Harga, Lokasi, Resep, Sejarah dan Keunikan Nasi Gandul, Kuliner Jawa Tengah di Pati

Deskripsi Kabupaten Pati

Pati merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, berjarak sekitar 2jam atau 85km lebih perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Semarang. 

Kawasan kecil yang terdapat di Pantura barat Jawa sebagian besar terdiri atas dataran rendah dengan ketinggian sekitar 100 Mdpl.


Mempunyai semboyan Pati Bumi Mina Tani yang mengartikan bahwa banyaknya atau mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian. 

Selain itu Pati Juga sering di sebut Kota Kacang karena terdapat produksi dan pabrik kacang terbesar di Indonesia

Pati juga di juluki Hogwarts van Java karena banyak keberadaan orang paranormal yang melatar belakangi dari zaman Majapahit berasal dari Pati hingga sekarang ini. 

Obyek Wisata Kabupaten Pati

Terdapat berbagai macam destinasi wisata yang ada di Kabupaten yang menarik untuk di kunjungi, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, kuliner dan edukasi yang memukau para pengunjung. 

Salah satunya adalah wisata kuliner makanan yang banyak diminati para pengunjung luar daerah yang ingin menikmati hidangan khas Pati ini yaitu Nasi Gandul. 

Sejarah Nasi Gandul

Nasi Gandul memiliki ciri khas tersendiri dengan olahan yang membuat terpikat di lidah para pembeli. Nama gandul diambil dari sebuah bahasa Jawa yang artinya Menggantung karena pada dahulu nya penjual nasi ini sering menggunakan pikulan untuk menjajahlan ke masyarakat. 

Nasi Gandul ini tidak sembarang orang dapat membuat nya, karena ada warisan tersendiri yang turun menurun karena kebanyakan orang yang menjualnya merusak generasi penerus sebelumnya.

Lokasi Nasi Gandul 

Bisa kalian temukan diberbagai Wilayah daerah Pati Mulai di pedangang kaki lima, warung atau warkop kecil hingga di beberapa restoran yang terdapat di Kota Pati

Resep Nasi Gandul

Kurang lebih bahan yang di butuhkan mulai dari Bahan Utama seperti daging sapi atau lainnya, Bumbu Halus seperti bawang, merica, ketumbar, cabe dan jinten dan Bumbu Tambahan seperti garam, gula, santan, minyak, kayu manis dan Jeruk

Nasi Gandul makanan berkuah yang berwarna agak coklat kekuningan hingga kemerahan. Untuk lauk nya terdapat jenis daging yang bisa dipilih diantaranya daging sapi, lidah sapi dan jeroan. Selain itu, juga tersedia lauk seperti tempe dan makanan ringan lainnya. 

Keunikan Nasi Gandul

Rasanya super mantap karena Nasi Gandul terdapat perpaduan antara rasa gulai, rawon dan soto yang menjadi satu rasa. 

Ciri khas lainnya yang terdapat di kuliner ini adalah dihidangkan di sebuah piring yang di atasnya di tambah daun pisang sebagai ciri khas yang membedakan dengan nasi lainnya dan rasanya lebih enak. 

Harga Nasi Gandul 

Mulai dari 15.000 hingga 25.000 tergantung permintaan pembeli yang di request. 

" Jadi, jangan sampai lewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Pati untuk merasakan kuliner khas kota ini. Yang rasanya membuat kita ketagihan terus untuk datang kembali di Kota Bumi Mina Tani "
Writing Illustration