24# Tempat Bukber di Surabaya Sambil Ngabuburit (Update 2024)

BukBer dan Ngabuburit sudah menjadi bahasa yang trending ketika sudah menjelang ramadhan di setiap tahunnya apalagi dikalangan anak muda...

Tempat BukBer di Surabaya Sambil Ngabuburit 2024 - yang merupakan salah satu kota pahlawan di Jawa Timur, setiap menjelang ramadhan seluruh lokasi keramaian mempersiapkan hidangan sebelum menjelang maghrib.

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, Kota ini termasuk kota metropolitan yang ada di deretan nomor 2 setelah Jakarta. sehingga tak heran apabila banyak yang datang ke lokasi yang satu ini.

Tempat BukBer dan Ngabuburit Surabaya sudah menjadi bahasa yang trending ketika sudah menjelang ramadhan di setiap tahunnya apalagi dikalangan anak muda kota pahlawan.

Tak hanya restoran atau rumah makan yang ramai dikunjungi, cafe murah untuk BukBer di Surabaya mulai banyak muncul sambil nagbuburit.

Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikAN Tempat Bukber Keluarga di Surabaya karena banyak tempat yang murah dan menunya sangat nikmati untuk dijadikan hidangan buka puasa.

Dibawah ini penulis akan memberikan beberapa Tempat Bukber di Surabaya Sambil Ngabuburit  yang bisa kalian jadikan lokasi bersama teman-teman, keluarga hingga pasangan terrcinta.

Rekomendasi Tempat Buka Bersama (BukBer) dan Ngabuburit di Surabaya

Tempat Bukber di Surabaya Sambil Ngabuburit

Kota ini tidak hanya dikenal tempat perekonomian atau industri saja, Akan tetapi di tengah padatnya Surabaya menyimpan berbagai macam tempat wisata yang sangat keren dan menarik untuk dikunjungi.

Ada banyak sekali tempat bukber di surabaya yang ocok untuk bersama keluarga, pasangan, teman hingga komunitas yang rekomended untuk di kunjungi.


photo taman surockboyo 

Marhaban Ya Ramadhan ...
di bulan suci yang penuh berkah ini Berbuka Puasa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan menjelang matahari terbenam dan Ngabuburit adalah hal yang paling menarik di selenggarakan apalagi ditempat-tempat yang indah dan keren. 

Jika Kalian ada rencana mengadakan moment yang spesial tersebut di Kota Metropolitan Surabaya, Jangan khawatir dan bingung karena memang di Surabaya terdapat puluhan hingga ratusan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Berikut daftar tempat berbuka puasa dan ngabuburit di Surabaya yang recomended, sehingga membuat kalian tak terasa hingga menjelang adzan maghrib tiba :

Masjid Agung Sunan Ampel

Sebuah masjid kuno yang di bangun pada tahun 1421 atau sekitar abad 15M lalu. Masjid ini merupakan masjid tertua di Surabaya bahkan di Pulau Jawa. 

Konsep bangunan di masjid ini masih terlihat jelas seperti hal nya pada zaman dahulu dari segi arsitektur atau modelnya yang menggunakan kayu jati. 

Pendiri dan sejarah masjid sunan ampel ini tak lepas dari perjuangan tokoh yang menyebarkan tugas dakwah agama Islam di Pulau Jawa beliau ada Raden Muhammad Ali Rahmatullah atau Raden Rahmat. 

photo via instagram - @masjidampel

Konon nama kawasan ini adalah Ampeldenta dan sekarang dikenal dengan sebutan Ampel. Sebuah tempat tinggal Raden Rahmat dalam menjalankan dakwahnya hingga dimanfaatkan menjadi tempat berdiskusi tentang ajaran Islam bersama pengikutnya. 

Hingga sekarang ini kawasan ini menjadi tempat wisata religi di Surabaya karena ada Pemakaman Sunan Ampel dari sisi bagian baratnya. 

Setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung baik dari lokal maupun luar daerah yang berziarah. 

photo masjid tampak dalam

Jadi, Bagi kalian yang ingin ngabuburit di kawasan ini selain berdzikir dan mengaji bisa berziarah ke Makam Sunan Ampel untuk mengharap barokahnya. 

Selain itu, disini kalian akan menemukan takjil gratis untuk mengisi menu berbuka puasa dan di area Masjid Sunan Ampel juga banyak orang penjual makanan atau minuman yang berjejeran.
 
 

Lokasi Masjid Agung Sunan Ampel di Jalan Petukangan I, Ampel, Semampir, Surabaya

Masjid Al Akbar Nasional Surabaya

Masjid ini ddibangun sejak tahun 1995 dan merupakan masjid terbesar nomor 2 yang ada di Indonesia yang sempat diresmikan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur) presiden RI yang ke 4.

Keberadaan masjid ini sangat khas sebagai gerbang Kota Surabaya. Secara fisik masjid ini memiliki luas 22.300 meter persegi. Keunikan masjid ini terdapat di 1kubah mas besar yang menyerupai Masjid Raya selangor yang didukung dengan 4kubah kecil lainnya yang berbentuk linmas, Pintu masuk dan mihrab masjid sangat besar sekali. 

photo via instagram - @dckyhae°

Bangunan Masjid Al Akbar ini berkonsep elemen arsitektur yang berdesain keagungan, keindahan dan kemewahan. 

Beragam aktivitas kegiatan yang terdapat di masjid ini seperti Sholat fardu bersama, pengajian rutin, tabliq akbar, penyelenggaraan hari besar dan pemberdayaan zakat.

Setiap harinya masjid ini tak pernah sepi baik sedang berjamaah maupun tamu yang datang dari luar daerah. 
Ketika Bulan Ramadhan, Masjid Al Akbar Nasional menyediakan takjil gratis bagi yang sedang sholat berjamaah maghrib. 

photo via instagram - @ichatludwig86

Selain itu, biasanya masjid ini ada yang mengisi untuk pengajian bersama, mengaji bersama hingga berdizkir bersama. 

Jadi, bagi kalian yang ingin menambah pahala di bulan suci ini menjelang adzan mangbrib tiba bisa dijadikan pilhan untuk ngabuburit di masjid yang megah ini. 

 

Lokasi Masjid Al-kbar Nasional di Jalan. Masjid Agung Timur No. 2, Pagesangan, Jambangan, Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Tempat ibadah umat muslim yang menyerupai bangunan kleteng layaknya seperti tempat ibadah Tri Dharma warga Tionghoa, dengan warna yang di dominasi merah, kuning dan hijau. 

Pembangunan masjid ini merupakan bentuk penghormatan kepada Laksamana Asal China yang beragama Islam yaitu Adzmiral Zhang Hee atau Sam Poo Kong atau Pompu Awang yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Muhammad Cheng Hoo. 

photo via google maps - Muhammad Cheng Hoo

Beliau tidak hanya berdagang saja di kawasan Asia Tenggara melainkan menjalin persahabatan dan menyebarkan agama Islam. 

Sehingga dibangunlah sebuah masjid yang bergaya konsep Tionghoa dan Arab yang berpadu menjadi satu dalam ornanemn segi bangunannya seperti ada pagoda, naga, patu singa yang dari lilin. 

Masjid ini terletak dibelakang Taman Makam Pahlawan Surabaya Kusuma Bangsa. 

photo via instagram - ugikmadyo

Bila kalian ingin ngabuburit dengan nuansa china gak perlu jauh-jauh datang ke china, karena ketika kalian datang akan merasakan aroma layaknya seperti berada di Negeri China😁

Selain itu, di Masjid Muhammad Cheng Hoo juga menyediakan takjil sebelum kita melaksanakan sholat maghrib. 

   

Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, Surabaya

Jembatan Suramadu

Sebuah Jembatan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura yang memiliki panjang 5.438 dan merusak Jembatan Terpanjang yang ada di Indonesia. 

photo via instagram - @alam.indonesia_ku

Jembatan ini berada di paling utara Kota Pahlawan ini tak pernah sepi akan keramaian. Apabila pada sore hari hingga tengah malam tempat ini sering dikunjungi oleh pemuda atau pemudi yang datang untuk nongkrong sambil menikmati panorama Jembatan Suramadu dari arah Surabaya. 

Di kawasan ini terdapat puluhan penjual makanan atau minuman yang berjejeran. Jadi, ketika kalian ingin ngabuburit di kawasan Suramadu jangan khawatir akan kebingungan mencari menu berbuka puasa. 

   

Lokasi Jembatan Suramadu di Jalan Kedung Cowek, Tambak Asri, Kenjeran, Surabaya

Pantai Ria Kenjeran Park 

Kota Pahlawan ini tidak hanya dikenal dengan kawasan yang padat saja, karena di Bagian sisi utara ini terdapat Destinasi Bahari dan Alam yang sangat keren dan Indah. 

Dibalik indahnya Pantai Ria, Kenpark sempat menjadi sorotan publik karena terdapat berbagai macam wahana permainan yang asyik dan seru apalagi bersama anak-anak. 

suasana sunset 

Di area sini kita bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati dan mengelilingi lautan Pantai Ria hingga kebawah Jembatan Suramadu. 

photo tampak depan (gerbang masuk) 

Selain itu, terdapat beragam tempat spot foto keren seperti bangunan patung Wajah 3 Budha, Pagoda Tian Ti, Naga dan Klenteng Sanggar Agung. 

photo tiga wajah patung budha

photo berlatar belakang naga 

Bagi kalian yang ingin ngabuburit Pantai Ria Kenpark Juga tersedia beraneka ragam jajan dan kuliner khas kota Pahlawan yang di sajikan. untuk tket Masuk Kenpark mulai dari 15.000 - 20.000.

 

Lokasi Pantai Ria Kenjeran di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

Hutan Mangrove Surabaya

Salah satu Wisata Alam dan Edukasi Surabaya yang masih terawat dan berkembang hingga sekarang ini. Memiliki luas sekitar 200 hektare dikawasan Hutan Mangrove Surabaya. 

Awalnya tempat ini merupakan kawasan konservasi alam yang dibuat untuk mencegah abrasi di Wilayah Timur Kota Surabaya dan sekarang tempat ini menjadi populer masuk ke kategori wisata. 

Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pengunjung yang datang mulai dari tanaman mangrove yang ditumbuhi secara rapi, Jembatan penghubung yang panjang berbahan dari kayu, menyusuri hutan dengan naik perahu dan beragam jenis lainnya yang kalian temukan disini. 

photo via instagram - @deamerina

Untuk kalian yang ingin ngabuburit di wisata ini sangat disayangkan apabila di lewatkan, karena menunggu adzan maghrib tiba di area Hutan Mangrove begitu menyejukkan karena di sekeliling nya terdapat puluhan tanaman bakau yang rindang. 

photo via instagram -  @awalyangbaru

Selain itu, di kawasan Hutan Mangrove juga terdapat warung-warung yang memenuhi kebutuhan kalian dikala ingin Berbuka Puas dengan menu yang sederhana seperti Nasi pecel, mie, telur, tempe, tahu dan ayam. 

Tiket Hutan Mangrove Surabaya:
  • Tiket Masuk : 5.000 per-orang
  • Tiket Parkir : 2.000 untuk motor & 5.000 untuk mobil

 

Lokasi Hutan Mangrove Surabaya di Jalan Wonorejo, Rungkut, Surabaya

Taman Bungkul

Sebuah Taman kebanggaan khas Kota Surabaya, karena dulu taman ini sempat menyandang gelar terbaik di Asia Tenggara.

photo via instagram - @awaan_

Taman Bungkul terletak di tengah pusat kota yang sangat strategis untuk dikunjungi yang memiliki luas sekitar 10.000 meter. 

Suasana Taman Bungkul sangat indah dan keren. Ditumbuhi berbagai macam jenis bunga yang cantik, pepohan hijau yang sejuk, terdapat air mancur ditengah taman, wahana area bermain skateboard dan area bermain anak-anak. 

photo via instagram - @ptgplprs

Setiap harinya Taman Bungkul tak pernah sepi dari pengunjung dan taman ini menjadi tempat favorit dan andalan arek surockboyo hingga pengunjung dari luar daerah yang sedang ingin duduk santai dan nongkrong di area taman. 

Dibalik indahnya taman ini terdapat sejarah dan Makam Keramat yang legendaris. 

Nama taman ini di ambil dari sebuah tokoh bangsawan di kerajaan Majapahit yang sangat legendaris yaitu Mbah Bungkul, nama aslinya beliau adalah Ki Ageng Supo. 

Beliau merupakan petinggi Majapahit yang jadi penyebar agama Islam dan titik terakhir tempat peristirahatan beliau berada ditaman ini. Sehingga beliau dimakamkan di area ini tepatnya disisi selatan taman. 

Jadi, Bagi kalian yang ngabuburit di Taman Bungkul selain menikmati keindahan taman juga sekalian berziarah ke Makam Mbah Bungkul. 

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa kalian di area Taman Bungkul juga terdapat puluhan sentra kuliner yang memanjakan perut kalian ketika menjelang berbuka puasa tiba. 

 

Lokasi Taman Bungkul di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

Surabaya North Quay

Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga menjadi obyek wisata di Kota Surabaya. Sebenarnya tempat ini merupakan terminal tempat bersandar nya kapal pesiar yang mewah internasional. 

photo via instagram - @krisno

Pemandangan yang indah dan menakjubkan membuat tempat ini sering didatangi para pengunjung. Obyek yang diburunya yaitu berlatar belakang kapar pesiar dan lautan lepas yang keren. suasana ini bisa kalian temukan di lantai 3 Terminal Gapura Surya Surabaya.

Untuk tiket masuk ke surabaya North Quay yaitu 10.000 per orang. dengan harga segiutu kalian bisa menikmati nuansa laut jawa dan madura dari gedung tinggi surabaya.

photo via instagram - @surabayaguide

Selain itu, disini terdapat beraneka ragam kuliner yang disajikan dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Jadi ngabuburit disini selain melihat pemandangan yang keren bisa memesan kuliner untuk menu berbuka puasa kalian yang sedap dan enak. 

 

Lokasi Surabaya Nort Quay di Jalan Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

Food Junction Grand Pakuwon

Dari namanya saja Food yang diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah makanan, Jadi berkunjung ke tempat ini kalian akan menemukan puluhan kuliner baik khas Kota Surabaya hingga menu-menu tradisional nusantara lainnya. 

photo via instagram - @indraiswanto84

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya yang di tengah sentra kuliner ini terdapat Taman yang indah dan bagus, serta wahana permainan anak-anak yang seru dan mengasikkan. 

Ngabuburit di area food junction sangat recommended karena selain tiket masuk disini gratis hanya bayar tiket parkir saja, Kalian akan banyak menemukan beragam aktivitas hingga menjelang adzan maghrib tiba. 

photo via instagram - @sams_cooler

Seperti jalan-jalan mengelilingi taman dengan trampolin, naik becak angin maupun becak air yang telah di sediakan dengan bayar hanya 15.000. Hunting foto yang keren dan Instagramable dan shopping di food junction dengan harga yang murah meriah. 

 

Lokasi Food Junction Grand Pakuwon : Jalan Grand Pakuwon, Banjar Sugihan, Tandes, Surabaya

Sky 36 Restaurant

Tempat nongkrong kekinian Surabaya, karena menyajikan pemandangan yang nyaman dan elagan dari atas bangunan apartemen. 

Melihat view Kota Surabaya dari ketinggian sekitar kurang lebih 50meter, membuat ngabuburit kalian lebih tak terasa hingga menjelang adzan maghrib tiba.

photo via instagram - @cafesuroboyo
 
Untuk berkunjung ke Lokasi Sky 36 kalian harus menuju ke lantai 14 tepatnya di Apartemen Sumatra dan memesan minimal 200.000 per orang. 

Sky 36 berkonsep fun dining dengan menu ala westren. Jadi lebih santai sambil menikmati pemandangan yang super keren. Akan tetapi, sebelum menuju ke tempat kalian harus reservasi atau boking terlebih dahulu karena disini limeted seat dan full book. 

photo via instagram - @nadyaagustarina

Buka Bersama di Sky 36 begitu istimewa karena bernuansa rooftop ditengah pusat Kota Surabaya. Disini kalian bisa memilih semi outdoor non AC ataupun indoor yang ber AC. 

Kalian bisa melihat pemandangan icon surabaya seperti gedung-gedung tinggi, tugu suro boyo, kilauan sungai kalimas yang mengalir, hingga menjelang senja tiba icon Jembatan Suramadu nampak lihat sekedip. 

 

Lokasi Sky 36 Restaurant : Jalan Sumatera No. 36, Gubeng, Surabaya

Kava Restaurant 

Tempat makanan yang berkonsep lebih tren dan yang banyak dicari banyak orang yaitu buffet atau prasmanan. Makan sepenuhnya tanpa ada batasan dengan cukup bayar 150.000 per-orang. 

Menu yang disajikan disini asli khas Indonesia seperti makanan sate, rujak, lalapan, ayam, soto, mie dan masih banyak lagi lainnya. serta untuk menu minumannya seperti es cendol, es campur, salad, jus buah dll. 

Apalagi untuk Bulan Ramadhan disini menyediakan menu spesial for takjil yang enak dan banyak varian macam nya. 

photo via instagram - @fairfieldsurabaya

Untuk menuju Kava Restaurant kalian harus naik ke lantai 5 tepatnya di Hotel Fairfield by Marriott Surabaya. Akan tetapi, Sebelum menuju ke lokasi ini sebaiknya boking terlebih dahulu agar dapat penawaran dan tempat yang lebih khusus dari pihak manangement. 

Disini kalian bisa memilih antara tempat indoor yang ber AC dan tempat outdoor yang Non AC dengah disunguhkan view Kota Surabaya dari arah barat pas ditengah megah nya bangunan Hotel. 

Apalagi kalian datang ketempat ini ketika waktu Ngabuburit, semakin tak terasa akan menjelang adzan maghrib tiba karena pesona dari tengah bangunan Hotel Fairfield ini mensajikan panorama senja yang begitu indah dengan nuansa bangunan di iringi langit kemerahan. 

photo via instagram - @harmananthony

Sangat cocok sekali apabila mengadakan Buka Bersama di Kava Restaurant dengan pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan begitu nyaman dan berkualitas. 

Ketika hari biasa tempat ini sering dijadikan sebagai tempat meeting, engagement, prewedding, wedding hingga perayaan ulang tahun. 

   

Lokasi Kava Restaurant : Jalan Mayjend Sungkono No. 178, Dukuh Pakis, Surabaya

Cafe Rooftop Mibimibi

Tempat nongkrong Surabaya yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pecinta kuliner khususnya bagi yang suka nongkrong dengan nuansa berbeda di tempat outdoor diatas gedung. 

Surabaya memang padat, maka dibutuhkan lah tempat untuk bernuansa yang bebas dari kebisingan akan keramaian Kota Pahlawan ini. 

photo via instagram - @caferooftopmibi

Lokasi Cafe Rooftop Mibimibi tidak terletak di hotel ataupun apartemen, Akan tetapi terletak di sebuah kos-kosan eksklusif lantai 4 ditengah perkampungan patemon. 

Harga menu di Cafe Rooftop Mibimibi tidak murah dan tidak mahal tapi variatif mulai dari harga 10.000 - 50.000 kalian bisa nongkrong sambil menikmati view Kota Surabaya yang sangat keren dan instagramable. 

photo via instagram - @caferooftopmibi

Cocok bagi kalian yang ingin mengadakan Buka Bersama di tempat ini, Sambil ngabuburit menikmati pesona alam keindahan Kota Surabaya apalagi pada malam hari dipenuhi div class="post-block"> Cafe Rooftop Mibimibi

Tempat Ngopi Paling Keren dan Murah di Cafe Rooftop Mibimibi Surabaya

Cafe Rooftop Mibimibi Surabaya - sebelumnya saya sudah mereview beberapa cafe di surabaya yang keren dan recomended untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, komunitas dan pasangan. menikmati sunset di menjelang sore hari salah satunya adalah cafe rooftop mibimibi surabaya. Cafe rooftop mibimibi mulai berdiri pada tahun 2017 dan sekarang ini sering di incar oleh para penggemar atau penikmati view sambil menikmati hidangan makanan maupun minumana. ditambah dengan pelayanan yang puas untuk dinikmati dengan harganya yang murah meriah. Untuk itu,

Baca Selengkapnya : Tempat Ngopi Paling Keren dan Murah di Cafe Rooftop Mibimibi Surabaya

San Antonio

Diambil dari sebuah nama kota yang terdapat di Negara Amerika Serikat letaknya disisi selatan bagian wilayah Texas yaitu San Antonio. 

photo icon dari arah utara

Akan tetapi di Kota Surabaya nama ini terletak di Perumahan Elit di bagian utara yaitu Pakuwon City. Terdapat puluhan gerai kuliner yang berjejeran di sebuah ruko yang saling berhadapan. 

Mulai dari makanan khas Kota Surabaya, tradisional hingga makanan kelas atas atau elit kalian temukan di San Antonio. 

suasana sore hari

San Antonio selalu ramai setiap harinya hingga tengah malam, selain tempat nya yang berada di tengah perumahan, disini kalian bisa memilih jenis makanan yang kalian pilih sesuka hati. 

Ngabuburit disini sangat recomended karena banyak varian menu yang bisa dijadikan untuk hidangan Berbuka Puasa bersama. 

Lokasi San Antoni : Jalan Kalisari, Mulyorejo, Surabaya

Gwalk

Di jogja terdapat Malioboro yang menjadi pusat keramaian daerah istimewa yogyakarta. Di Surabaya punya Malioboro yang jauh dari pusat kota, Akan tetapi untuk perihal keramaian tempat ini memang tak pernah sepi akan pengunjung yaitu Gwalk. 

photo gerbang dari arah timur

Terdapat puluhan gerai makanan yang berjejeran sambil berhadapan sepanjang sekitar 500meter, menjajakan aneka ragam kuliner tradisional hingga internasional dengan harga murah meriah yang berkualitas. 

Lokasi Gwalk terletak di Perumahan Elite Besar Surabaya Bagian Barat yaitu di Citraland. Apabila kalian masuk lewat lontar Gwalk merupakan gerbang utama Perumahan Citraland. 

suasana malam hari

Ngabuburit sambil berbuka puasa di Gwalk sangat recomended dengan nuansa layaknya seperti di Jogja. terdapat lampu-lampu tengah yang bergantungan untuk menghiasi malam hari dan macam pohon kehijauan yang menyejukan kalian ditengah nongkrong. 

   

Lokasi Gwalk : Jalan Niaga Gapura, Lidah Kulon, Lakar Santri, Surabaya

Plaza Graha Family

Tempat nongkrong di Surabaya dengan suasana outdoor yang masih alami, merupakan jalan alternatif kawula muda surabaya yang menjadi tujuan mencari menu makanan atau minuman. 

Tempat ini terletak di Perumahan Elite Surabaya Barat yaitu di Graha Family yang berkawasan didaerah Mall Pakuwon City. 

photo tampak depan 

Setiap menjelang sore hari Plaza Graha Family tak pernah sepi akan pengunjung yang datang hingga tengah malam. Tempat ini sering dijadikan tempat berkumpul nya para pembisnis besar surabaya barat karena tempat ini terletak di didaerah Perumahan, Apartemen dan Hotel Elit Surabaya.

Seperti Perumahan Graha Family, Dian Istana, Villa Regency, Bukit Golf. Apartemen Ascott, Waterplace, Anderson, Spazio, Hotel Four Points, Fave dan Mall terbesar surabaya yaitu Pakuwon City. 

photo tampak depan graha fair ground

Bagi kalian yang ingin Buka Bersama dengan varian macam menu di Plaza Graha Family bisa dijadikan recommended.

photo via google maps - @stephen v immanuel

Karena selain tempatnya yang luas disini terdapat puluhan berbagai gerai makanan yang melingkar seperti khas surabaya, tradisional nusantara, western, chiness food, masakan Jepang, korea, middle dan beef.
 
   

Lokasi Plaza Graha Family : Jalan Mayjend Yono Suwoyo, Pradah Kali Kendal, Dukuh Pakis, Surabaya. 

SAS Cafe N Resto

Sebuah tempat rumah makan yang memiliki ciri khas yang unik dengan nuansa layaknya seperti berada di tengah perdesaan yang sangat sejuk karena di lokasi ini banyak pepohonan kehijauan yang rimbun di tengah danau yang meneduhkan kita dalam menyantap hidangan. 

photo via instagram - @sas_cafe_n_resto

Ditambah dengan tempat duduk semi outdoor yang berlesehan di sebuah gazebo yang dan terbuat dari kayu bisa menampung 5-8 orang. terlihat sangat kental sekali seperti nuansa di perdesaan. Selain itu tempat inu juga menyediakan tempat duduk yang indoor dan ber AC. 

Untuk menu yang disajikan di sini terdapat berbagai macama varian mulai dari ikan bakar dan goreng, ayam bakar dan goreng, kepiting, kerang, bebek, nasi goreng, mie goreng dan masih banyak macam lainnya. 

Buka bersama di SAS Cafe N Resto sangat menarik sekali, karena sensasi yang kita rasakan seperti tidak berada di kota surabaya yang penuh akan keramaian karena suasana disini begitu tenang dan damai. 

Ditambah dngan harga yang cukup terjangkau dan setimpal dengan pelayanan dan fasilitas disini. 

     

Lokasi SAS Cafe N Resto : Jalan Baskara Sawah No.30, Kalisari, Mulyorejo, Surabaya

Arumanis Restaurant

Tempat makan yang memiliki konsep yang sangat unik dan banyak di cara para pencari kuliner yaitu All You Can Eat dimana para pengunjung yang sedang singgah bisa makan sepuasnya tanpa ada batasan. 

Arumanis Restaurant berlokasi di dalam Hotel Bumi Surabaya yang berbintang 5. Untuk menuju ke lokasi sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu ditakutkan tidak dapat tempat duduk karena terkadang disini limited eat. 

photo via google maps - @Antonius Tan

Suasana disini begitu mengasikkan dan keren. Nuansa outdoor yang berada di tengah hotel. Pohon hijau yang begitu sejuk dan pernak pernik ukiran yang berbatu seperti kalian menyantap sebuah di istana raja. 

photo via google maps - @alex hoong

Bagi yang suka makan di tempat indoor disini juga tersedia ditambah dengan adanya fasilitas ber AC. 

Disini sudah tersedia koki dan pelayanan di setiap deretan stand gerobak atau gazebo pada menu yang kalian ambil. Terdapat puluhan aneka macam yang disuguhkan dari masakan jawa tradisional seperti nasi goreng, nasi goreng cumi, nasi goreng salmon, nasi tuna, rujak, tahu tek, soto, sate, ayam panggang, ayam goreng hingga makanan western kalian bisa ditemukan disini. 

photo via instagram - @pikipoto

Sangat cocok bagi yang sedang mencari menu berbuka puasa dengan makan sepuasnya. Harga disini mulai dari 200.000 per-orang yang sudah include dengan pajaknya. Dengan harga yang lumayan mahal gak rugi karena fasilitas dan pelayanan yang disajikan begitu setimpal. 


Lokasi Arumanis Restoran : Jalan Jendral Basuki Rahmat No. 106-128, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. 

Bebek Tepi Sawah

Restoran sederhana tapi menyuguhkan menu yang begitu tradisional khas nusantara dari segi desain bangunan nya saja nampak terlihat jelas seperti adat Bali. 

Ngabuburit di Bebek Tepi Sawah cocok sekali bila kalian ingin menyantap hidangan dengan bernuansa seperti ada di Bali di tambah dengan spot foto yang keren dan instagramable. 

photo via instagram - @bebektepisawahsurabaya

Untuk menu yang disajikan disini berbagai macam varian, tapi sesuai dengan namanya menu andalan yang terdapat di restoran ini adalah olahan bebek dengan racikan yang lezat dan mantap. Sangat disayangkan apabila kalian tidak mencicipi menu tersebut. 

photo via instagram - @bebektepisawahsurabaya

Dengan harga yang cukup terjangkau dan relatif kalian tidak usah jauh-jauh datang ke pula dewata, karena di Kota Pahlawan sudah tersedia 😁

   

Lokasi Bebek Tepi Sawah : Jalan Darmokali No.50, Wonokromo, Surabaya

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Ingin berbuka puasa yang berkuah-kuah? Tenang, Hidangan  yang tedapat disini sangat cocok sekali buat menu kalian yaitu Soto Ayam Lamongan Cak Har. 

Tak perlu jauh datang ke Lamongan, di surabaya sudah terdapat 3 cabang yang selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner. Untuk lokasi yang luas dan keren terdapat di daerah surabaya bagian timur. 

Soto Ayam sudah lama berdiri sejak tahun 1992 dan rumah makan sangat populer sekali di Surabaya. Karena menu soto yang disajikan memang waw banget. 

photo via instagram - @1992_sotoayamcakharsurabaya

Warna kuah yang kekuningan, Bumbu-bumbunya yang meresap ditambah dengan macam jenis lauk yang beraneka ragam varian semakin sedap di santap ketika berbuka puasa. 

Untuk harga menu Soto Ayam Lamongan Cak Har mulai dari 20.000
 

Lokasi Soto Ayam Cak Har : Jalan Dr Ir Soekarno No. 202, Semolowaru, Sukolilo Surabaya. 

Rawon Setan

Banyak yang mengira bahwa tempat ini dipenuhi hantu-hantu yang berkeliaran dan menu yang sangat pedas karena dari namanya aja setan. 

photo via google maps - @M.Wira Pranata

Eittz tenang 😄 tidak seperti yang dibanyangkan koq ...
Nama setan ini begitu unik karena melihat dari sejarahnya dulu sebelum gerai ini terkenal atau menjadi menu favorit Kota Surabaya, pemilik memulai usaha ini dengan berjualan pada tengah malam yaitu jam 02:00 dini hari di sebuah gerobak. 

Seiring berkembang usaha yang di rintisnya karena menu yang disajikan super double mantap hingga makanan ini menjadi sorotan publik hingga artis dan pejabat singgah di gerai iniini akhirnya diputuskan tidak buka di jam-jam rawan lagi. 

photo via instagram - @samfch

Menu rawon disini rasanya memang menggoyang lidah mulai dari kuahnya yang khas banget yaitu merah kehitaman, topping daging sapi yang berukuran besar ditambah potongan bawang goreng yang gurih sangat cocok sekali bila dijadikan menu Berbuka Puasa.

 

Lokasi Rawon Setan : Jalan Embong Malang No.71, Genteng, Surabaya

Mr. Sumo

Ingin Berbuka Puasa masakan khas jepang dengan puas dan sedap? 

Tenang 😆 // Gak perlu datang ke Negeri Jepang yaa karena sekarang masih kondisi covid-19. Di surabaya sudah terdapat outlet makanan khas Jepang dengan konsep yang begitu unik dan enak yaitu All You Can Eat di Mr. Sumo Restoran

photo via instagram - @mrsumo.id

Kalian bisa makan sepuasnya dan masak sendiri loh. Dengan cukup bayar mulai 100.000. Harga segitu lumayan masuk akal dengan pelayanan dan fasilitas yang disajikan. 

photo via instagram - @mrsumo.id

Eits ingat yaaa hal-hal yang harus diperhatikan :
1. Makanannya yang kalian ambil, harus dihabiskan agar tidak kena charge sebesar 12.000 per 1 gram. 
2. Jangan lama-lama, karena disini kalian hanya punya waktu 2jam. Apabila lebih akan di charge 50.00 per 1 jam. 
3. Makanan sisa atau yang tidak habis jangan dibawa pulang
4. Melakukan reservasi terlebih dahulu, karena melihat kondisi pengunjung yang ramai kalian biar tidak kecewa datang kesini. 

   

Lokasi Mr.Sumo : Jalan Margorejo Indah No. 204, Wonocolo, Surabaya. 

Cafe CakCuk

Tempat nongkrong anak muda zaman now. karena dari namanya saja menggunakan bahasa khas arek surockboyo yaitu CakCuk, ditambah dengan selogan yang keren Kata Kata Kota Kita.

tampak luar cafe cakcuk

Terdapat 4cabang di surabaya dimana lokasinya setiap wilayah terdapat outlet yang kalian temukan. 

Tak hanya menyuguhkan makanan atau minuman saja, Cafe CakCuk juga menjual beberapa oleh-oleh khas surabaya seperti kaos, celana dan souvenir. 

Jadi, bagi kalian yang ingin ngabuburit sambil shopping tipis-tipis dan berbuka di lokasi yang sama Cafe CakCuk salah satu jalan alternatif kalian ketika menjelang adzan maghrib tiba. 

suasana cafe cakcuk - tampak indoor

Disini kalian juga akan menemukan spot foto-foto yang keren dan instagramable dengan berlatar belakang dinding cafe yang mewah minimalis. 

 

Lokasi Cafe CakCuk : Jalan Ahmad Yani No. 263, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya.

Aiola Eatery

Temapat nongkrong yang berkonsep Pujasera sehingga menjadi pusat perkumpulan anak surabaya yang selalu ramai hingga tengah malam. terdapat puluhan gerai makanan pedagang kaki lima yang bejualan di Aiola. 

photo via instagram - @aditkakbar

Mulai dari makanan tradisional hingga makanan khas Klasik Italian akan kalian temukan disini dengan harga yang murah meriah. 

photo via instagram - @foodgram_eat

Ngabuburit sambil cari menu yang di inginkan untuk buka berbuka puasa di Aiola sangat recomended. Jadi tinggal duduk akan diantar oleh pelayan yang sangat ramah dan santun. 

photo via google maps - @sisca muzy

Disini kalian juga akan menemukan spot-spot foto keren karena disekeliling tempat duduk outdoor di gerai ini dipenuhi pepohanan yang hijau akan kesejukan di tengah nongkrong kalian. Selain itu di tempat duduk yang Indoor hiasan dinding yang lucu dan keren akan menjadi latar belakang hasil jepretan kalian. 

 

Lokasi Aiola Eatery : Jalan Slamet No.16 Ketabang, Genteng, Surabaya.

Seafood Kalimantan by Kuppel

Bagi yang suka makan ikan laut yang lezat dan gurih sejenis seafood, lobster, kepiting dan ikan lainnya tempat sangat recommended bagi kalian untuk dijadikan menu Berbuka Puasa. 

Selain menu seafood yang menjadi andalan di sini, rumah makan ini memiliki menu yang tidak ada di restoran lainnya karena dari harganya saja mencapai hingga 1 jutaan lebih bahkan 2juta dan termasuk kederatan makanan termahal di Indonesia. 

photo via instagram - @kulinersby

Nasi goreng seafood namanya. Harga segitu mungkin setimpal karena lauk dan topping yang disuguhkan lumayan banyak dan bumbunya super mantap. Seperti yang tersaji 3kg nasi goreng, 2kg kepiting, 2kg lobster hinga 500gram perpaduan cumi dan udang. 

photo via google maps - @iben utomo

Selain itu, tampilan di restoran ini sangat keren dan instagramble layaknya seperti makan di luar negeri yang dibawah Kuppel. Tempatnya sejuk dan adem meskipun atapnya memakai kaca yang semi outdoor. 

Lokasi Seafood Kalimantan by Kuppel : Jalan Telaga Utama No. 25, Jeruk, Lakar Santri, Surabaya

" Marhaban Ya Ramadhan Semoga dapat manfaat dan menambah berkah di Bulan yang penuh rahmat ini, dengan saling berbagi informasi kebaikan bersama Mator Sekelangkong "

Baca Juga : Tempat BukBer dan Ngabuburit di Bangkalan

Itulah Tempat Bukber di Surabaya Sambil Ngabuburit Terbaru yang rekomended untuk kalian kunjungi ketika ke kota pahlawan.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Writing Illustration