4# Tempat Icon Perjuangan dan Sejarah di Jepara

Jepara sebuah kabupaten yang terletak di jawa tengah dibagian barat laut. nama ini berawal dari ujung para berubah ujung marah kemudian jumpara hingga akhirnya menjadi Jepara yang artinya suatu daerah yang mengarah ke bagian darat yang menjorok ke laut. 

Di jepara, tak hanya dikenal dengan obyek wisata yang indah dan kuliner makanan dan minuman yang lezat. namun di wilayah ini terdapat tempat icon perjuangan dan sejarah yang harus dikunjungi.

Tempat Bersejarah di Jepara

Icon Jepara

Terdapat berbagai macam sebutan atau julukan di daerah ini, hingga akhirnya yang lebih dikenal hingga sekarang ini adalah kota ukir dan bumi kartini. 

Julukan kota ukir karena di jepara merupakan pengrajin ukiran terbesar yang ada di indonesia dari zaman kerajaan Kalinyamat hingga sekarang ini. 

Sedangkan julukan bumi kartini karena jepara merupakan tempat kelahiran pahlawan wanita yang tangguh yaitu Raden Ajeng Kartini. 

Gerbang Jepara Bumi Kartini

Jepara merupakan wilayah dijawa tengah yang masih menyimpan beberapa tempat perjuangan yang perlu di sejarahkan.

Pada kesempatan kali, saya akan memberikan beberapa tempat di jepara yang recomended untuk dikunjungi:

Monumen Tugu Tiga Putri

Bangunan ini dibagun untuk menggantikan air mancur pada bangunan sebelumnya. dari informasi APBD Jepara mengatakan bahwasannya biaya yang dihabiskan untuk membangun monumen ini sekitar kurang lebih 3 milyar.

Monumen Tiga Puteri Jepara

Dengan banyaknya tersebut, bagi pemerintah dan masyarakat jepara tidak ada artinya. karena bagunan yang berdiri tersebut menggambarkan ketiga sosok perjuangan seorang wanita dalam penjajahan dahulu kala.

Keitiga puteri tersebut yakni R.A Kartini sang pencerah hakat kaum wanita, Ratu Shima sang keadilan dan Ratu Kalinyamat sang patriotisme.

Tempat tersebut diresmikan pada tahun 2016 yang lalu dan merupakan icon kota jepara yang paling keren dan bersejarah.

Monumen Tugu Tiga Puteri Jepara

Beliau semua para kaum perempuan yang memperjuangkan zaman penjajahan dahulu kala hingga sekarang ini tempat tersebut tak pernah sepi dari masyarakat sekitar dan warga dari luar daerah.

Lokasi tugu puteri tersebut berada di persimpangan jalan bundaran ngabul atau tinggal klik saja maps dibawah ini bagi yang ingin berkunjung.

Taman Monumen Perjuangan Jepara

Taman ini tak hanya sekedar taman biasa, namun memiliki makna dan sejarah atas kejayaan kota jepara. sehingga dibangunlah sepetak tanah yang tak cukup besar. agar masyarakat sekitar bisa mengingat perjuangan pahlawan.

Taman Monumen Perjuangan Jepara

Taman ini sangat indah dan bersih sekali karena setiap harinya dirawat oleh penjaga kebersihan. lokasi taman monumen perjuangan japara ini berada di bundaran jalan kol sugiono dan jalan letjen suprapto atau tinggal klik saja maps dibawah ini.

Alun-Alun Jepara

Di setiap wilayah tak asing dengan namanya alun-alun. dimaa tempat tersebut tak akan pernah sepi dari orang-orang yang ingin menikmati libura n di tengah kota.

AlunAlun Jepara

Di area sekitar alun-alun jepara ini cukup menkajubkan. pada setiap sudut alun-alun ini terdapat masjid agung yang berdiri kokoh, kantor pemerintahan dan tempat wisata kuliner kota jepara.

Rasanya kurang memuaskan bila sedang bekunjung ke jepara tidak singgah ke alun-alun. karena pesona alamnya jangan diragukan lagi.


Alun-Alun Jepara

Bagi kalian yang masih belum mengetahui lokasi alun-alun kota jepara ini yakni di jalan kartini panggang 1 jepara atau silahkan klik saja maps dibawah ini

Trus Karya Tataning Bumi 1549

Makna dari tugu tersebut adalah terus bekerja keras membangun daerah yang ditandai dengan candra sengkala. dimaa pada tahun tersebut merupakan asal usul sebagai hari kota jepara.

Istilah dari empat kata tersebut hasil dari ratu kalinyamat yang menghayati nili-nilai luhur hinga mengantarkan kota jepara ke puncak kejayaan.

Monumen Trus Karya Tataning Bumi

Lokasi tempat ini berada di daerah persimpangan jalan tepatnya di  jalan potroyudan II kecamatan jepara atau tinggal klik saja maps dibawah ini.


Jika pada hari kartini telah tiba, bagi saya pribadi tempat-tempat diatas sangat di sayangkan apabila tidak di jadikan destinasi wisata oleh pihak pemerintah.

Karena tempat tersebut, merupakan bukti peninggalan perjuangan para pahlawan nasional yang memperjuangkan negara kesatuan republik indoonesia.
Penutup
Itulah beberapa tempat icon perjuangan dan sejarah di jepara. jadi ketika kalian sedang berkunjung ke kota bumi kartini ini tak hanya mengexplore wisata dan kuliner saja. namun bisa singgah dan mengabadikan moment yang memiliki makan luar biasa.

Sekian dan terima kasih atas kunjunga ke website ibnujacky - semoga postingan mengenai icon di jepara bermanfaat dan bisa singgah bagi yang sedang jalan-jalan ke kota ukir ini.
Writing Illustration