Keunikan Vihara Avalokitesvara Pamekasan Yang Bersejarah di Madura

Pamekasan merupakan kabupaten jawa timur yang terletak di pulau madura. tak hanya di kenal dengan kota pendidikan dan gerbang salam. pamekasan memiliki wisata religi yang bersejarah yakni vihara avalokitesvara madura.

Sebuah tempat ibadah warga tionghoa yang didesain sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. tempat ini berada dikawasan wisata alam pantai talang siring. sekitar 5menit jarak yang ditempuh dari pusata kota pamekasan.

Pada kesempatan kali ini, penluis akan memberikan postingan mengeani vihara avalokitesvara yang bersejarah di pulau garam.

Wisata Religi Pamekasan di Vihara Avalokitesvara Madura

Vihara Avalokitesvara

Tempat ibadah tersebut tak hanya dikunjungi oleh warga tionghoa saja. namun banyak umat muslim yang berkunjung ke vihara karena bangunannya yang keren untuk dipandang.

Penemuan tersebut semenjak jaman penjajahan belanda yang meminta bupati pamekasan pada tahun 1800an untuk mengangkatnya.

Sejarah dan Suasana Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Obyek wisata religi yang bersejarah ini memiliki beragam macam sejarah yang perlu kalian ketahui. karena dibalik indahnya bangunan, tempat ini terdapat patung yang sangat di hormati warga tionghoa yaitu kwan im po sat, dewi welas asih.

Pintu Masuk Vihara

Vihara ini berlokasi di kawasan pesisir selatan yang memiliki lahan seluas sekitar 3 hektar, bangunan  ini di dirikan pada abad ke 18 hingga sampai sekarang ini tetap bertahan.

Bangunan yang dulunya beratapkan daun kelapa, sekarang di sulap atau berubah menjadi bangunan yang unik dengan arsitektur yang sangat kental berwarna cat merah kontras, gapura berdesain yang cukup minimalis dan beberapa ukiran-ukiran patung naga yang nampak keren. 

Vihara Tampak Luar

Terdapat legenda sejarah yang berkaitan dengan vihara ini diantaranya sebutan Kelenteng Kwan Im Kiong karena dulu terdapat patung Kwan Im Po Sat alias Avalokitesvara. 

Jadi, tak heran apabila banyak masyarakat Tionghoa yang banyak berdatangan ke tempat ini untuk bersembahyang karena Vihara Avalokitesvara ini merupakan tempat ibadah umat Tri Darma terbesar di Madura. 

Selain itu, Vihara ini juga ada kaitannya dengan sisa-sisa peninggalan kebudayaan zaman Majapahit, konon dulunya tempat ini  difungsikan sebagai tempat menampung penemuan patung-patung dari kerajaan Majapahit yang dikirim untuk salah satu kerajaan di Pamekasan.

Vihara dari Sisi Barat

Tempat ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. sehingga membuat banyak orang terpikat untuk mengunjunginya.

Selain dijadikan sebagai tempat beribadah Vihara ini sering dijadikan tempat untuk menghasilkan spot-spot foto yang keren dengan object yang terdapat pada bangunan Vihara ini. para pelaku seni fotografi cocok dengan view yang terdapat di area sekitar wisata.

Klenteng yang indah ini merupakan tempat ibadah umat budha yang sering dipakai ketika hari minggu mulai tiba. tak hanya dari warga madura saja.akan tetapi, dari berbagi wilayah luar lainnya juga datang beramai-ramai di vihara pamekasan ini.

Lokasi Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Untuk menuju ke obywk wisata vihara avalokitesvara, kalian tingga lurus saja ke arah pantai selatan tepatnya di candi utara, desan palogan, kecamatan galis, kabupaten pamekasan. atau tinggal klik saja maps dibawah ini jika masih kebingungan.


Berdekatan dengan pantai talang siring. jadi, apabila kalian berkunjung ketempat sangat disayangkan apabila tidak menikmati keindahan panorama pantainya.

Tiket Masuk Vihara Avalokitesvara Pamekasan

  • Tiket Masuk : Free
  • Tiket Parkir :  2.000 untuk motor & 5.000 untuk mobil

Fasilitas Vihara Avalokitesvara Pamekasan

  • Tempat Parkir
  • Tempat Ibadah
  • Toilet

Tips Liburan Ke Vihara Avalokitesvara Pamekasan

  • Memakai pakaian yang sopan
  • Menjaga perkataan
  • Menjaga kebersihan
Vihara valokitesvara putuo guanyin dang (mahayana dan vajrayana) pamekasan merupakan tempat ibadah umat tri darma terkenal dan terbesar di pulau madura.
Penutup
Itulah artikel keunikan vihara avalokitesvara pamekasan yang bersejarah di madura. banyak jejak-jejak yang tersimpan di area wisata tersebut.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai vihara avalokitesvara bermanfaat bagi para pembaca.
Writing Illustration