun 1755 sejak berdirinya keraton jogja yang memiliki makna persatuan atau perlawanan rakyat dalam melawan penjajah. 

Obyek Tugu Ngayogyakarta

Tempat ini menjadi destinasi menarik bagi para pengunjung yang sedang keliling ke daerah istimewa karena pesona yang terdapat di Tugu ini begitu memukau dan keren. 

Ketika pagi hari tiba nuansa di icon ini begitu bagus karena kurangnya kendaraan yang berjalan dan suasana yang segar karena menampakkan ke Tugu ini lebih mengenang filosofi penjajahan. 


Bagi yang suka keramaian datanglah ketika malam hari, karena ketika waktu tersebut tugu ini begitu ramai baik dari masyarakat sekitar maupun para pengunjung di area sekitar. 

Ada yang hanya sekedar nongkrong, berjualan bebrapa kuliner khas jogja hingga mengabadikan moment ditempat ini begitu cantik, indah dan keren 





Writing Illustration