14# Tempat BukBer dan Ngabuburit di Bangkalan Terbaru 2022

Tempat yang rekomended dan cocok dijadikan berbuka puasa sambil ngabuburit di bangakalan beragam jenis...

Bangkalan merupakan salah satu Kabupaten Jawa Timur yang terletak di Bagian Barat ujung Pulau Madura. tedapat berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah keren dengan daerah lainnya untuk di explore. 

BukBer dan Ngabuburit di Bangkalan hal yang harus kalian lakukan ketika berkunjung ke Pulau Madura di bagian sisi barat.

Tempat yang rekomended dan cocok dijadikan berbuka puasa sambil ngabuburit di bangakalan  beragam jenis mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata kuliner dan lain sebagainya.

Tempat Buka Bersama dan Ngabuburit Yang Rekomended di Bangkalan

Tempat Berbuka Puasa dan Ngabuburit di Bangkalan

Apalagi setelah diresmikan sebuah jembatan penghubung antara Surabaya dengan Madura yaitu Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan menjadi gerbang utama Pulau Madura sehingga perkembangan khususnya di pariwisata mulai meningkat di akhir tahun ini. 

Suasana Malam Bangkalan

Marhaban Ya Ramadhan, di bulan yang penuh suci ini Berbuka Puasa atau Ngabuburit adalah hal yang paling menarik dan spesial bagi umat muslim untuk di selenggarakan. 

Jika kalian ada rencana atau plan untuk mengadakan moment tersebut di Bangkalan, Bukan hal yang sulit atau tidak ditemukan karena di daerah yang di kenal dengan sebutan Kota Dzikir & Sholawat ini.

Terdapat puluhan tempat yang terkadang jadi bingung memilih tempat Bukber Sambil Ngabuburit yang recomended baik bersama keluarga, teman, sahabat dan pasangan. 

Apakah saja itu? Jangan khawatir, Jangan Bingung, Jangan Terpesona yaaa 😁

Berikut daftar tempat berbuka puasa dan Ngabuburit di Bangkalan yang bakal membuat kalian tak terasa hingga menjelang adzan maghrib tiba :

Masjid Agung Bangkalan

Wisata religi di Bangakalan banyak kalian akan temukan, Salah satunya adalah masjid yang ada di tengah pusat kota ini tepatnya didepan Taman Paseban. 

Masjid ini merupakan Masjid terbesar dan bersejarah yang ada di Bangkalan. Tempat ini bisa kalian jadikan rekomendasi untuk menunggu adzan maghrib tiba dengan nuansa religi yang menentramkan. 

photo via instagram / m_khobier

Aktivitas selain iktikaf, berdzikir dan mengaji yang akan kalian lakukan di kawasan ini, kalian bisa berziarah ke Makam Keramat yang terletak di belakang masjid yaitu Makam Sultan Kadirun. Beliau salah satu tokoh Bangkalan yang menjadi saksi sejarah atas berdirinya Masjid terbesar ini. 

Selain itu, di tengah penghujung adzan maghrib tiba, di Masjid Agung terdapat banyak makanan atau minuman takjil yang akan di sediakan. 

Jadi jangan khawatir akan kelaparan atau kehausan ketika sedang berada di Masjid Agung Bangkalan ketika menjelang Maghrib Tiba. 


Lokasi Masjid Agung Bangkalan : Jalan Kh. Moh. Kholil, Demangan Barat, Bangkalan. 

Makam Mbah Kholil Bangkalan

Wisata religi yang satu ini sangat populer di dengar oleh masyarakat hingga ke luar daerah bangkalan. Karena setiap harinya Makam Mbah Kholil selalu ramai dikunjungi dari berbagai macam daerah untuk berziarah mengaharapkan barokahnya. 

Beliau merupakan guru besar suci di negara Indonesia dengan perjuangan pembentukan Nahdlatul Ulama melalui kedua muridnya. Perjalanan Mbah Kholil dalam menyebarkan agama Islam tidak lepas dari ayahnya yaitu KH. Abdul Latif.

photo via instagram / siumam

Dari pusat kota Bangkalan menempuh perjalanan sekitar 3KM atau 15menitan untuk menuju ke lokasi ini.  Ngabuburit dengan berziarah ke tempat makam terbesar di Madura ini merupakan hal yang sangat recomended menjelang maghrib tiba. 

Di area sekitar Makam mbah Kholil terdapat berbagai puluhan orang yang berjualan makanan khas Madura seperti sate, soto dan nasi campur terdapat wisata bersejarah yang dekat dengan Mak

Jadi, jangan khawatir akan kebingungan mencari tempat makan yang harga murah meriah di area wisata religi.

Lokasi Makam Syaichona Moh. Kholil : Jalan Martjazah, Kecamatan Mlajah, Bangkalan.

Tera' Bulan

Dari namanya saja sangat bagus artinya bila di artikan dalam bahasa Indonesia yaitu Bulan Purnama. Rumah Makan ini menjadi tempat yang menyediakan khas masakan Pulau garam. menu yang disajikan di tempat ini rasanya begitu memanjakan lidah. 

Terdapat berbagai macam menu yang ditawarkan di Rumah Makan ini, Salah satu menu adalan yang terdapat disini adalah Bebek bengal, bebek kretep, sate daging, sate gurami, sate bebek, gulai, soto dan topa' ladeh. 

Banyak pengunjung yang datang jauh-jauh dari berbagai wilayah mulai dari turis yang sedang berlibur ke madura, artis tanah air hingga para penjabat besar yang menjadi pelanggan RM Tera' Bulan hingga Presiden Jokowi terkesan dengan kelezatan maskahan khas Tera' Bulan ini. 

Jadi tak heran apabila Rumah Makan ini selalu ramai dan tak pernah sepi akan pengunjung, karena menu yang disajikan begitu istimewa. 

Meskipun harganya yang lumayan mahal, Akan tetapi soal rasa, fasilitas dan pelayanan jangan diragukan atau kecewa karena menunya memiliki ciri cita rasa yang tinggi mengundang lidah. 

Inovasi baru dengan konsep makan bersama menjadi hal yang favorit apalagi di bulan suci yang penuh berkah ini dengan makan bersama di meja satu dengan kursi banyak. Suatu moment yang spesial saling bertatap muka di penghujung menunggu adzan maghrib tiba. 


Lokasi Rumah Makan Tera' Bulan : Jalan Ketengan No.69, Kecamatan Burneh, Bangkalan. 

Bebek Sinjay Madura

Warung yang dulunya hanya makanan pinggir jalan sekitar tahun 2000 an. Kini sudah mulai banyak ditemukan dikota besar seperti surabaya, gresik, pandaan, bali, jember, jogja, banjarmasin hingga ke jabodetabek. 

Di bangkalan sendiri sudah ada 3 outlet yaitu di Ketengan dekat kota, Ketengan dekat kawasan besel dan Martajazah dekat kawasan mbah kholil. 

Seperti dengan namanya sinjay yang diartikan ke bahasa Arab yaitu "Ilham" dari tahun ketahun kuliner ini mengilhami beberapa daerah yang doyan akan makanan ini. 

Makanan asli khas madura ini tepatnya di Bangkalan banyak pelanggan yang ketagihan akan menunya. Mulai dari rasa bumbunya yang meresap, tekstur daging yang empuk ditambah dengan kriuk bawang yang gurih dan enak. 

Dijadikan menu berbuka puasa hal yang sedap untuk dihidangkan di satu piring ditambah es kelapa muda yang segar, Apalagi makan ditempat begitu istimewa dengan harga yang cukup murah yaitu 25.000 satu porsi. 


Pusat Lokasi Bebek Sinjay Madura : Jalan Ketengan No. 45, Junok, Tunjung, Burneh Bangkalan.

Stadion Gelora Bangkalan

Bukan hanya nonton pertandingan atau sedang main sepak Bola ketika berkunjung ke lokasi ini karena di area luar lapangan sepak bola ini merupakan kongkow bangkalan yang tak pernah sepi dari pengunjung. 

Terdapat puluhan gerai warung yang menjual makanan atau minuman yang murah meriah, sehingga kawasan ini sering kali dijadikan tempat rekomendasi keramaian bangkalan apalagi yang sedang Ngabuburit. 

photo via / huwairizmi

Meskipun bukan bulan Ramadhan tempat ini sering ramai dijadikan tempat nongkrong hingga tengah malam. Bukan hanya itu aja disini kalian dapat menemukan berbagai wahana permainan yang sangat cocok bagi anak-anak nya seperti Naik Odong-odong, Becak, kuda dan lainnya. 

Selain itu, di belakang stadion Bangkalan juga terdapat wisata bahari yang dikenal dengan Taman Rekreasi Kota atau TDK yang banyak fasilitas dan wahana permainan juga. 


Lokasi Stadion Gelora Bangkalan : Jalan Ir Soekarno Hatta Bangkalan

Taman Paseban - Alun Alun Bangkalan

Di sebuah daerah pasti memiliki kawasan yang menjadi icon atau ciri khas yang sering di sebut dengan Alun-Alun. Tempat tersebut merupakan pusat keramaian tengah kota yang menjadi tempat favorit para warga sekitar.

Sering kali alun-alun dijadikan tempat titik kumpul, tempat istirahat dan yang sedang mengadakan pertemuan. Di bangkalan alun-alun tersebut adalah bernama Taman Paseban. 

Dahulu Alun-alun dijadikan sebuah pertemuan dan tempat istirahat dan hiburan para raja dan hingga sekarang dijadikan tempat alternatif untuk berekreasi atau mencari keramaian oleh masyarakat hingga luar daerah. 

Berlokasi di tengah Pusat Kota Bangkalan yang berhadapan langsung dengan Masjid Agung Bangkalan, sehingga letaknya sangat strategis untuk dikunjungi. 

Suasana di Alun-Alun Taman Paseban menyajikan panorama yang sangat indah dan bagus. Disetiap sudut taman ini terdapat banyak ukiran cat berwarna Warni yang sesuai dengan icon bangkalan yaitu Bangkalan Ceria. 

Hiasan tanaman bunga yang begitu cantik, pepohonan hijau yang rimbun membuat ngabuburit kalian akan lebih cerah bersantai ria di kawasan ini. 

Apalagi ketika ramadhan tiba, di tambahnya sebuah fasilitas outlet yang ramai dikunjungi yaitu warung pedagang kaki lima yang berjejeran menjual makanan atau minuman yang bervariasi di pinggir jalan sepanjang 500meter yang berlokasi di di timur Alun Alun atau belakang nya, tepatnya di depan Kantor Komando Distrik Militer 0829 Bangkalan. 

Selain itu, di sisi selatan Alun-Alun juga terdapat tempat ngopi yang mennyajikan menu khas madura lauk kreseh yaitu cafe hona yang selalu ramai hingga tengah dini hari. 


Lokasi Taman Paseban : Jalan Jendral Ahmad Yani, Demangan Barat, Bangkalan

Lesehan Singgasana

Tempat yang satu ini memiliki daya tarik sendiri untuk memikat para pengunjung. Terletak di daerah Pesisir Utara Bangkalan yang terkenal dengan pengrajin Batik Terbesar di Madura yaitu Tanjung Bumi

Berjarak sekitar 60KM atau 1,5Jam lebih perjalanan yang akan ditempuh untuk menuju ke lokasi lesehan singgasana. 

Lesehan Singgasana sebuah tempat nongkrong yang kekinian dan Instagramable dengan konsep desain bangunan kayu yang berdiri tegak di pesisir laut ini membentang ke arah laut Jawa di pinggir jalan raya.

Untuk menu yang disajikan di tempat ini berbagai macam variasi Khususnya menu khas sari laut dan minuman andalan nya es degan. 

Ngabuburit di lokasi ini sangat keren, selain duduk bersantai ria di Lesehan Singgasana, pengunjung akan di suguhkan dengan panorama senja cahaya jingga kemerahan di ujung adzan maghrib akan tiba. 

Bila kalian ingin berziarah di area kawasan ini juga terdapat makam keramat yang ada di pinggir jalan raya yaitu Bhujuk Lorong. Sehingga dikawasan ini sering kali disebut dengan JK (jhuk korong). 

Jadi, sangat cocok sekali bagi yang suka berburu suasana sunset di Lesehan Singgasana. Selain itu, di kawasan Lesehan Singgasana juga terdapat beberapa lokasi yang mirip konsepnya yang akan kalian temukan. 


Lokasi Lesehan Singgasana : Jalan Bumi Anyar, Tanjungbumi, Bangkalan. 

Dermaga Rindu

Jika di bagian pesisir utara terdapat tempat nongkrong yang asyik yaitu Lesehan Singgasana, Bangkalan di bagian selatan juga tak kalah kerennya yang di serbu oleh pengunjung yaitu di Dermaga Rindu

Berlokasi yang sangat strategis dan relatif sekitar 20KM dari Pusat Kota Bangkalan sedangkan dari arah Surabaya sekitar 15KM jarak yang ditempuh. 

Tempat ini bisa dikatakan masih baru karena berdiri atau diresmikan pada Desember 2020 yang lalu oleh wakil bupati bangkalan. Keunikan yang terdapat di wisata ini sempat menjadi perbincangan media sosial yang hangat menarik ditelusuri. 

photo via instagram / somaraar

Tempat nongkrong yang bukan hanya sekedar cafe atau dermaga biasa, melainkan cafe yang berada di sebuah bangunan kapal yang berbahan kayu dengan Panorama Jembatan Suramadu sebagai object nya. 

Terdapat menu makanan atau minuman yang sangat sedap dan lezat di lidah mulai dari seafood, ikan bakar, kopi, milk shake dan beberapa jenis cemilan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. 

photo via instagram / bidadarisurgamaksum

Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat Ngabuburit sambil berburu Sunset di perbatasan antara selat Madura dan Pulau Jawa dengan spot view yang indah dan instagramable. Dengan diiringi angin sepoi dan suara ombak yang bersahabat di tepi pantai ini. 


Lokasi Dermaga Rindu : Jalan Kesek, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangklan. 

Peltim Kamal

Pelabuhan Kamal merupakan Pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan antar pulau Madura dengan surabaya yaitu pelabuhan ujung atau yang dikenal dengan Pelabuhan Perak.

Dahulu sebelum resmi di operasi Jembatan Suramadu,  Pelabuhan Kamal merupakan pintu gerbang utama Pulau Madura dengan penyebarangan menggunakan kapal ferry. 

Setelah diresmikan Jembatan Suramadu di Pelabuhan Kamal langsung menurun drastis dari operasinya karena kekurangan penumpang yang menyebrang lewat kapal ferry. 

Tepatnya di sisi bagian timur yang sering di sebut dengan Peltim atau Pelabuhan Timur. Kamal kini menjadi sorotan masyarakat sekitar untuk berburu keramaian. 

Menjelang sore hari hingga tengah malam, kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar bahkan dari luar daerah yang datang untuk nongkrong atau sekedar ngopi sambil menikmati suasana pantai selatan Bangkalan ini. 

Terdapat beberapa warung-warung kecil yang berjualan menu makanan atau minuman dengan harga yang terjangkau murah meriah seperti kopi, teh, susu dan sejenis lainnya. Untuk menu makanan andalan yang terdapat dikawasan ini adalah Nasi Krengsengan. 

Bagi kalian yang sedang ingin ngabuburit dan berbuka puasa di Peltim bisa dijadikan pilihan, karena ketika menjelang matahari terbenam suasana di sini begitu indah dan keren. 

Langit biru yang berubah menjadi keorangenan membuat pesona di Peltim menjadi sorotan para penggemar view sunset dengan nuansa pesisir laut.


Lokasi Pelabuhan Timur : Jalan Raya Kamal, Bangkalan, Madura

Bebek Rizky

Salah satu rumah makan yang menawarkan menu Bebek yang memiliki cita rasa tersendiri untuk memikat para pengunjung.

Outlet Rumah makan ini semakin tahun juga mengalami perkembangan, karena rasanya yang lezat dan sudah mulai banyak pengunjung. di Kabupaten Bangkalan sendiri sudah membuka 3 cabang yaitu di Bancaran, Cantian dan Tangkel.

photo via instagram /kulinerkhasmadura

Menu Bebek Rizky sering kali dijadikan primadona para pecinta kuliner Bebek karena memiliki daya tarik tersendiri cara pengelolaan nya. 

Buat para penggemar Bebek yang memiliki lezat dan super mantap. Rumah makan Bebek Rizky bisa kalian jadikan recomended untuk menu buka puasa. 


Lokasi Bebek Rizky : Jalan Tangkel Burneh Bangkalan

Bebek Songkem Pak Salim

Rumah Makan ini aslinya berasal dari Kabupaten sebelahnya yaitu Kabupaten Sampang, yang memulai merintis disebuah perdesaan hingga ke luar daerah. 

Nama songkem memiliki makna yang luar biasa yaitu Sungkem yang bisa diartikan sebuah kalimat menghormati dengan cara menunduk. 

Salah satu menu Bebek yang berbeda cara pengelolaan nya. Biasanya bebek diolah dengan cara di goreng, akan tetapi di Rumah Makan ini sesuai dengan namanya yaitu dengan di kukus. 

Keunikan lainnya yang terdapat di menu ini sempat jadi sorotan publik yaitu proses kukus menggunakan pelepah atau gedebok pisang tanpa menggunakan air. 

Bagi kalian yang ingin lebih rendah kolesterol nya menjelang berbuka puasa, Rumah Makan Bebek Songkem bisa dijadikan pilihan untuk menu Berbuka Puasa yang rasanya tak kalah keren dengan Bebek Lainnya yaitu maknyus dan bebas kolesterol. 


Lokasi Bebek Songkem Pak Salim : Jalan Raya Ketengan No. 85, Tunjung, Burneh, Bangkalaan. 

Bebek Kenanga II

Rumah makan yang satu ini mempunyai inovasi yang tak kalah keren dalam penyajiannya, dimana menu Bebek yang di tawarkan menggunakan metode dengan cara di goreng, di bakar dan di kukus. 

Outlet yang pertama didirikan yaitu terletak didaerah Bancaran. seiring berkembangnya penjual akhirnya membuka cabang ke 2 yaitu di Burneh. 

Suasana rumah makan disini berkonsep mewah yang minimalis layaknya sebuah cafe. Hiasan dinding yang keren ditambah lampu-lampu kuning bergantungan yang berjejeran membuat para pengunjung semakin betah dan terpikat untuk menikmati hidangan nya. 

Bagi kalian yang ingin nuansa makan Bebek ala cafe dengan berbagai macam pilihan Rumah Makan Kenanga II bisa dijadikan jalan alternatif untuk Ngabuburit. 


Lokasi Bebek Kenanga II : Jalan Kusuma Bangsa No. 72, Burneh, Bangkalan. 

Restoran Ole Olang

Lagi-lagi menu tentang bebek ☺ iyaa begitulah Madura khususnya di kota Bangkalan. Memiliki beberapa macam olahan kuliner masakan bebek yang membuat goyang lidah. 

Restoran Ole Olang merupakan rumah makan yang cukup lama berdiri di Bangkalan. jadi untuk menu bebek yang terdapat di rumah makan ini sudah tidak asing lagi. 

Menu masakan yang menjadi andalan di restoran ini adalah Bebek Cetar namanya. Sesuai dengan namanya yaitu mencetarkan lidah karena rasanya begitu pedas ketika di hidangkan. 


Suasana di Restoran Ole Olang memang berbeda dengan rumak makan lainnya, karena masih menggunakan konsep khas Madura mulai dari bangunan nya hingga dinding rumah makan ini banyak ukiran tentang madura. 

Selain itu, direstoran ole olang juga tersedia aneka ragam oleh-oleh Madura seperti cemilan, petis, baju dan pernak pernik khas Madura. 

Untuk para penggemar pedas-pedas dengan menu bebek, Tempat Restoran ini bisa kalian kunjungi untuk menu Berbuka Puasa karena rasanya yang begitu cetar membahana. 


Lokasi Restoran Ole Olang : Jalan Raya Ketengan, Junok, Burneh, Bangkalan.

Aladdin Resto & Cafe

Rumah Makan yang paling berbeda di Bangkalan, karena menu yang disajikan memiliki ciri khas tersendiri yaitu khas Timur Tengah. 

photo via instagram / aladdinrestocafe

Dari namanya saja sudah di identik dengan nama-nama Timur Tengah yang kearaban apalagi masakannya menu yang disajikan memiliki cita rasa yang sedap dan lezat. 

Menu andalan yang ada disini seperti Sop arab kambing, sate daging kambing dan gule kambing. Tempat kuliner ini terletak di seberang Stadion Gelora Bangkalan. 

Selain itu, Suasana di Aladdin Resto & Cafe begitu keren dan bagus dengan nuansa islamic seperti berada di negeri Arab. 

Bagi kalian yang ingin berbuka puasa dengan menu ala khas Timur Tengah gak usah jauh-jauh datang ke Negeri Arab, karena di Bangkalan sudah tersedia dengan harga yang terjangkau dan berkualitas 😁

 

Lokasi Aladdin Resto & Cafe : Jalan Soekarno Hatta No. 28, Mlajah, Bangkalan.

" Marhaban Ya Ramadhan Semoga dapat manfaat dan menambah berkah di Bulan yang penuh rahmat ini, dengan saling berbagi informasi kebaikan bersama Mator Sekelangkong "

Baca Juga : Tempat Berbuka Puasa di Surabaya 2022 Yang Recomended

Itulah tempat Tempat Berbuka Puasa di Bangkalan Sambil Ngabuburit 2022 yang bisa kalian kunjungi ketika ke pulau madura.

Terima kasih kasih atas kunjungan ke website Ibnu Jacky jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan klik komentar atau menghubungi kontak person di halaman utama dan semoga postingan di atas bermanfaat bagi para pembaca.