Daya Tarik Pantai Bandengan Jepara Yang Masih Mempesona

hamparan pasir yang halus membuat view di Pantai Bandengan semakin indah.
Mengexplore wisata pada malam hari, salah satu aktivitas travel yang mungkin jarang dilakukan. do pantai bandengan jepara salah satu tempat wisata recomnded bagi kalian yang sedang ingin menikmati nuansa malam hari.

Tak kalah keren dengan wisata-wisata lainnya. pantai bandengan memiliki daya tarik tersendiri untuk di explore oleh kalian. selain pemandangan alamnya, disana terdapat tempat yang instagramble yang memanjakan kalian.

Wisata Bahari Jepara di Pantai Bandengan

Daya Tarik Pantai Bandengan Jepara Yang Masih Mempesona

Jepara merupakan wilayah jawa tengah yang dulunya dijadikan tempat pemukiman dan perdagangan dari berbagai wilayah. karena letaknya cukup startegi dengan laut jawa. sehingga nama dari jepara ini diambil dari dua kata yakni Ujung dan Mara.

Dimana pada dahulu kala nama itu aslinya Jumpara, namun masyarakat sekitar lebih akrab menyebutnya jepara. hingga sekarang ini udah terbiasa hingga ke wilayah nusantara.

Terdapat banyak wisata seperti pulau karimun jawa yang indah, benteng portugis yang bersejarah dan kuliner pindang serani yang manjadi makanan khas jepara. Akan tetapi dibagian barat wilayah ini masih memiliki obyek wisata yang masih eksotis yakni pantai bandengan.

Sejarah Pantai Bandengan Jepara

Dahulu masyarakat sekitar menyebutnya dengan tirta samudera, karena ada kaitannya dengan sejarah Kepulauan Karimunjawa di Jawa Tengah dan sekarang wisata alam ini dikenal dengan nama Pantai Bandengan. 

Pantai ini di ambil dari sebuah nama jenis ikan yang terdapat di laut yakni bandengan. karena sejarah yang terdapat di kawasan area ini dulunya ada ulama besar yaitu anak Sunan Muria beliau adalah Amir Hasan yang di kenal dengan sebutan Sunan Nyamplungan. 

suasana pantai bandengan siang hari

Konon beliau ada perintah untuk melakukan perjalanan menyebarkan ajaran agama islam ke Pulau Karimunjawa, namun di tengah-tengah perjalanan ketika melewati kawasan ini menemukan banyak ikan bandeng yang berkeliaran. 

Sehingga desa dan wisata alam pantai ini dikenal dengan sebutan bandengan yang tetap bertahan hingga sekarang ini. 

Suasana Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan memiliki panorama yang indah dan memukau. sehingga banyak para pengunjung yang terpikat untuk singgah ke kota Bumi Kartini ini. 

Suasana yang terdapat di pantai ini masih keren. tak hanya pada siang hari namun ketika menjelang malam ditengah jam 12, wisata ini masih keren yang memanjakan mata.

suasana pantai bandengan pada malam hari

suasana jemabatan

suasan di luar jembatan

Nuansa sejuk karena banyak pohon hijau rimbun di area pesisir ini. air laut yang jernih dan bersih ditambah dengan hamparan pasir yang halus membuat view di Pantai Bandengan semakin indah. 

Ketika siang hari, suasana disini jangan ditanyakan kembali, karena air yang jernih dan hamparan pasir yang halus sangat nyaman untuk dijadikan destinasi liburan.

Bagi yang suka dengan panorama alam sunset yang menakjubkan, silahkan datang ketika matahari terbenam dan jika merasakan ademnya sunrise datanglah ketika matahari mau muncul.

suasana sunrise pantai bandengan

Tempat disini sangat recomended dan beautiful sekali. karena disini memang nuansa almnya tak ada duanya guys...

Fasilitas Pantai Bandengan

Aktivitas lainnya yang terdapat di Pantai Bandengan di antaranya bermain air karena laut disini begitu tenang dan damai. Sering kali tempat ini juga dijadikan area memancing dan bermain olahraga raga seperti volly dan sepak bola. 

Bagi pengujung yang ingin menelusuri kawasan Pantai Bandengan disana menyediakan fasilitas penyewaan perahu dan di area wisata juga terdapat tempat warung yang menyediakan makanan dan minumana serta terdapat penginapan atau hotel yang harganya berkualitas di dekat pantai. 

pemandangan pantai bandengan dari atas

Untuk spot-spot disini banyak beragam tempat juga, mulai dari wahana permainan dan jembatan yang mengarah ke tengah bibir pantai, membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lam di wisata Pantai Bandengan.

Jadi jangan kahwatir bagi kalian yang suka selfi atau mengebadikan gambar yang kekinian dan cocok untuk di posting pada akun sosial media.

Berikut rincian fasilitas di pantai bandengan jepara:
  • Tempat parkir
  • Tempat nongkrong
  • Tempat penginapan
  • Tempat camping
  • Memancing
  • Tempat mengadakan event

Lokasi Pantai Bandengan Jepara

Bagi kalian yang ingin menikmati liburan pantai bandengan jepara, dari pusat kota jarak yang kalian tempuh sekitar 7km tepatnya di Jalan Jepara-Bangsri, Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

  

Berikut titik tertentu untuk sampai ke pantai bandengan jepara:
  • 6 KM dari alun-alun jepara
  • 7 KM dari kampus unisnu jepara
  • 5 KM dari RSI sultan hadirin
  • 4 KM dari taman buah takamas

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Berikut ini bagi kalian yang masih belum mengetahui biaya untuk liburan ke pantai bandengan jepara :
  • Tiket Masuk : 10.000
  • Tiket Parkir : 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil

Tempat Penginapan atau Hotel Dekat Pantai Bandengan Jepara

Disini terdapat banyak home stay atau hotel yang murah meriah di daerah pantai bandengan jepara. berikut dibawah ini:

hotel pantai bandengan
  • Hotel d'season premiere jepara
  • Love in hotel & resort jepara
  • Bandengan beach hotel & resto
  • The palm beach resort jepara
  • Julia hotel jepara

Aktivitas Lain di Pantai Bandengan Jepara

Disini pengunjung tak hanya menikmati dan melihat pemandangan alam saja. namun beragam aktivitas yang bisa dilakukan diantaranya sebagai beikut:

jembatan pantai bandengan
  • Memancing di pinggir pantai
  • Mengelilingi lautan 
  • Camping
  • Main ayunan
  • Olahraga
  • Mengadakan event
  • Belanja souvenir
  • Menikmati kuliner jepara yang khas
Jangan khawatir, karena di sini tersedia gedung serba guna pantai bandengan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.
Penutup
Itulah daya tarik pantai bandengan jepara yang masih mempesona hingga sekarang ini. karena dibalik indahnya wisata ini terdpaat cerita asal usul yang legendaris dari tokoh ternama di jawa tengah yanki sunan nyamplungan.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai panati bandengan jepara bermanfaat dan semoga cepat singgah bagi yang belum singgah.
Writing Illustration